Paket Tour Muslim Ke Spanyol

Paket Tour Muslim Ke Spanyol

Paket Tour Muslim Ke Spanyol

Program tur muslim ke Spanyol
Program tur muslim ke Spanyol

Negara Spanyol yang sering disebut dengan Andalusia ini ternyata memiliki sejumlah peninggalan muslim yang hingga saat ini dijadikan tempat sejarah. Beberapa pengunjung yang datang ke tempat ini melalui Tour Muslim Maroko Spanyoljuga bisa belajar Islam di negara Eropa dengan hikmat. Adapun tempat-tempat sejarah dan ilmuwan muslim yang hingga saat ini masih kokoh berdiri antara lain:

Tempat Sejarah Muslim Spanyol

  1. Granada

Granada merupakan nama sebuah kota besar di Spanyol yang di dalamnya memiliki bangunan megah ala muslim Spanyol. Bangunan tersebut adalah Istana Alhambra, nama Alhambra diambil dari Bahasa Arab yang artinya “merah”. Disebut merah karena bangunannya didirikan dengan bahan ubin dan temboknya berwarna merah. Untuk memasuki istana ini, para pengunjung diperbolehkan dengan gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun. Ketika sahabat satutours memasuki lingkungan luarnya akan terlihat taman indah dengan pilar kuat yang berdiri di sepanjang tembok istana. Sahabat satutours akan lebih terpana lagi saat memasuki bagian dalam yang luas dan bercahayakan kaligrafi Islam dengan karya seni yang tiada tandingannya. Nilai seni Islamnya sangat kuat sekali karena dibuat oleh ahli seni kaligrafi yang tersohor pada zamannya. Kaligrafi bertuliskan asma Allah ternyata memiliki semacam kekuatan ketika sahabat satutours melihat dan mengucapkannya berulang kali. Sepulang dari istana ini akan diperoleh banyak sekali oleh-oleh religi yang bisa memperkuat keimanan sahabat satutours.

  1. Sevilla

    Menelusuri jejak Islam yang ada di Sevilla
    Menelusuri jejak Islam yang ada di Sevilla

Bangunan peninggalan Islam di Kota Sevilla adalah Menara Giralda, menara ini sangat kental sekali dengan jejak Islam pada masa itu. Namun sayang sekali, karena kekuasaan Islam lemah dan terusir maka bangunan menara giralda berubah menjadi menara berlonceng katedral Sevilla. Tetapi, jika sahabat satutours ingin melihat lebih dekat dengan menara ini, perhatikan bahwa arsitekturnya kuat dengan bentuk Islami.

Ada satu lagi bangunan terdekat dengan menara Giralda yaitu Alcazar Sevilla, bangunan ini memiliki relief dengan tulisan arab yang maknanya adalah “tiada pemenang selain allah”. Paket Tour Muslim Ke Spanyol akan mengantar sahabat satutours untuk mengunjungi situs peninggalan umat muslim di Spanyol dengan berbagai keuntungan lain.

  1. Cordoba

    Melihat Katedral Saint Vincent yang dibangun pada tahun 600 M ini dikuasai oleh kaum Nasrani
    Melihat Katedral Saint Vincent yang dibangun pada tahun 600 M ini dikuasai oleh kaum Nasrani

Kota Cordoba sempat menjadi rebutan antara kekuasaan Islam dan Kristen kala itu. Mulanya, sebuah bangunan tempat ibadah bernama gereja Katedral Saint Vincent yang dibangun pada tahun 600 M ini dikuasai oleh kaum Nasrani. Namun, tak lama setelahnya kekuatan Islam masuk dan mengubah tempat itu menjadi masjid Cordoba. MasjidCordoba disempurnakan oleh Abdurrahman I tahun 787 M dan dikembangkan lagi oleh generasi selanjutnya. Di area masjid ini ada menara indah bernama menara Torre de Alminar yang memiliki tinggi 93 meter. Akan tetapi, menara ini sekarang dijadikan sebagai tempat lonceng suci kaum Kristiani Spanyol.

  1. Benteng Malaga

Benteng Malaga merupakan salah satu warisan Islam yang tujuan didirikannya adalah untuk melindungi umat Islam dari serangan musuh. Kemegahan benteng ini memang kuat dan kokoh sehingga terkenal hingga saat ini tidak pernah rusak hanya saja butuh perawatan. Desain benteng ini mirip dengan desain arsitektur bangunan Maroko.

  1. Puente Romano

    Puente Romano sebuah jembatan yang meghubungkan Maroko dan Spanyol
    Puente Romano sebuah jembatan yang meghubungkan Maroko dan Spanyol

Dengan menggunakan Travel Tour Maroko Spanyol sahabat satutours bisa mengunjungi Maroko dan Spanyol yang hanya bertetangga dekat. Khususnya peninggalan jembatan di Spanyol yaitu jembatan Puente Romano. Jembatan ini berada di kota Cordoba dengan panjang 400 meter, lebar 40 meter dan tinggi 30 meter. Jembatan ini diperbaiki pada masa pemerintahan raja Umar bin Abd al-Aziz tahun 101 Masehi yang memerintahkan bawahannya bernama Ibnu Malik al-Khaulani. Karena ketelatenan beliau membangun gaya jembatan ini, maka dikenal dengan kemewahan dan disebut dengan Qintharah Qurthubah.

Selain sahabat satutours menjelajah religi ke Maroko-Spanyol, bisa sambil mengenal para ilmuwan muslim dari Spanyol yang berjasa menemukan segudang ilmu bermanfaat untuk kita.

Ilmuwan Spanyol Muslim

  1. Ibnu Thufail

Beliau lahir di Kota Asya tahun 1107-1185 dengan nama kecil Abu Bakr Muhammad Ibn Abdul Malik Ibn Muhammad Ibn Muhammad Ibn Thufail Al-Qisi. Kelebihan dari beliau adalah mampu menjadi ahli politik, ahli kesehatan, ahli filsafat dan buku terkenal yang pernah ditulisnya berjudul “Hayy Ibn Yaqzan” namun sayang disesalkan sebagian karya beliau hilang.

  1. Ibnu Bajjah

Ibnu Bajjah lahir pada tahun 1082-1138 dengan nama kecil Abu Bakr Muhammad Ibn Yahya Al-Saigh. Dalam rintisan karirnya, beliau adalah sosok muslim cerdas yang rendah hati, penghafal Al-Qur’an, menguasai bidang matematika, astronomi, kedokteran dan ahli seni dari golongan murabitin. Karena ibnu bajjah adalah orang cerdas yang semuanya mumpuni maka dia sempat diangkat menjadi menteri di Kota Saragosa, namun tidak berakhir dengan baik. Beliau meninggal karena dibunuh dengan racun dan semua hasil karyanya dibumihanguskan seketika karena ajarannya yang melebihi batas kemampuan lawan politiknya. Namun, gajah mati meninggalkan gading, ajaran ibnu bajjah tetap dianut oleh ilmuwan lain di tanah Andalusia.

  1. Ibnu Rusyd

Ibnu Rusyd memiliki nama lengkap Abdul Walid Muhammad Bin Ahmad Bin Muhammad Ibnu Rusyd yang lahir pada tahun 1126-1198 di Kota Cordova. Beliau selama hidupnya mampu menguasai keahlian matematika hisab rukyat, ilmu hukum, kesehatan, dan ilmu filsafat. Dengan demikian, beliau pernah menjadi hakim di Kota Sevilla dan Cordoba namun hanya sebentar saja. Selebihnya, menekuni bidang kesehatan dan menjadi dokter di tahun 1182. Hasil karya kesehatan yang pernah beliau tulis adalah sebagai berikut:

–        Buku ensiklopedi pengobatan yang terdiri dari 16 jilid yang dalam bahasa inggris berjudul “General Rules Of Medicine”. Buku ini menampilkan semua hal tentang seluk beluk pengobatan dan dijadikan patokan di universitas eropa.

–        Dalam dunia kesenian musik, beliau menuliskan buku berjudul “De Anima Aristoteles”. Dalam buku ini dibahas tentang karya Aristoteles yang melegenda filsafatnya dan Ibnu Rusyd berhasil mengetahui isi dan tujuan Aristoteles sebenarnya. Maka, tidak heran selepas diterjemahkan oleh Ibnu Rusyd seluruh dunia mengenal sosok Aristoteles.

–        Penulis buku falsafah dengan judul Taslul, Kasyful Adillah, dan sebagainya yang sedikit banyak berisi tentang ilmu pengobatan.

Karena kecerdasan beliau yang luar biasa, dianggap sebagai penganut ilmu sesat dan diasingkan ke Lucena kemudian semua karyanya dihanguskan. Hal ini merupakan sebuah persaingan yang biasa terjadi namun alhasil karyanya dipakai oleh semua penganut warga di Spanyol baik muslim maupun non muslim. Rugilah pada zaman itu melepaskan seorang cerdas yang berkompeten.

Jika kita melihat ke belakang betapa Islam adalah agama paling mulia, benar dan melahirkan banyak pemikir muslim yang handal. Namun, seiring dengan berubahnya masa pemerintahan Spanyol warga muslim hanya sedikit sekali yang mampu bertahan. Sahabat satutour akan mengetahui nilai edukasi jika mencoba Paket Tour Muslim Ke Spanyol tahun ini dan merasakan kenangan ilmuwan muslim lahir di Spanyol dengan prestasi memukau.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *