5 Persiapan Sebelum Ikuti Umroh Plus Aqsa

5 Persiapan Sebelum Ikuti Umroh Plus Aqsa

5 Persiapan Sebelum Ikuti Umroh Plus Aqsa

Umroh Plus Aqsa pasti menjadi impian semua umat muslim. Karena umrah merupakan ibadah yang dipercaya mampu membawa keberkahan nantinya.

Persiapan Menjelang Keberangkatan Umroh

Berkunjung ke tanah suci menjadi tamu Allah memang merupakan kebanggaan tersendiri. Karena tidak semua orang berkesempatan mendapatkan panggilan suci tersebut. Bisa melaksanakan umroh merupakan bentuk ibadah yang ingin dilakukan oleh hampir semua umat muslim yang ada didunia ini.

Dulu mungkin orang – orang hanya melakukan perjalanan ke tanah suci untuk keperluan ibadah saja. Namun berbeda sekali dengan sekarang dimana sudah ada banyak sekali travel agent yang menyediakan paket umroh plus wisata. Hal ini artinya wisata merupakan bagian dari rangkaian paket umroh dimana biasanya perjalanan wisata tersebut akan dilakukan setelah ibadah umroh selesai dilakukan.

Pilihan destinasi wisatanyapun juga cukup beragam. Ada yang include negara – negara Eropa, Timur Tengah, Asia dan masih banyak negara lainnya. Dan salah satu paket yang cukup banyak diminati yaitu Umroh Plus Aqsa yang pasti semua umat muslim tahu bahwa Masjidil Aqsa merupakan masjid yang ada di Yordania atau Yerusalem dan memiliki andil besar dalam sejarah perjalanan Islam. Masing – masing paket tersebut tentunya dibanderol dengan harga yang bervariasi. Tergantung dari negara mana yang dituju dan kelas apa yang dipilih, apakah kelas biasa ataukah kelas VIP.

Namun tentunya ada banyak sekali persiapan yang harus Sahabat Satutours lakukan agar nantinya selama perjalanan dan ibadah umroh berlangsung, semuanya dapat berjalan dengan lancar. Dengan begitu, Sahabat Satutours juga mampu menjalankan rangkaian ibadahnya secara khusyuk. Apalagi ditambah dengan agenda perjalanan wisata, tentu persiapan yang harus dilakukan lebih kompleks lagi.

5 Persiapan Sebelum Ikuti Umroh Plus Aqsa yang dimaksud diantaranya adalah :

  1. Pahami Tentang Ibadah Umroh

    Pahami dulu dengan betul makna dari Ibadah Umrah
    Pahami dulu dengan betul makna dari Ibadah Umrah

Sebelum memutuskan untuk melakukan ibadah Umroh Plus Aqsa pastikan Sahabat Satutours sudah memahami tentang tata cara beribadah umroh itu sendiri. Bisa mempelajari dari buku, internet maupun mendatangi kajian – kajian Islam.

  1. Pilih Travel yang Amanah dan Berpengalaman

    Perhatikan Agensi Travel yang akan digunakan
    Perhatikan Agensi Travel yang akan digunakan

Memilih Travel Umroh Plus Aqsa sangatlah penting. Usahakan Sahabat Satutours memilih Travel Umroh Plus Aqsa yang amanah, bisa mengantarkan dan menemani ibadah umroh dengan baik dan benar. Tidak melenceng dari aqidah Islam, tidak menawarkan paket yang justru nantinya mempengaruhi kualitas ibadah seperti sholat dan lainnya.

Sahabat Satutours juga harus memilih Travel Umroh Plus Aqsa yang sudah memiliki pengalaman matang dalam bidang travel umroh. Karena dengan jam terbang yang banyak, maka sudah bisa dipastikan travel agent tersebut memiliki kredibilitas yang baik di mata para pengguna jasanya.

Sahabat Satutours bisa mencari referensi Travel Umroh Plus Aqsa dari sahabat atau saudara. Bisa juga dengan mencari melalui internet. Namun jangan lupa untuk mengecek track record dari travel agent tersebut melalui testimony para pengguna jasanya terdahulu.

  1. Persiapkan Mental dan Fisik

    Persiapkan mental dan fisik yang baik
    Persiapkan mental dan fisik yang baik

Meskipun umroh terdengar sepele hanya sebuah ibadah, namun tak ada salahnya jika Sahabat Satutours mempersiapkan mental dengan baik. Fokuskan niatnya hanya untuk beribadah semata. Berkunjung ke tanah suci semata – mata demi refleksi diri, lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, memohon ampun dan mensucikan diri.

Jauhkan niat ibadah umroh untuk kepentingan duniawi seperti demi mendapatkan pujian atau agar nantinya lebih disegani. Usahakan pula Sahabat Satutours mempersiapkan kondisi fisik yang fit karena selama ibadah umroh akan ada banyak sekali rangkaian kegiatan yang dilakukan. Terlebih lagi jika Sahabat Satutours memilih paket Umroh Plus Aqsa pasti waktu perjalanan lebih lama sehingga dibutuhkan stamina yang prima.

  1. Buat Daftar Tempat yang Ingin Digunakan Untuk Berdoa dan Beribadah

    Buat daftar pribadi
    Buat daftar pribadi

Jangan lupa untuk mencari tahu tempat mana saja yang bisa dimaksimalkan untuk berdoa dan beribadah. Ketahui tempat – tempat yang memang dikenal mustajan untuk berdoa atau beribadah dan gunakan tempat – tempat tersebut untuk memohon doa – doa kepada Allah SWT dan melakukan ibadah ditempat tersebut demi mengharapkan pahala Allah SWT semata.

  1. Maksimalkan Ibadah

    Terakhir lakukan ibadah sebaik dan semaksimal mungkin
    Terakhir lakukan ibadah sebaik dan semaksimal mungkin

Selama melaksanakan ibadah umroh, sebisa mungkin singkirkan pikiran duniawi. Fokuskan hati dan juga pikiran Sahabat Satutours untuk beribadah. Habiskan waktu selama di tanah suci tersebut untuk beribadah, berdoa, berzikir, memohon ampun, intropeksi diri dan semua hal yang berkaitan dengan ibadah.

Dengan mempersiapkan kelima hal diatas, insha Allah ibadah umroh Sahabat Satutours akan lebih berkah.

Siapkan Hal – hal Berikut Sebelum Berangkat Umroh

Selain persiapan yang telah dijelaskan diatas, sebelum melaksanakan ibadah Umroh Plus Aqsa, tentunya sahabat Satutours juga harus mempersiapkan segala hal berupa barang – barang dan perlengkapan ibadah apa sajakah yang harus dibawa selama menjalankan ibadah umroh tersebut. Jika Sahabat Satutours berangkat umroh dengan bantuan travel agent, maka biasanya pihak Travel Umroh Plus Aqsa tersebut juga akan menginformasikan tentang apa yang memang wajin dibawa.

Biasanya, terdapat 5 Persiapan Sebelum Ikuti Umroh Plus Aqsa, berupa barang – barang yang wajib dipersiapkan diantaranya sebagai berikut.

  1. Buat Daftar Barang yang Wajib Dibawa

Umroh adalah ibadah. Jadi usahakan memang membuat daftar barang yang diperlukan saja. Tidak perlu membawa banyak barang yang tidak terlalu penting. Selain agar bagasi tidak over, juga meminimalisir agar nantinya ketika Sahabat Satutours melaksanakan Umroh Plus Aqsa tidak kerepotan sendiri karena membawa terlalu banyak barang bawaan.

  1. Pisahkan Barang – barang Agar Mudah Dicari

Ini penting. Meskipun hanya membawa barang – barang sesuai kebutuhan, namun usahakan Sahabat Satutours memisah – misahkan barang sesuai jenis dan tingkat kepentingannya. Agar nantinya ketika dibutuhkan, bisa dengan mudah diambil.

  1. Persiapan Tas

Tas wajib dipersiapkan. Pilah – pilah barang yang akan dibawa. Persiapkan tas double. Misalnya tas selempang atau ransel kecil untuk menyimpan berbagai barang pribadi yang dibawa kemana – mana seperti paspor, visa, ID Card, dompet, HP dan barang lain yang berharga.

Sediakan juga tas untuk menyimpan pakaian perlengkapan ibadah serta tas untuk menyimpan pakaian kotor agar tidak tercampur dengan pakaian bersih lainnya.

  1. Persiapan Baju

Persiapkan baju – baju yang akan dibawa, baik untuk keperluan ibadah maupun baju lainnya. Bawa jumlah pakaian sesuai harinya atau lama perjalanan dilakukan.

Jamaah Wanita

  • Pakaian Ihram
  • Baju tidur atau baju biasa
  • Pakaian dalam
  • Jaket
  • Kaos kaki
  • Sandal atau sepatu yang nyaman
  • Masker dan kacamata
  • Buku doa
  • Al qur’an
  • Mukena
  • Pembalut atau pentyliner untuk antisispasi keputihan dan agar hemat pakaian dalam
  • Peralatan mandi
  • Make up secukupnya, usahakan selalu menggunakan pelembab dan sunscreen karena udara sangat panas
  • Obat – obatan

Jamaah Pria

  • Pakaian Ihram
  • Al qur’an
  • Buku doa – doa
  • Baju koko dan celana
  • Baju biasa
  • Sepatu atau sandal yang nyaman
  • Jaket
  • Masker dan kacamata
  • Peralatan mandi
  • Obat – obatan
  • Pelembab atau handbody
  1. Persiapan Perlengkapan Ibadah

Sama seperti yang disebutkan diatas bahwa keperluan ibadah persiapkan sejak awal agar ketika dibutuhkan bisa segera digunakan. Misalnya :

  • Baju ihram
  • Mukena
  • Al Qur’an
  • Buku doa – doa dan lain sebagainya.

Ketika barang – barang dipersiapkan sejak awal, jika Sahabat Satutours teliti maka rangkaian Umroh Plus Aqsa dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *