5 Destinasi Wisata Alam di Kyoto

5 Destinasi Wisata Alam di Kyoto

5 Destinasi Wisata Alam di Kyoto

5 Wisata alam yang wajib dikunjungi saat di Kyoto
5 Wisata alam yang wajib dikunjungi saat di Kyoto

Kyoto yang pernah menjadi ibu kota negara Jepang ini juga memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya tempat wisata biasanya, tapi wisata alam yang menyimpan pesona tidak terbantahkan. Berikut ini penulis sajikan 5 destinasi wisata alam di Kyoto yang dapat menjadi referensi tour halal Jepang bagi Anda.

  1. Arashiyama Bamboo Grove

    Arashiyama Bamboo Grove destinasi wisata yang terdiri dari hutan bambu, sungat, bukit, dan juga bunga bunga
    Arashiyama Bamboo Grove destinasi wisata yang terdiri dari hutan bambu, sungat, bukit, dan juga bunga bunga

Arashiyama merupakan salah satu objek wisata alam yang ada di daerah Kyoto. Kalangan wisatawan sangat populer dengan tempat yang terdiri dari pepohonan bambu ini. Kawasan ini juga sering bermunculan di televisi maupun artikel yang berkaitan dengan destinasi wisata alam Jepang. Kata ‘arashiyama’ diambil dari bahasa Jepang asli dengan makna gunung badai. Hal ini merujuk pada bentuk gunung dan bukit di Arashiyama yang curam.

Pemandangan yang disajikan di sini sangat mengagumkan dengan perbukitan, aliran sungai serta dilengkapi dengan pepohonan dan juga bunga-bunga. Semua aspek itu seolah menyatu pula dengan didukung adanya bangunan bersejarah di sekelilingnya. Berjalan menapaki jalanan nan asri di Arashiyama seolah sahabat satutours sedang berada di hutan belantara yang sunyi, sejuk dan nyaman. Anda juga dapat berwisata dengan mengitari jalanan yang terdapat bangunan kuil bersejarah di Arashiyama.

Tempat ini memiliki satu spot yang paling dikenal yakni Togetsu Bridge atau dengan kata lain disebut Jembatan Penyeberangan Bulan dan Takebayashi atau disebut juga Hutan Bambu. Selain itu ada juga Festival Hana Touro yang merupakan rute bunga dengan pemasangan 2500 lampu-lampu lampion guna menerangi jalan yang ada di Arashiyama. Ketika festival ini diadakan, Anda dapat melihat pemandangan seni Ikebana yang merupakan hiasan bunga khas Jepang yang menyebar pada setiap sudut Arashiyama. Kreasi seni Ikebana ini diadakan oleh Asosiasi Ikebana Kyoto sebagai persembahan pada acara Arashiyama Hantouro di setiap tahunnya.

  1. Ine – Cho

    Ine - Cho sebuah desa nelayan yang berada disebelah utara Kyoto ini salah satu desa paling indah yang berada di Jepang
    Ine – Cho sebuah desa nelayan yang berada disebelah utara Kyoto ini salah satu desa paling indah yang berada di Jepang

Jika di Indonesia terdapat sebuah desa yang disebut dengan kampong nelayan, maka Jepang memiliki Ine – Cho sebagai desa nelayan. Ine – Cho terletak di bagian sebelah utara wilayah Kyoto, Jepang. Daerah ini menyajikan pemandangan laut serta alam yang mengagumkan hingga tergolong sebagai salah satu desa yang paling indah di negeri sakura tersebut. Keistimewaan desa ini diambil dari rumah-rumah penduduknya dengan tampilan funaya atau rumah perahu. Desain rumah tersebut sangat menarik dengan dua lantai. Lantai pertama berfungsi sebagai garasi tempat meletakkan perahu dan lantai dua digunakan sebagai tempat hunian.

Rumah-rumah di sana juga ada yang dijadikan sebagai homestay atau penginapan bagi para wisatawan dan berhasil meraih popularitas di mata turis lokal maupun asing. Ine – Cho yang merupakan kota pelabuhan kecil ini akan membuat suasana hati Anda tenang sehingga sesuai untuk didatangi oleh mereka yang mencari ketenangan.

Penginapan yang ada di sana juga sangat nyaman di mana saat pagi hari tiba, Anda dapat membuka tirai dan melihat hamparan Teluk Ine dengan warna hijau zamrud. Selain memanjakan mata, warna tersebut dapat membawa kedamaian yang sedang Anda cari selama ini. Pemandangan burung camar yang mengepakkan sayap-sayapnya juga sangat langka didapatkan di tempat lain.

  1. Philosophers Walk

    Menikmati pemandangan hamparan bunga sakura di Philosophers Walk
    Menikmati pemandangan hamparan bunga sakura di Philosophers Walk

Melihat pemandangan menarik dengan hamparan sakura yang sedang mekar tentu merupakan sebuah momen menyenangkan. Tidak hanya sekedar melihat, Anda juga dapat menghirup udara di Philosopers Walk dengan berjalan santai sembari mengunjungi beberapa kuil. Jalanan di sini memiliki panjang sekitar 3 kilometer yang dilengkapi dengan pemandangan sakura di sepanjang jalanan. Ketika musim semi tiba, pengunjung di sini semakin padat karena umumnya mereka ingin melihat sakura yang sedang mekar.

Kata Philosopers Walk atau jalanan filsuf diambil dari seringnya seorang filsuf Jepang yakni Nishida Kitaro menggunakan jalanan ini sebagai salah satu jalur menuju Universitas Kyoto. Beliau selalu berjalan sambil merenung dan menikmati keindahan alam di daerah ini. Anda akan melihat kuil Ginkakuji saat di awal perjalanan dan menemukan Kuil Nanzenji di penghujung jalan.

Jalanan di sini relative rata dan aman bagi anak-anak karena jalannya telah diberikan paving block sehingga memudahkan siapa saja untuk berjalan di atasnya. Jika Anda ingin melihat pohon maple yang berubah warna menjadi merah, kunjungi Philosopers Walk tepat pada musim gugur. Hal ini akan menjadi momen yang tepat untuk Anda nikmati setelah musim semi.

Tempat ini juga tersedia kanal kecil yang mengalir sepanjang 20 meter hingga bermuara ke Danau Biwa yakni salah satu danau terindah di Kyoto. Tempat ini juga cocok jika dijadikan sebagai latar belakang untuk foto prewedding. Jadi, tunggu apa lagi? Bagi Anda yang tinggal di seputaran Jakarta, segera hubungi travel tour Jepang Jakarta.

  1. Fushimi Inari Shrine

    Fushimi Inari Shrine yang juga dikenal sebagai kuil seribu gerbang dewa ini dibangun untuk menghormati para dewa
    Fushimi Inari Shrine yang juga dikenal sebagai kuil seribu gerbang dewa ini dibangun untuk menghormati para dewa

Keyakinan masyarakat Jepang terhadap para Dewa juga diselipkan pada satu kuil yakni Fushimi Inari Shrine. Kuil ini dikenal dengan tempat yang terdapat seribu gerbang dewa. Kuil ini memang dibangun dengan seribu gerbang yang diyakini lebih dari 10.000. Rata-rata kuil di Jepang memang berada di kawasan yang asri, sehingga bagi wisatawan yang menyukai wisata alam banyak menyarankan tempat-tempat seperti kuil.

Kuil Fushimi Inari merupakan kuil yang diperuntukkan bagi orang yang menyembah dewa Jepang, Inari. Dewa Inari diketahui sebagai dewa beras serta dewa kemakmuran, selain itu juga dewa ini dipercaya memiliki wujud seperti rubah. Gerbang kuil ini diberi warna jingga terang dengan ornament lengkap dengan patung rubah yang dipercaya sebagai penjaga dan pemberi pesan dari dewa Inari.

Letak kuil ini tepat di kaki gunung Inari dengan ketinggian 233 meter di atas permukaan laut. Kawasan kuil ini memiliki jalan setapak menuju puncak. Saat menelusuri jalanan tersebut, Anda akan menemukan beberapa kuil lainnya di sepanjang jalannya.

Untuk menempuh perjalanan ke kuil tersebut, Anda harus kuat mendaki. Jika tidak kuat mendaki, Anda bisa beristirahat di 17 titik pemberhentian. Tempat tersebut juga menyediakan berbagai minuman dan makanan untuk Anda beli, sehingga Anda benar-benar beristirahat ketika tiba di sana. Namun, lelah Anda akan terbayar jika telah sampai di spot yang menyuguhkan pemandangan indah kota Kyoto.

  1. Katsura Imperial Villa

    Katsura Imperial Villa yang berumur 1600-an ini menyuguhkan pemandangan yang sangat megah nan indah bagi siapa saja yang melihatnya
    Katsura Imperial Villa yang berumur 1600-an ini menyuguhkan pemandangan yang sangat megah nan indah bagi siapa saja yang melihatnya

Untuk Anda yang ingin menikmati berjalan di antara teman dan bangunan tradisional ala Jepang di zaman dulu, mungkin Katsura Imperial Villa adalah pilihan yang tepat. Tempat yang populer di kalangan para turis ini menyuguhkan taman yang megah dan bangunan berumur 1600-an. Tempat ini diketahui sebagai tempat yang dibangun oleh Pangeran Hachijo Toshihito. Anda dapat berkunjung ke sini tanpa biaya alias gratis, namun Anda perlu untuk reservasi jauh-jauh hari agar dapat masuk. Jika tidak, maka Anda tidak akan mendapatkan kesempatan masuk sama sekali.

Itulah 5 destinasi wisata alam di Kyoto yang memanjakan mata dan pikiran Anda. Semua destinasi di atas harus ada dalam daftar tempat yang ingin Anda kunjungi ketika berada di Jepang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *