5 Masjid di Masjidil Aqsa

5 Masjid di Masjidil Aqsa

5 Masjid di Masjidil Aqsa

5 Masjid di Masjidil Aqsa
5 Masjid di Masjidil Aqsa

Kawasan timur tengah saat ini semakin populer sebagai pilihan destinasi wisata terutama oleh masyarakat muslim Indonesia. Kebanyakan masyarakat muslim Indonesia memilih untuk pergi ke Arab Saudi untuk mengunjungi Makkah dan Madinah sekaligus melakukan ibadah haji atau umroh.

Saat ini tidak hanya Arab Saudi, namun masyarakat muslim Indonesia juga sangat meminati tour muslim Aqsa Jordan dan Mesir. Seorang muslim akan lebih antusias untuk melakukan perjalanan wisata yang juga dapat menambah pengetahuan seputar peradab sejarah agama islam. Selain Masjid Al Haram yang ada di Makkah, Masjid Nabawi di Madinah, terdapat pula masjid yang mempunyai arti penting bagi sejarah agama islam yaitu masjid Al Aqsa di Palestina. Masyarakat muslim Indonesia juga gemari melakukan wisata religi menjelajahi jejak Nabi Muhammad SAW.

Kesempatan untuk pergi ke Palestina dapat sahabat satutours dapatkan dengan mengikuti travel tour Aqsa. Hampir semua muslim di dunia tentu ingin mengunjungi palestina karena begitu banyak kisah perjalan nabi di dalamnya. Peninggalan sejarah kisah para nabi di Palestina adalah Masjid Al Aqsa.

Masjid Al Aqsa tertulis dalam Al quran yang menceritakan peristiwa Isra’ Mi’raj yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW. Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa dimana Nabi Muhammad SAW diangkat ke langit untuk betremu Allah dan mendapatkan perintah sholat lima waktu. Nabi Muhammad SAW diantar langsung oleh malaikat Jibril SAW dari Makkah sampai ke di Sidratul Muntaha dengan sebuah kendaraan Buroq.

Saat peristiwa tersebut Nabi Muhammad SAW singgah di beberapa tempat salah satunya adalah Baitul Maqdis. Baitul Maqdis adalah sebuah kawasan yang di dalamnya terdapat Masjid Al Aqsa. Dan dari tempat inilah masjid Al Aqsa Nabi Muhammad diangkat ke langit bertemu Allah SAW.

Sahabat satutours dapat merasakan keindahan peninggalan sejarah Nabi dengan tour muslim Aqsa Jordan dan Mesir . Namun, juga bisa hanya melakukan perjalanan ke Palestina saja dengan travel tour Aqsa. Biasanya masyarakat muslim Indonesia juga sering memiliki paket perjalanan umroh plus Aqsa. Lalu seperti apakah keindahan tempat yang dikunjungi Nabi Muhammad SAW dalam Isra’ Mi’raj ini?. Berikut adalah beberapa fakta mengenai Masjid Al Aqsa dan tempat-tempat menarik yang menjadi objek wisata di kawasan Baitul Maqdis.

Masjid Al Aqsa

Dalam sejarah agama islam, Masjid Al Aqsa adalah kiblat pertama umat islam sebelum Ka’bah
Masjid Al Aqsa adalah kiblat pertama umat islam sebelum Ka’bah

Dalam sejarah agama islam, Masjid Al Aqsa adalah kiblat pertama umat islam sebelum Ka’bah di dalam masjid Al Haram Makkah. Saat perintah sholat pertama kali diturunkan, Rasulallah SAW dan para sahabat melakukan sholat menghadap masjid Al Aqsa. Masjid Al Aqsa terletak di kawasan suci Yerussalem Palestina dan menjadi salah satu tanah suci bagi umat muslim bersama dengan Madinah dan Makkah di Arab Saudi. Yerussalem atau Baitul Maqdis juga sangat diyakini oleh umat kristiani dan yahudi sebagai tanah suci. Kaum yahudi meyakini bahwa Temple Mount yaitu sebuah tapak dalam kawasan Baitul Maqdis menjadi tempat Nabi Ibrahim hampir akan mengorbankan anaknya, dan terdapat sisa-sisa peninggalan kuil-kuil Yahudi. Sedangkan bagi umat krisitiani meyakini bahwa di tempat inilah Yesus telah di salib dan akan dibangkitkan.

Bagian Masjidil Aqsa

Tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya Masjid Al Aqsa sendiri bukanlah merupakan sebuah bangunan yang satu. Al Aqsa adalah kawasan suci yang terdiri dari beberapa masjid dan ruang di dalamnya. Berikut adalah 5 masjid di Masjidil Aqsa antara lain:

  1. Masjid Kubah Batu/ Masjid Shakhrah (Dome of The Rock)

    Dome of the rock adalah bangunan masjid dengan sebuah kubah batu berwarna emas
    Dome of the rock adalah bangunan masjid dengan sebuah kubah batu berwarna emas

Masjid Al Aqsa juga sangat terkenal dengan Dome of The Rock. Banyak orang mengira bahwa masjid Al Aqsa dan Dome Of The Rock adalah satu. Padahal keduanya adalah sebuah bangunan yang berbeda. Dome of the rock adalah bangunan masjid dengan sebuah kubah batu berwarna emas yang dibangun oleh Sultan Abdul Malik bin Marwan. Dome Of The Rock juga diyakini sebagai kubah pertama yang dibangun umat islam. Awalnya warna kuning pada kubah  merupakan kuningan atau keramik saja. Namun pada kekuasaan Turki Utsmani kubahnya dilapisi oleh marmer. Dome Of The Rock juga memiliki sejarah penting karena diyakini di dalamnya terdapat sebuah batu yang digunakan Nabi Muhammad SAW sebagai tempat pijakan saat peristiwa Isra Mi’raj.

  1. Masjid Qibli

    Masjid Qibli
    Masjid Qibli

Dalam kawasan Baitul Maqdis juga berdekatan dengan Masjid Al Aqsa  terdapat masjid bernama Masjid Qibli. Letaknya berada di sebalah selatan dari Masjid Al Aqsa mengarah pada kiblat. Karena letaknya tersebut maka disebutlah sebagai Al Qibli. Masjid Al Qibli dibangun Khalifah Abdul Malik bin Marwan dan disempurnakan oleh Al Walid bi Abdul Malik sekitar tahun 705-714 M. Masjid Al Qibli juga diceritakan sebagai masjid yang dibangun oleh Umar bin Khattab pada tahun 15 setelah berhasil menaklukkan Al Quds.

  1. Masjid Al Buroq

Masjid Al Buroq
Masjid Al Buroq

Masjid Al Buroq juga masih berada di dalam kawasan kompleks Masjid Al Aqsa tepatnya berada di ujung selatan tembok barat. Masjid Al Buroq telah ditutup selama berabad-abad tahun yang lalu. Di Masjid Al Buroq inilah diyakini sebagai tempat diikatnya Buroq oleh Nabi Muhammad SAW. Buroq sendiri digambarakan sebagai hewan yang mirip kuda namun bersayap digunakan Nabi saat peristiwa Isra’ Mi’raj.

  1. Masjid Marwani

Masjid Marwani
Masjid Marwani

Masjid Al Marwani merupakan tempat yang juga dikatakan sebagai mushola berada di dalam kawasan Masjid Al Aqsa. Masjid Al Marwani terletak di bawah tanah bagian tenggara Al Haram Al Sharif. Pada masa pemerintahan tentara salib, ruang bawah tanah ini digunakan sebagai kandang kuda. Masjid Marwani merupakan masjid yang memiliki usia paling muda. kemudian pada tahun 1996 tempat ini direnovasi oleh masyarakat Palestina menjadi masjid yang modern dan mampu menampung 7.000 orang.

  1. Masjid Omar

Masjid Omar
Masjid Omar

Masjid Omar merupakan sebuah ruangan yang berada di sebelah ujung kiri dari masjid Al Qibli. Pada tahun 638 Masehi Umar bin Khattab pergi ke Baitul Maqdis akibat bentrokan yang terjadi antara umat muslim dan umat kristiani. Bersama dengan Sophronius yaitu seorang Patriark Kristen Yerussalem dan menawarkan kunci pada Umar untuk masuk ke Kota Yerussalem. Umar bin Khattab meminta untuk masuk ke tempat suci Al Aqsa. Dan sesampainya disana Umar bin Khattab sangat terkejut karena melihat tempat yang ditutupi sampah. Hal tersebut karena orang-orang romawi menggunakannya sebagai tempat sampah. Dengan sigap Umar bin Khattab langsung berlutut dan membersihkan tempat itu dari sampah dengan tangannya sendiri. Para sahabat yang melihatpun langsung ikut membersihkan seluruh area tersebut sampai bersih. Hingga saat ini ruangan tersebut diberi nama Masjid Omar sebagai bentuk penghormatan terhadapnya. Saat ini tempat tersebut dijadikan sebagai klinik darurat.

Itulah kegiatan bersama travel tour Aqsa dan informasi seputar masjid al aqsa. Terdapat 5 masjid di Masjidil Aqsa yang akan sahabat satutours kunjungi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *