Sewa mobil di Jepang

Sewa mobil di Jepang

Sewa mobil di Jepang

Pada dasarnya transportasi merupakan salah satu komponen penting  dalam kehidupan sehari – hari. Setiap hari, pastinya tidak bisa terlepas dengan penggunaan transportasi misalnya saja digunakan untuk bepergian dan berwisata.

Pada saat berwisata, kita bisa menggunakan berbagai macam alat transportasi baik transportasi umum maupun pribadi. Salah satu transportasi yang banyak diminati adalah transportasi pribadi. Salah satunya adalah mobil. Mobil adalah salah satu jenis transportasi yang banyak dipilih oleh semua orang karena dengan menggunakan mobil membuat mobilitas lebih mudah terutama ketika berwisata.

Bagi sahabat satutours yang tidak mempunyai mobil dan sedang berwisata di luar negeri misalnya saja di Jepang, sahabat satutours  bisa menggunakan jasa sewa mobil di Jepang. Jasa ini menawarkan rental mobil dengan berbagai macam jenis. Ada banyak keuntungan yang bisa anda peroleh ketika menggunakan agen jasa ini. Apa saja? Yuk sahabat satutours simak ya.

Keuntungan menggunakan jasa sewa mobil di Jepang

Jika sahabat satu  menggunakan jasa sewa mobil di negara Jepang ini tentu saja akan memberikan sahabat satutours beberapa keuntungan dan juga tentunya akan memberikan kemudahan dalam menikmati beberapa tempat – tempat wisata di negara Jepang. Misalnya saja apabila sahabat satutours  berwisata ke Hokkaido, Nagano, dan Hida- Takayama, Okinawa dan sebagainya maka agen jasa sewa mobil merupakan cara yang tepat untuk bisa menikmati keindahan alam disana dengan sangat mudah. Selain itu, apabila tempat wisata tujuan sahabat satutours tersebar, terkadang ada beberapa kendala yang berkaitan dengan alat transportasi umum. Pada saat seperti itulah agen sewa mobil Jepang diperlukan untuk menghantarkan  sahabat satutours ke satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya

Harga sewa mobil di Jepang bervariasi dimana murah mahalnya tergantung dengan jenis mobil yang sahabat satutours. Tetapi, rata – rata adalah sekitar  10.000 Yen per harinya. Apabila sahabat satutours ingin berwisata ke banyak tempat dalam satu hari, maka sebaiknya sahabat satutours menggunakan moda transportasi umum saja ya. Namun apabila  tempat tujuan sahabat satutours transportasi sangat minim, supaya menghemat waktu sahabat satutours bisa menggunakan jasa sewa mobil di Jepang tersebut. Ketika sahabat satutours menyewa mobil, sahabat satutours  juga bisa mengunjungi beberapa rest area yang mana bisa digunakan untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan anda.

Hal yang perlu diperhatikan saat menyewa mobil pada agen sewa mobil di Jepang

Apabila sahabat satutours  ingin menyewa mobil di agen rental mobil di Jepang, sebaiknya terlebih dahulu sahabat satutours   memperhatikan beberapa hal berikut ini yaitu :

  • Ajukanlah permohonan penyewaan mobil melalui internet atau pada situs penyewaan mobil  tersebut. Jauh – jauh hari sahabat satutours harus menentukan hari penyewaan, jenis mobil yang akan disesuaikan dengan kebutuhan, berapa lama sahabat satutours ingin meminjam, navigasi dan tanggal pengembalian mobil.

Melakukan pem-booking an sebelum menyewa mobil
Melakukan pem-booking an sebelum menyewa mobil

Sebenarnya sahabat satutours  bisa menyewa mobil secara langsung ketika anda datang ke tempat rental, namun  ada kemungkinan besar sahabat satutours tidak bisa mendapatkan jenis mobil yang seperti satutours  inginkan. Jadi sebaiknya lakukan pemesanan jauh – jauh hari sebelum ke Jepang supaya bisa sesuai dengan keinginan.

  • Pilihlah situs penyewaan berbahasa asing

Cari tempat penyewaan terpercaya
Cari tempat penyewaan terpercaya

Pada dasarnya ada beberapa situasi  penyewaan mobil berbahasa inggris, Korea, China , Thailand dan sebagainya yang mana biasanya menyewakan jenis mobil Nissan, Toyota, Nippon dan sebagainya. Apabila sahabat tours sudah melakukan pesanan maka  bisa langsung datang menjemput mobil ke tempat penyewaan pada hari H . Pastikanlah sahabat satutours menggunakan paspor dan SIM internasional saat menyewanya

  • Penuhi bahan bakar sebelum mengembalikan mobil sewaan

Lakukan pengisian bahan bakar sebelum melakukan perjalanan
Lakukan pengisian bahan bakar sebelum melakukan perjalanan

Sebelum mengembalikan mobil sewa satutours , isilah penuh bahan bakar mobil yang akan  gunakan. Sahabat satutours bisa mengisinya pada tempat pengisian bahan bakar di sekitar  tempat pengembalian mobil dan jangan lupa untuk memberikan struk pembayaran ke tempat penyewaan. Adakalanya tempat pengisian bahan bakar yang sudah ditentukan, sehingga dengan begitu harap memastikan perihal tersebut sebelum membawa mobil

Pada daerah terpencil biasanya ada tempat pengisian bahan bakar yang tidak akan buka selama 24 jam dan akan tutup pada pukul 7 malam. Apabila sahabat satutours mengembalikan mobil dalam keadaan bahan bakar tidak penuh, maka  biasanya akan dikenai biaya tambahan untuk bahan bakar. Dan biasanya biaya bahan bakar akan sedikit lebih mahal timbang sahabat satutours mengisi bahan bakar di tempat pengisian bahan bakar.

Apabila sahabat satutours menyewa mobil hanya untuk sekali jalan maka harus mengembalikan mobil tersebut di toko afiliasi tempat penyewaan tersebut. Toko afiliasi ini biasanya sudah ditentukan sejak awal sebelum  membawa mobil

  • Perhatikan biaya penyewaan mobil

Persiapkan uang yang akan digunakan
Persiapkan uang yang akan digunakan

Biasanya para  penyewa mobil menyewa mobil dalam kurun  waktu 6 jam, 12 jam atau 24 jam. Sahabat satutours  harus memperhatikan harga sewa mobil di Jepang karena masing – masing berbeda. Untuk harga sewa 6 jam dibandrol sekitar 5000 – 7000 yen, untuk 12 jam adalah 5000 – 7000 Yen dan untuk 24 jam adalah 10.000  Yen. Di sisi lain, sahabat satutours menyewa mobil mewah seperti Toyota Crown atau juga Mercedes Benz maka harga juga sedikit tinggi. Namun terkadang ada beberapa agen rental mobil Jepang memberikan beberapa promo menarik atau potongan harga

  • Perhatikan navigasi

Perhatikan navigasi
Perhatikan navigasi

Pada dasarnya setiap mobil mempunyai sistem navigasi  berbeda – beda tergantung jenis mobilnya. Ada yang navigasinya memang sudah terpasang sejak awal tapi ada juga  yang sistem navigasinya terpisah sehingga satutours bisa memilih dengan menyertakan atau tidak. Jadi pastikan sahabat satutours  memilih mobil yang sudah lebih lengkap dengan navigasi supaya tidak dikenakan biaya tambah

Anda juga bisa memilih navigasi yang berbahasa asing supaya mudah untuk dipahami. Kebanyakan bahasa navigasi yang digunakan pada agen rental di Jepang adalah bahasa Jepang. Namun di tempat wisata yang banyak dikunjungi turis seperti Hokkaido biasanya menyiapkan mobil yang berbahasa Inggris, Korea dan China. Pilihlah bahasa yang menurut sahabat satutours mudah dipahami.

  • Perhatikan lintas jalan di Jepang

Tidak bisa dipungkiri peraturan lalu lintas di Jepang memang sangat ketat dan tertib. Oleh  karena itu tidak ada salahnya anda mengetahui beberapa peraturan lalu lintas di Jepang sebelum  sahabat satutours memutuskan untuk menyewa mobil. Berikut ini penjelasannya.

Berkendaralah di jalur kiri. Sama seperti di Indonesia, setir mobil di Jepang berada di sebelah kanan dan kendaraan berjalan di jalur kiri. Pada beberapa negara lainnya memiliki peraturan yang sama tapi ada juga yang berbeda.

  • Gunakanlah rantai ban apabila berkunjung ke daerah bersalju

Gunakan ban yang sesuai dengan medan yang dilalui
Gunakan ban yang sesuai dengan medan yang dilalui

Pastikanlah ketika sahabat satutours berkunjung ke tempat wisata yang bersalju seperti Hokkaido, Nagano, Hilda – Takayama yang mana dipenuhi salju maka sahabat satutours  sebaiknya menggunakan ban berantai. Hal ini bertujuan supaya tidak terjadi kecelakaan karena selip atau sebagainya. Jadi jangan lupa ya.

  • Kenali karakteristik jalan tol di Jepang

Kenali kondisi jalan tol
Kenali kondisi jalan tol

Jika dibandingkan dengan jalan tol di negara lain, Jepang mempunyai karakteristik  yang berbeda. Selain menjadi tujuan jalan tol di sini juga mempunyai harga yang jauh lebih mahal dibandingkan yang lainnya. Untuk perjalanan sejauh 100 km tarif jalan tolnya sekitar 3000 Yen.

Jadi harap pertimbangkan berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk jalan  tol selama perjalanan. Selain itu, Harap pertimbangan dengan. Baik sebelum menggunakan jalan tol pada saat berwisata.  Sahabat satutours juga bisa mengatur kecepatan ketika berada di jalan tol sekitar 100 km / jam. Bila anda mengendarai dengan kecepatan lebih  dari 100 km/ jam, ada kemungkinan sahabat satutours akan terjaring patroli setempat. Jadi jangan sampai melebihi kecepatan ya. Harus sesuai dengan peraturan.

  • Perhatikan layanan ETC

Tol Jepang terdapat sebuah gerbang umum dan gebang layanan ETC. Apabila anda menggunakan gerbang ETC maka sahabat satutours menggunakan gerbang ETC maka anda tidak perlu berhenti di gerbang tol untuk melakukan pembayaran. Anda hanya perlu lewat saja dan pembayarannya akan ditagih untuk dibayarkan di kemudian melalui kartu kredit. Untuk menggunakan layanan ini sahabat satutours harus menunggu beberapa hari untuk membuat kartunya.Diperlukan waktu sekitar 2 Minggu dan alamat tempat tinggal di Jepang untuk bisa mengurus surat kartu kredit dengan ETC. Sehingga turis yang hanya tingkah sementara waktu tidak bisa menggunakan layanan ini. Bagi hanya sementara waktu, sahabat satutours  bisa menggunakan uang tunai saja untuk membayar jalan tol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *