5 Makanan Khas Saat Anda Ikuti Tour Aqsa

5 Makanan Khas Saat Anda Ikuti Tour Aqsa

5 Makanan Khas Saat Anda Ikuti Tour Aqsa

Sahabat satutours pasti membayangkan akan seperti apa menu yang akan disantap selama berada dalam perjalanan travel tour Aqsa ini. Apakah sesuai dengan lidah sahabat satutours atau perlu penyesuaian. Apalagi bagi sahabat satutours yang sangat mencintai menu nusantara atau masakan khas daerah asal sahabat satutours. Terlebih yang akan sahabat satutours kunjungi adalah Negara Timur Tengah. Dimana makanan khas mereka pasti akan dibanjiri rempah dan serba kari.

Namun sahabat satutours tak perlu cemas, dalam setiap paket tour yang diselenggarakan oleh agen perjalanan, mereka sudah merancang menu yang akan disajikan semirip mungkin dengan budaya kita dan kehalalan yang menjadi kewajiban tentunya.

Sahabat satutours pun hendaknya mengetahui beberapa hal, perihal makanan-makanan berikut, guna mengantisipasi ketidaknyamanan sahabat satutours dalam beramah tamah dengan lambung yang akan diisi dengan menu baru selama dalam trip travelling :

Kushari

Kushari adalah makanan khas yang wajib ada ketika makan siang
Kushari adalah makanan khas yang wajib ada ketika makan siang

Adalah nasi dengan campuran bahan dasar seperti macaroni, kacang Lentil, saos tomat dan chickpea dengan ditaburi bawang goreng. Makanan ini menjadi menu andalan makan siang yang juga bisa dijadikan makanan khas saat sahabat satutours ikuti tour Aqsa ini, yang akan sangat menolong sahabat satutours dalam mengatasi masalah makan yang harus berkenaan dengan nasi sebagai karbohidrat padat. Kushari sudah sangat melegenda karena sudah menjadi makanan menu siang hari sudah lebih dari 100 tahun yang lalu. Pada abad ke 19 tentara Inggris memperkenalkan makanan ini serta Kushari terkandung 4 jenis karbohidrat di dalamnya.

Nasi lainnya yang sahabat satutours dapat temui dengan bahan dasarnya yang sama selain Kushari adalah Vine Mahshi. Dengan bahan campuran dari sayuran paprika, tomat, terong, daun anggur atau kol, dan juga rempah, biasa dibuat untuk makanan berbuka puasa. Meski sama-sama nasi, namun Vine ini berbeda pembuatannya. Yaitu direbus dengan kaldu hingga 40-60 menit hingga campuran sayur benar-benar matang. Sifatnya sebagai makanan pendamping yang dapat dipadu dengan makanan lain.

Dukkah

Dukkah makanan yang terbuat dari rempah, juga wijen, ketumbar dan daun mint
Dukkah makanan yang terbuat dari rempah, juga wijen, ketumbar dan daun mint

Dukkah cocok disantap dengan roti, yang bisa sahabat satutours nikmati selama dalam paket tour muslim Aqsa Jordan Mesir. Selain dicampur dengan roti juga dicampur mentimun atau tomat sebagai hiasan pinggirnya. Makanan ini terbuat dari rempah, juga wijen, ketumbar dan daun mint. Karena makanan ini adalah menu rumahan maka di setiap rumah akan ditemui dukkah dengan resep yang berbeda. Nama makanan ini berasal dari bahasa Arab yang berarti mencampurkan. Yang sesuai dengan cara menyajikannya yaitu mencampurkan.

Dukkah sendiri dapat dicampur roti Isyh. Yaitu roti yang berfungsi sebagai makanan pokok disana. Rasanya mirip rasa roti tawar. Namun dengan serat yang lebih terasa. Dengan diameter 15 cm dan dijual dengan harga yang murah yaitu 1 kantong plastic berisi 10 buah dengan harga 1,5-2 egypt pound atau sekitar 2000 dalam rupiah. Jika disajikan dengan makanan lain seperti Dukkah, maka roti Isyh ini akan diberikan secara gratis.

Mulukhiya

Mulukhiya yang memiliki keunikan penyajian antara satu daerah dengan lainnya
Mulukhiya yang memiliki keunikan penyajian antara satu daerah dengan lainnya

Sejenis sayur yang terbuat dari tanaman Rami dan Chorcorus. Dengan campuran daun bawang, bawang putih dan ketumbar. Serta dicampur daging ayam, kelinci atau sapi. Uniknya, makanan ini disajikan tergantung daerahnya. Di daerah pesisir makanan ini dicampurkan dengan udang atau ikan. Namun di daerah yang jauh dari pantai maka makanan ini disajikan dengan daging ayam, kelinci atau sapi seperti tersebut diatas. Namun penyajian di kedua tempat tadi tetap dengan menggunakan campuran roti atau nasi Mesir.

Mulukhiya juga dapat disantap dengan roti Isyh. Terlebih roti ini adalah makanan pokok di Mesir dan beberapa Negara mediterania. Seperti layaknya sahabat satutours makan nasi dengan campuran sayur. Maka mulukhiya juga akan nikmat jika dimakan bersama roti Isyh. Karena roti ini bersifat padat dan lebih kaya dan lebih terasa akan seratnya, maka masyarakat Mesir jauh lebih menyukai roti Isyh dibandingkan nasi, meski nasi juga mudah dijumpai disana. Campuran bawang goreng dalam makanan Mulukhiya juga akan menambah aroma makanan ini. Yang memang sudah mengandung rempah di dalamnya.

Konafah

Konafah makanan yang mirip dengan mie tapi mempunyai rasa yang manis dan ditambahakan topping sirup
Konafah makanan yang mirip dengan mie tapi mempunyai rasa yang manis dan ditambahakan topping sirup

Dengan bentuknya yang mirip mih, disajikan dengan roti. Terbuat dari mie yang tebal dan panjang namun memiliki rasa unik yang jauh dari dugaan sahabat satutours akan rasa makanan seperti mie, Konafah justru memiliki rasa yang manis. Diolesi mentega cair dan dibubuhi krim atau kacang tabor. Sirup buah sebagai topping setelah sebelumnya dipanggang terlebih dahulu.

Makanan ini termasuk salah satu makanan tertua di Mesir. Namun tercatat bahwa Konafah juga dikonsumsi di wilayah Jazirah Arab, Turki, Syam dan Mesir.

Halawa

Halawa adalah makanan khas daerah Mediterania yang selalu ada di musim apa saja
Halawa adalah makanan khas daerah Mediterania yang selalu ada di musim apa saja

Hampir seluruh daerah Mediterania memiliki makanan yang dikenal dengan Halawa. Makanan ini cocok disajikan untuk sarapan maupun makan siang. Halawa adalah makanan yang tidak mengenal musim. Ini artinya sahabat satutours dapat menjumpai makanan ini pada musim apa saja. Makanan ini juga menjadi menu khas dalam pada makanan khas saat sahabat satutours ikuti tour Aqsa. Terbuat dari wijen kental dan tersedia dalam berbagai bentuk seperti kubus dan halawa. Dapat dicampurkan dengan menu apa saja sebagai penambah rasa dan aroma.

Sahabat satutours juga dapat memadukannya dengan Grilled Kofta, yaitu sejenis sate di Indonesia. Yang terbuat dari daging domba yang dibakar layaknya sate.lalu dihaluskan dengan campuran rempah. Campuran petersili dan daun mint yang tercampur dalam grilled kofta ini akan terasa semakin padu jika disantap dengan Halawa.

Bisa juga dipadu dengan item-item khas daerah sahabat satutours, seperti Hummus yang mirip bubur di Indonesia, dapat dipadu dengan krupuk khas daerah sahabat satutours. Atau Maqluba, yaitu sejenis nasi lemak yang ada di Malaysia. Anda dapat mencampurnya dengan apa saja yang memang sesuai jika dipadu padankan. Kreatifitas sahabat satutours tersebut tentunya akan membuat sahabat satutours akan nyaman saja dengan menu-menu baru yang belum pernah ditemui sebelumnya.

Selagi sahabat satutours berada di Negara lain, maka mintalah pemandu wisata untuk membawa rombongan tour sahabat satu tour ke tempat kuliner khas daerah tersebut. Atau pusat kuliner yang disukai rata-rata penduduk lokal di daerah tersebut. Hal ini berguna agar wisata yang sahabat satutours lakukan lebih sempurna dengan mencicipi berbagai kuliner khas suatu Negara. Hindari makanan padat yang itu-itu saja yang akan mengurangi varian menu yang jarang dan tak akan sahabat satutours jumpai lagi selain di Negara tersebut. Terlebih makanan yang bahan bakunya hanya ada di Negara tersebut. Ini merupakan kesempatan mencoba keunikan dari makanan khas suatu Negara.

Moment kuliner adalah moment yang sangat tidak bisa dipisahkan dari suatu paket tour. Sahabat satutours tentunya tidak ingin melewatkan kesempatan mencicipi apa saja makanan khas dari suatu Negara. Hal ini juga sebagai bahan cerita saat tiba di Indonesia lagi tentunya.

Demikian berbagai jenis makanan yang mungkin bisa menjadi pertimbangan sahabat satutours untuk dapat mencicipinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *