Paket Wisata Muslim Maroko

Paket Wisata Muslim Maroko

Paket Wisata Muslim Maroko

Paket tur wisata muslim Maroko
Paket tur wisata muslim Maroko

Maroko yang terletak di belahan utara Afrika dulunya berada dibawah kekuasaan kolonial Spanyol melalui Traktat Fez pada tahun 1912. Namun kekuasaan Spanyol di Maroko berakhir pada tahun 1956 ketika Prancis dan Spanyol mengakui kemerdekaan Maroko. Maroko yang terletak beberapa kilometer dari benua Eropa, memiliki beribu pesona untuk sahabat satutours kunjungi.

Mengapa Paket Wisata Muslim Maroko Menjadi Pilihan Dalam Menentukan Tujuan Wisata?

Kenapa memilih Maroko sebagai destinasi wisata?
Kenapa memilih Maroko sebagai tujuan wisata?

Melirik kepada sejarah masuknya Islam ke Maroko pada tahun 680 oleh Invasi Arab pada masa Bani Umayyah. Setelah itu Islam menjadi agama yang resmi di Maroko dengan tradisi dan budayanya. Hingga Islam menjadi agama yang terbesar di Maroko dengan persentasi 98,7 % dari populasi penduduknya. Inilah yang menjadikan tour muslim Maroko Spanyol dapat dijadikan tujuan wisata islami. Dimana sahabat satutours dapat melihat tradisi dan budaya yang berkembang disana begitu mengakar dari nilai-nilai Islam hingga saat ini.

Alasan Menjadikan Travel Tour Maroko Spanyol Sebagai Tujuan Wisata Religi

Kenyataannya Maroko dan Spanyol terletak di dua benua yang berbeda namun berdekatan. Jarak pusat kota Maroko yaitu Rabat dengan pusat kota Spanyol Madrid lebih dekat dibandingkan dengan jarak Indonesia dan Singapura. Secara Indonesia dan Singapura adalah negara tetangga. Maka Maroko dan Spanyol mudah dijangkau dalam satu paket tour sahabat satutours. Islam sendiri dulunya pernah berjaya di Spanyol. Namun kemudian kalah dan terusir. Meski jejaknya dapat dilihat hingga kini. Yang dikenal dengan Islam di Andalusia yang berkuasa selama 2 abad lebih dari abad ke 9 hingga 11.

Berkunjung ke Maroko dan Spanyol, sahabat satutours akan terkesima dengan point-point lokasi wisata disana yang terkenal dengan etnik percampuran budaya antara Eropa, bangsa Berber dan Arab.

Travel tour Maroko Spanyol menjadi alasan untuk dipilih dikarenakan banyaknya bangunan bersejarah akan mulanya kejayaan islam di Maroko dan Spanyol. Diantara tujuan yang menarik untuk dikunjungi oleh sahabat satutours disana adalah :

  1. Rabat

    Rabat kota pertama yang akan dikunjungi, Rabat masuk dalam UNESCO World Heritage Site
    Rabat kota pertama yang akan dikunjungi, Rabat masuk dalam UNESCO World Heritage Site

Yang terletak di wilayah barat laut Maroko. Area Medina Rabat dimasukkan dalam UNESCO World Heritage Site dengan nama Rabat. Disini sahabat satutours juga dapat mengunjungi Kasbah, benteng yang dibangun oleh Raja Moulay Ismail dari dinasti Alaoui, yang dibangun menghadap laut Atlantik. Merupakan tempat yang strategis untuk memantau serangan dari Spanyol saat itu. Hingga kini Kasbah masih terawat dengan baik dan dijadikan tempat penyimpanan barang-barang bersejarah dan bernilai tinggi.

  1. Casablanca

    Casablanca kota modern yang bangunannya didominasi budaya kolonial Prancis
    Casablanca kota modern yang bangunannya didominasi budaya kolonial Prancis

Adalah kota modern yang didominasi oleh budaya kolonial Prancis. Casablanca adalah kota terbesar di Maroko dengan 3,4 juta jiwa suku bangsa Berber yang mendiami Casablanca. Sahabat satutours dapat mengunjungi Great Masjid Hasan II disana, masjid terbesar di Benua Afrika.

  1. Bahia Palace

    Bahia Palace istana yang sangat megah ini menggunakan nama salah satu dari istri sultan pada masa itu
    Bahia Palace istana yang sangat megah ini menggunakan nama salah satu dari istri sultan pada masa itu

Nama Bahia diambil dari nama salah satu istri sultan. Adalah istana yang cantik dan menawan yang dibangun dengan 160 ruangan. Namun yang terbuka untuk umum hanya 150 ruangan saja. Istana ini dikelilingi oleh taman seluas 8 hektar yang dibangun pada akhir abad ke 19 dengan menggunakan arsitektur Islam dan tradisional Maroko. Dibagian tengah istana terdapat halaman luas dilengkapi dengan kolam. Seluruh ruangan di istana ini menghadap ke kolam.

  1. Cordoba

    Cordoba memiliki bangunan yang sangat megah antara lain, Roman Bridge, Calaha Tower dan Mosque of Cordoba
    Cordoba memiliki bangunan yang sangat megah antara lain, Roman Bridge, Calaha Tower dan Mosque of Cordoba

Dilanjutkan dengan mengunjungi Cordoba, yang terdapat masjid Mezkuita, adalah masjid termegah dan terindah yang pernah dibangun di masa Moorist, Roman Bridge, Calaha Tower, Mosque of Cordoba. Selanjutnya sahabat satutours dapat langsung menuju ke Granada untuk mengunjungi Albayzin, Grand Mosque Granada dan ditutup dengan panoramic view di Alhamra serta Toledo untuk berfoto dengan view yang bagus.

  1. Spanyol

    Spanyol negara yang terkenal dengan club sepakbola nya ini ternyata juga memiliki sejarah Islam
    Spanyol negara yang terkenal dengan club sepakbola nya ini ternyata juga memiliki sejarah Islam

Kunjungan wisata dilanjutkan ke Spanyol yang pernah menjadi pusat kekuasaan Islam di Eropa. Dibawah pemerintahan Bani Umayyah saat itu, kaum muslimin berhasil membangun peradaban Islam yang agung di bumi Hispania. Pada 1492, kaum Nasrani yang dipimpin oleh Raja Ferdinan dan Ratu Isabel memberi 2 pilihan berat kepada kaum Islam saat itu, yaitu menetap di Spanyol namun harus berpindah agama menjadi Nasrani atau pergi meninggalkan negeri itu. Hal inilah awal berakhirnya Islam disana.

Meski kini Islam di Spanyol kembali bangkit yang ditandai dengan dibangunnya masjid Agung Madrid di kawasan Cuatro Caminos. Masjid ini menjadi kebanggaan kaum muslim di bumi Hispania saat ini. Sebelum pembangunannya, muslim di Spanyol membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengumpulkan dana demi terbangunnya masjid ini diatas tanah waqaf yang cukup luas.

Diketahui bahwa masjid agung Madrid dengan bangunan empat tingkat ini adalah masjid pertama yang dibangun setelah runtuhnya Islam disana tahun 1083 silam. Masjid Agung Madrid ini tidak hanya sebagai tempat ibadah, tapi juga sebagai pusat kegiatan Muslim disana. Dan akan sangat ramai pada saat Idul Fitri dan Idul Adha. Jika menggunakan transportasi kereta api, lokasi masjid tak jauh dari stasiun Metro Estreco, Madrid.

  1. Tangier

    Tangier kota yang terletak dipinggir pantai ini menjadi titik strategir karena adanya selat Gibraltar yang menghubungkan laut Mediterania dan Samudra Atlantik
    Tangier kota yang terletak dipinggir pantai ini menjadi titik strategir karena adanya selat Gibraltar yang menghubungkan laut Mediterania dan Samudra Atlantik

Sama seperti halnya Casablanca, kota ini terletak di pinggir pantai. Tepatnya di selat Gibraltar, wilayah utara Maroko. Letak Tangier yang strategis, adalah dikarenakan selat Gibraltar merupakan selat yang menghubungkan laut Mediterania dan samudra Atlantik tepatnya di Tanjung Spartel. Wilayah Afrika dan Eropa sendiri dapat dilalui melalui Tangier sebagai pintu gerbang yang menghubungkan keduanya. Tangier juga kota terbesar ke tiga di Maroko. Dengan jumlah penduduknya sebanyak 948 ribu jiwa berdasarkan sensus penduduk pada tahun 2014.

  1. Oukaimeden

    Oukaimeden destinasi yang terletak di Pegunungan Atlas ini menyediakan resort untuk bermain ski
    Oukaimeden destinasi yang terletak di Pegunungan Atlas ini menyediakan resort untuk bermain ski

Terletak di Pegunungan Atlas, dekat pegunungan tertinggi di Maroko, Jebel Toupkal. Tempat ini adalah salah satu resort ski terkemuka di Afrika. Yang terletak diketinggian 2600-3200 dpl. Waktu yang tepat untuk bermain ski adalah di bulan Januari dan Februari.

Dengan mengunjungi salah satu negara tempat dimana Islam pernah berjaya disana melalui paket wisata Muslim Maroko, sahabat satutours tidak hanya melihat langsung atau napak tilas kejayaan Islam yang pernah ada. namun juga dapat merasakan semangat, heroisme para mujahid Islam dulu dalam mengembangkan agama Islam ke berbagai negara. Mereka mengarungi lautan dengan puluhan hari jarak tempuh dengan armada yang seadanya. Sifat istiqomah dan membela agama yang ada dalam hati mereka bagaimana Islam bisa meluas dan sampai ke negara-negara benua Eropa.

Namun semua perjuangan para mujahid Islam ini ternyata bisa kandas dengan perubahan adat dan kebiasaan masyarakatnya yang sudah bergeser secara perlahan kepada nilai-nilai budaya yang jauh dari tuntunan syariah. Disini sahabat satutours dapat merasakan bagaimana kekuasaan yang berkuasa hampir 2,5 abad bisa runtuh dengan perubahan budaya dan kebiasaan masyarakat terutama pemudanya mengikuti budaya yang jauh dari nilai Islami yang sebelumnya begitu kuat mengakar di tangan mereka.

Dengan paket tour wisata muslim Maroko Spanyol ini semoga sahabat satutours dapat merasakan dan melihat langsung masa kejayaan Islam dulu yang begitu gemilang. Dengan tak lupa dapat mengambil pelajaran dari keteledoran yang dilakukan masyarakat dan pemudanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *