Apa Saja yang Perlu Dibawa Saat Berangkat Umroh

Apa Saja yang Perlu Dibawa Saat Berangkat Umroh

Apa Saja yang Perlu Dibawa Saat Berangkat Umroh

Umroh merupakan salah satu ibadah kepada Allah yang memiliki keutamaan tinggi. Sebagaimana ibadah pada umumnya, jamaah perlu menyiapkan segala sesuatu dengan baik. Termasuk seluruh perlengkapan yang kelak dibutuhkan.

Apa saja yang perlu dibawa saat berangkat umroh? Berikut di antaranya.

Apa Saja yang Perlu Dibawa Saat Berangkat Umroh
Apa Saja yang Perlu Dibawa Saat Berangkat Umroh
  1. Dokumen Penting

Sebagai jamaah travel umroh untuk keluarga atau sendiri, Anda wajib menyediakan:

  • Paspor asli setebal 48 halaman yang masih berlaku minimal 8 bulan sebelum keberangkatan dan telah diberi stiker visa. Lengkap dengan nama Anda yang terdiri dari tiga kata. Contoh: Muhammad Ali Rahman. Apabila nama Anda hanya memiliki satu atau dua kata, tetap isilah kolom nama dengan tiga kata.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi KTP.
  • Surat nikah asli, khusus bagi suami-istri yang berangkat bersama-sama dan usia istri masih di bawah 45 tahun.
  • Akta kelahiran asli, khusus bagi:
  1. Anak wanita yang berangkat bersama ayahnya dan usianya masih di bawah 45 tahun.
  2. Anak laki-laki yang berangkat bersama ayahnya dan usianya masih di bawah 18 tahun.
  3. Wanita yang usianya di bawah 45 tahun dan berangkat bersama saudara kandung laki-laki yang berusia di bawah 21 tahun.
  • Foto berwarna dengan latar belakang putih. Close up wajah sekitar 80 persen. Tidak boleh memakai seragam dinas. Dan untuk wanita harus berjilbab dengan warna kerudung tidak boleh putih. Foto yang dibawa berukuran 4 x 6 sebanyak 5 lembar dan ukuran 3 x 4 sebanyak 5 lembar pula.
  • Kartu Kuning Vaksin Meningitis. Kartu ini dibuat di kantor kesehatan bandara dengan membawa fotokopi paspor dan pas foto ukuran 4 x 6 sebanyak 1 lembar.
paket umroh plus turki murah dari satutours
paket umroh plus turki murah dari satutours
  1. Perlengkapan Umroh

Secara garis besar, kelengkapan bagi jamaah travel umroh untuk keluarga maupun sendiri, dibagi menjadi dua:

  • Busana Ihram. Siapkan kain ihram minimal sebanyak 2 set, ikat pinggang ihram, kaos sesuai kebutuhan, serta pakaian dalam. Khusus wanita, sediakan pula baju atas non ihram yang tidak ketat, celana panjang, kerudung panjang, dan kaos kaki.
  • Keperluan Ibadah Biasa.  Misalnya sajadah dan atasan mukena untuk wanita. Sediakan masing-masing 2 buah. Bila perlu, Anda bisa membawa mushaf Al-Quran dan buku panduan doa selama berumroh.
promo paket umroh plus turki terbaik dari satutours
promo paket umroh plus turki terbaik dari satutours
  1. Keperluan Pribadi

Yang dimaksud keperluan pribadi ialah kebutuhan sehari-sehari jamaah travel umroh plus Turki Jakarta maupun reguler ketika berada di tanah suci. Contohnya:

  • Perlengkapan Tidur. Silakan membawa pakaian tidur sebanyak 2-3 stel, pastikan bahannya lumayan tebal dan tidak mudah tersingkap. Untuk berjaga-jaga, bawa juga kain panjang minimal 2 lembar sebagai selimut dan alas tidur.
  • Alas Kaki. Jamaah diperbolehkan membawa sepatu, sandal gunung, atau sandal jepit. Jenis maupun jumlahnya disesuaikan dengan kenyamanan Anda.
  • Sikat dan pasta gigi, sabun mandi, handuk, sisir, gunting untuk Tahallul, shampoo, minyak wangi, face pray untuk menyegarkan kulit wajah, tabir surya, pelembab wajah, hingga obat-obatan pribadi. Namun dilarang membawa alat make-up. Khusus wanita, boleh pula membawa celana panjang tebal untuk menghangatkan diri, pembalut (softex), serta panty liner.
biaya umroh plus turki satutours jakarta
biaya umroh plus turki satutours jakarta
  1. Perlengkapan Pendukung

Selain berbagai perlengkapan di atas, terdapat pula sejumlah perlengkapan tambahan yang dapat mendukung kegiatan travel umroh plus Turki Jakarta, antara lain:

  • Perlengkapan mencuci, seperti hanger, deterjen, setrika, dan jepitan jemuran.
  • Perlengkapan elektronik, seperti charger, power bank, kamera, colokan listrik universal, serta telepon dengan nomor Arab Saudi.
  • Perlengkapan lain-lain, seperti sarung tangan, koper, dan tas kecil untuk menyimpan berkas penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *