Harga Paket Haji Furoda 2022

Harga Paket Haji Furoda 2022

Harga Paket Haji Furoda 2022

Harga Paket Haji Furoda 2022
Harga Paket Haji Furoda 2022

Beribadah haji itu harus diawali dengan penuh persiapan sahabat Satutour, dan tidak hanya persiapan secara materiil, dengan besarnya biayanya yang tidak sedikit, namun juga perlu kesiapan fisik yang prima juga dan apalagi antrian, waktu tunggunya, yang sangat lama, yakni hingga bisa mencapai bertahun-tahun hingga sampai 10 tahun atau 15 tahun. Dengan mengambil jalur haji Furoda pun yang sahabat Satutour rencanakan keberangkatannya di tahun 2022 mendatang, sebaiknya persiapannya juga sudah dilakukan sejak sekarang, sahabat Satutour bisa mulai menabung dari sekarang, dan memulai pendaftarannya sebelum bulan Ramadhan di tahun 2022 agar permohonan visa haji Furodanya tidak tertolak akibat kehabisan kuota.

Kuota Haji

Kuota haji itu akan ditetapkan oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi setiap tahunnya bagi setiap jamaah di tiap negara, dengan mempertimbangkan kapasitas tempat pelaksanaan rukun ibadah haji, yakni seperti di Masjidil haram, area sekitar Ka’bah, di Mekah, juga di Arafah tempat wukuf, di Muzdalifah tempat mabit atau bermalam dan mengumpulkan batu untuk lempar jumrah, di Mina tempat lempar jumrahnya, di Madinah dan lain sebagainya. Negara Indonesia sebagai berpenduduk muslim terbesar di dunia juga mendapatkan kuota dalam jumlah yang besar, namun selalu saja penuh, selalu habis dan kurang, akibat jumlah peminatnya yang juga sangat banyak dan bahkan selalu lebih banyak dari jumlah kuota yang didapat, oleh karenanya lantas timbul antrian yang sangat lama. Kuota haji itu di Indonesia dibagi menjadi dua, yakni untuk jalur haji reguler yang diselenggarakan oleh pihak pemerintah Indonesia, dengan waktu tunggu kini bisa hingga 10 tahun, dan jalur haji plus yang diselenggarakan oleh pihak swasta dengan waktu tunggu sekitar 5 tahunan.

Selain kuota negara-negara lain maka pemerintah Saudi Arabia juga menetapkan kuota haji untuk negara Kerajaan Arab Saudi sendiri juga, dan kuota negara Arab Saudi tersebut ternyata tidak harus dan hanya bagi jamaah warga kerajaan Saudi Arabia saja, namun bisa juga dipergunakan untuk jamaah dari negara-negara lain, termasuk jamaah dari Indonesia, sebagai undangan dengan visa mujamalah untuk jalur haji Furoda, yang jumlahnya juga terbatas tentu saja. Jika berhaji dengan jalur haji Furoda ini maka bisa segera langsung berangkat, dan tidak perlu menunggu terlalu lama hingga bertahun-tahun. Pihak Saudi Arabia bekerjasama dengan penyelenggara haji swasta di Indonesia yang telah mendapat ijin resmi yakni PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus) dalam penyelenggaraan jalur haji Furoda ini.

Kuota haji Furoda bagi WNI tersebut, meski kewenangan menyetujui atau menolaknya adalah wewenang sepenuhnya dari pihak kedutaan besar Saudi Arabia, namun juga dibatasi jumlahnya atas permintaan pemerintah RI, yakni maksimal tidak boleh lebih dari 8% kuota haji nasional Indonesia per tahunnya, hal ini dimaksudkan antara lain untuk memudahkan pemantauan dan pertimbangan kapasitas tenda pada saat seluruh jamaah haji dari Indonesia berkumpul di padang Arafah dan lain sebagainya.

Harga Paket Haji Furoda 2022

Harga haji visa Furoda itu sahabat Satutour, tentu saja akan lebih tinggi daripada harga haji program reguler
Harga haji visa Furoda itu sahabat Satutour, tentu saja akan lebih tinggi daripada harga haji program reguler

Sebagai persiapan haji di tahun 2022, sahabat Satutour sebaiknya mulai mempersiapkan segalanya, sejak sekarang, terutama persiapan dana anggarannya, sahabat Satutour sudah bisa mulai menabung sejak sekarang. Adapun harga haji Visa Furoda atau biaya paket haji dengan visa Furoda itu cukup bervariasi Sahabat Satutour, yang sangat dipengaruhi oleh jenis akomodasi dan fasilitas yang akan Sahabat Satutour pilih untuk pergunakan. Janganlah tergiur dengan penawaran harga yang terlalu murah sehingga tertipu dengan visa ziarah atau visa pekerja atau visa haji illegal yang tidak resmi, karena akan berisiko bisa dideportasi dan gagal, serta tidak jadi, tidak akan bisa, melaksanakan rukun ibadah hajinya, menjadi terlantar dan risiko lain sebagainya. Oleh karenanya cari tahu harga normalnya supaya tidak sampai tertipu dengan penawaran murah yang tidak bertanggung jawab.

Harga haji visa Furoda itu sahabat Satutour, tentu saja akan lebih tinggi daripada harga haji program reguler yang mendapat subsidi dari pemerintah Indonesia, selisihnya bisa hingga dua kali lipat, namun bisa sama atau lebih tinggi atau bahkan bisa lebih murah dari harga biaya haji Plus. Selain faktor pilihan jenis akomodasi, tarif biaya haji itu, baik haji Reguler maupun haji Furoda dan haji Plus itu dipengaruhi juga oleh lokasi asal daerah keberangkatan, yakni pengaruh dari biaya embarkasi atau biaya keberangkatan saat menggunakan pesawat. Sebagai gambarannya biaya haji untuk jalur haji Reguler, berdasarkan daerah yang terdekat dengan tanah suci, yaitu Aceh maka akan dikenakan tarif yang terendah jika dibanding dengan daerah lainnya, yakni di kisaran sekitar 30 juta Rupiah, sedangkan untuk tarif tertingginya adalah untuk daerah Lombok dengan kisaran biaya sekitar 40 juta Rupiah. Kemudian untuk harga biaya haji Furoda juga masih dipengaruhi oleh fasilitas hotel, dan jarak, serta juga jumlah orang dalam kamar yang ditawarkan oleh biro travel penyelenggara terkait. Besaran biaya Haji Furoda Jakarta dan Surabaya itu ialah sekitar 8.000 US$ hingga 12.000 US$, yakni adalah sekitar 112 juta Rupiah hingga 200 juta Rupiah. Besarnya biaya tersebut belumlah termasuk dengan biaya perlengkapan haji jamaah, dan biaya pembuatan paspor serta dokumen perjalanan lainnya, juga pengeluaran pribadi, dan acara di luar program, serta kelebihan bagasi, dan biaya vaksin meningitis, juga biaya dam serta denda prosesi haji dan lain sebagainya. Harga biaya haji visa Furoda itu bisa sama, atau lebih tinggi, namun bisa juga lebih murah, dari harga biaya program haji Plus, karena setiap biro penyelenggaraan haji dapat mematok harga yang berbeda-beda, bergantung juga pada jenis akomodasi dan fasilitasnya yang bisa berbeda-beda pula.

Pastikan sahabat Satutour mendaftar haji Furoda pada PIHK atau Penyelenggara Ibadah Haji Khusus yang sudah resmi terdaftar di Kementerian Agama, dan yang telah memiliki kontrak visa mujamalah Furoda dengan Kedutaan Besar Kerajaan Saudi Arabia yang ada di Indonesia. Sebaiknya sahabat Satutour mengecek semua hal itu di website resmi masing-masing pihak yang berwenang, yakni di website resmi Departemen Agama RI di kemenag.go.id atau ke nomor telepon 021-34833924 dan website resmi Kedutaan Besar Kerajaan Saudi Arabia di Indonesia di https://visa.mofa.gov.sa dan lain sebagainya. Sahabat Satutour juga sebaiknya jangan dulu melunasi biaya haji furodanya hingga sudah ada kejelasan pasti mengenai tanggal keberangkatannya dan juga sudah jadi visa mujamalah untuk haji furodanya.

Pastikan sahabat Satutour mendaftar haji Furoda pada PIHK atau Penyelenggara Ibadah Haji Khusus yang sudah resmi terdaftar di Kementerian Agama,
Pastikan sahabat Satutour mendaftar haji Furoda pada PIHK atau Penyelenggara Ibadah Haji Khusus yang sudah resmi terdaftar di Kementerian Agama,

Selain itu juga pilihlah biro penyelenggara haji khusus yang telah berpengalaman dan memberikan jaminan uang kembali jika pengajuan permohonan visa mujamalah untuk haji furodanya tertolak. Penolakan tersebut bisa saja terjadi akibat kekuranglengkapan dokumen dan persyaratannya atau juga bisa jadi karena kuota visa mujamalah untuk kuota jalur haji Furodanya sudah habis. Oleh karenanya lengkapilah semua persyaratan dan dokumen yang diminta dan mendaftarlah sejak awal sedini mungkin, yakni maksimal sebelum lebaran haji tiba, atau sebelum waktu Idul Adha, dan akan lebih baik jika sahabat Satutour sudah mendaftar haji Furoda sebelum bulan Ramadhan tiba di setiap tahunnya.

Demikianlah pembahasan mengenai harga paket haji Furoda 2022.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *