Tour Muslim ke Turki dari Jakarta

Tour Muslim ke Turki dari Jakarta

Tour Muslim ke Turki dari Jakarta

Tour Muslim ke Turki dari Jakarta
Tour Muslim ke Turki dari Jakarta

Sahabat Satutours yang ingin melakukan tour muslim ke Turki dari Jakarta tidak hanya berkesempatan mengunjungi berbagai lokasi wisata saja. Kekayaan kuliner khas Turki juga menjadi hidangan yang tidak boleh dilewatkan selama perjalanan travel tour halal Turki bersama Satutours. Karena mayoritas penduduk di Turki merupakan warga Muslim, Sahabat Satutours tidak perlu ragu dalam mencicipi berbagai hidangan khas Turki baik di restoran maupun kudapan pinggir jalan. Berikut ini makanan khas Turki yang wajib dicoba selama travel tour halal Turki :

  1. Menemen

Menemen merupakan menu sarapan khas masyarakat Turki. Santapan pagi yang banyak mengandung karbohidrat dan protein ini tidak boleh sahabat Satutours lewatkan. Menemen merupakan olahan berbahan dasar telur seperti orak-arik yang berisikan Sucuk atau sosis pedas, pastrima (semacam dendeng sapi), serta diracik dengan bumbu dan rempah-rempah lain. Sebagai pelengkap, ditambahkan sayuran seperti paprika hijau dan tomat.

Menemen sangat cocok disantap dengan bersama dengan roti khas turki sebagai menu sarapan pagi yang bernutrisi.

  1. Simit

    Simit makanan khas Turki yang mirip donat tapi memiliki tekstur yang lebih keras dari donat
    Simit makanan khas Turki yang mirip donat tapi memiliki tekstur yang lebih keras dari donat

Kudapan yang satu ini cukup unik dan berbentuk mirip seperti donat. Simit memiliki tekstur yang lebih keras dibanding dengan donat. Selain itu, pada umumnya kue ini ditaburi wijen sebagai topingnya. Kudapan ini merupakan cemilan musim dingin bagi penduduk Turki. Namun saat ini Sahabat Satutours yang sedang menjalani tour muslim halal ke Turki juga bisa mencicipinya karena banyak dijajakan di pinggir jalan maupun di restoran.

  1. Tabouleh

Tabouleh adalah sajian seperti salad khas dari Turki. Makanan sehat ini terdiri dari berbagai macam sayuran yang dicincang lembut dan diberikan bumbu atau dressing. Umumnya Tabouleh atau yang disebut salad Turki ini terbuat dari daun Mint, Belgur, tomat, serta peterseli yang ditambah cincangan bawang merah dan bawang putih serta dressing yang terbuat dari minyak zaitun, lemon, dan garam. Makanan yang diadopsi dari budaya Lebanon dan Suriah ini cukup layak dijadikan kudapan sehat selama Travel tour halal Turki.

  1. Lokum

    Lokum yang menyerupai permen terbuat dari tepung dan gula
    Lokum yang menyerupai permen terbuat dari tepung dan gula

Lokum adalah salah satu camilan asal Turki yang sangat populer di dunia. Teksturnya yang lembut dan kenyal dengan rasa manis yang khas ini membuat makanan berbahan dasar tepung dan gula atau madu ini mirip seperti perpaduan antara mochi dan jelly. Agar tampilannya lebih menarik dan memiliki banyak pilihan, lokum sering kali dicampur berbagai macam rasa seperti jeruk, almond, kayu manis, hingga air mawar. Camilan yang biasa dikenal dengan nama Turkish delight ini umumnya digunakan sebagai pilihan hidangan berbuka puasa. Lokum adalah oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan setelah tour muslim halal ke Turki.

  1. Pilav

Pilav sebenarnya merupakan salah satu pilihan makanan berat, namun banyak pedagang kaki lima menjajakan makanan ini dengan porsi yang sedikit. Sehingga di Turki Pilav lebih dikenal sebagai hidangan pengganjal perut. Pilav sendiri terbuat dari nasi yang dicampur dengan kacang kuda dan minyak zaitun. Tampilannya mirip dengan nasi kebuli. Ada juga yang menambahkan dengan cincangan daging ayam. Pilav juga terkenal sebagai makanan kelas bawah karena harganya yang sangat murah.

  1. Kokoretsi

    Kokoretsi yang terbuat dari daging, lemak, dan jeroan kambing atau domba
    Kokoretsi yang terbuat dari daging, lemak, dan jeroan kambing atau domba

Jika Sahabat Satutours pernah menyantap sate buntel khas Jogja, Kokoretsi mirip dengan hidangan tersebut. Kokoretsi merupakan olahan daging dan lemak kambing yang diolah bersama dengan jeroannya seperti usus domba maupun kambing. Untuk menambah rasanya, diberikan bumbu-bumbu seperti oregano, lada, garam, perasan lemon, serta minyak zaitun.

Daging domba yang telah dibumbui dan dibungkus usus ini lalu dibakar diatas bara. Sajian Kokoretsi ini biasa disajikan bersama roti baguette.

Itu tadi 6 kudapan khas yang tidak boleh sahabat Satutours lewatkan selama tour muslim halal ke Turki. Jika sahabat Satutours ingin merencanakan liburan tour muslim ke Turki dari Jakarta, Satutours menjadi solusi perjalanan travel tour halal Turki yang paling tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *