Inilah Sejarah Masjid Nabawi dan Masjid Quba

Inilah Sejarah Masjid Nabawi dan Masjid Quba

Inilah Sejarah Masjid Nabawi dan Masjid Quba

Menurut Anda, masjid apakah yang pertama kali dibangun oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam? Masjid Nabawi di Madinah? Hampir benar. Tapi jawaban yang lebih tepat adalah Masjid Quba.

Dalam sejarahnya, kedua masjid ini memiliki peran penting dalam titik balik perkembangan syiar agama Islam. Terutama setelah berusaha keluar dari kekangan masyarakat Quraisy di Makkah. Sebagai informasi, inilah sejarah Masjid Nabawi dan Masjid Quba.

Inilah Sejarah Masjid Nabawi dan Masjid Quba
Inilah Sejarah Masjid Nabawi dan Masjid Quba

MASJID NABAWI

Masjid Nabawi merupakan masjid kedua yang dibangun oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dari masjid inilah, beliau memulai mengembangkan dakwah dan syiar Islam ke berbagai penjuru negara. Hingga kita sebagai peserta travel umroh untuk keluarga bisa merasakan indahnya hidayah Allah seperti sekarang.

Rasulullah mendirikan masjid ini pada bulan Rabiul Awal ketika awal-awal hijrah ke Madinah. Bentuknya sangat sederhana. Berlantaikan tanah bebatuan dan beratapkan pelepah kurma. Ukurannya pun hanya memiliki panjang 35 meter dan lebar 30 meter. Terdapat tiga pintu, yakni Bab Al-Rahmah di selatan, Bab Al-Jibril di Barat, dan Bab An-Nisa di timur.

paket umroh plus turi murah dari satutours jakarta
paket umroh plus turi murah dari satutours jakarta

Uniknya, sebelum masjid ini dibangun, Rasulullah mencari lokasi sebagai tempat tinggalnya berdasarkan lokasi pemberhentian unta tunggangannya. Di lokasi itu, mulanya adalah milik dua anak yatim bersaudara, yaitu Sahl dan Suhail bin Amr. Lantas Rasulullah membelinya untuk dibangunkan masjid sekaligus kediaman beliau.

Di atas tanah tersebut juga terdapat bangunan yang dimiliki oleh Bani Najjar. Saat Rasululllah menawarkan untuk membelinya, mereka justru secara sukarela mewakafkan bangunan dan tanahnya demi pembangunan Masjid Nabawi.

Kini Masjid Nabawi telah bertransformasi menjadi masjid yang luar biasa. Bahkan pada musim haji, jutaan umat Islam berusaha melaksanakan shalat sebanyak 40 kali di masjid ini selama delapan hari untuk memperoleh keberkahannya. Tidak terkecuali jamaah yang tergabung dalam travel umroh plus Turki Jakarta.

Hal ini tidak lepas dari banyaknya hadis Rasul yang menyebutkan keutamaan Masjid Nabawi. Salah satunya sabda beliau yang menyatakan bahwa satu kali shalat di sini, pahalanya setara 1000 kali shalat di masjid lain. Masya Allah!

satutours travel umroh plus turki murah dari jakarta
satutours travel umroh plus turki murah dari jakarta

MASJID QUBA

Adapun Masjid Quba merupakan masjid pertama yang didirikan oleh Rasulullah saat beliau hijrah dari Makkah ke Madinah, sekitar tahun 622 M. Ketika itu, Rasul diperintahkan oleh Allah untuk segera berhijrah dan menghindari kekejaman kafir Quraisy.

Dalam upaya tersebut, beliau yang berangkat bersama Abu Bakar sempat singgah di sejumlah tempat dan salah satunya adalah Quba. Beliau menetap di daerah ini selama beberapa hari, sambil menunggu kedatangan Ali bin Abi Thalib dari Makkah beserta rombongannya. Sebelum berhijrah, Ali diminta oleh Rasulullah untuk menggantikannya di tempat tidur Rasul. Ini dimaksudkan guna mengelabui perhatian kaum kafir Quraisy yang ingin membunuh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Quba adalah satu daerah yang terletak di wilayah Madinah. Jaraknya sekitar dua mil atau kurang lebih lima kilometer dari pusat kota Madinah. Jamaah travel umroh plus Turki Jakarta akan mengunjunginya dalam kegiatan citytours.

promo paket umroh plus turki murah dari satutours travel berangkat dari jakarta
promo paket umroh plus turki murah dari satutours travel berangkat dari jakarta

Hanafi Al-Malawi dalam bukunya Tempat Bersejarah yang Dikunjungi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan, Nabi tinggal di Desa Quba selama empat hari dan kemudian membangun sebuah masjid yang sekarang dikenal dengan nama Masjid Quba.

Inilah masjid yang dibangun dengan dasar ketaatan dan ketakwaan kepada Allah. Berdasarkan firman-Nya, “Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut kamu shalat di dalamnya. Di dalam masjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih.” (Qs. At-Taubah: 108)

Bahkan menurut hadis Rasul yang diriwayatkan Tirmidzi, orang yang melakukan shalat di Masjid Quba sama pahalanya dengan melaksanakan umroh. Kalau peserta travel umroh untuk keluarga shalat di sini, besar kemungkinan memperoleh dua kali pahala umroh. Insya Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *