Umroh Plus Aqso

Umroh Plus Aqso

Umroh Plus Aqso

Saat ini banyak sekali paket umroh yang ditawarkan agen travel umroh. Salah satu jenis paket umroh paling diminati adalah paket umroh plus Aqsa. Hal ini karena, ketika memutuskan memilih paket umroh ini, Sahabat Satutours bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus: beribadah umroh sekaligus berwisata religi ke tempat-tempat yang memiliki nilai historis bagi umat muslim. Salah satu tempat bersejarah yang sangat terkenal itu adalah Masjid Aqso, sebuah masjid dengan nilai religius yang kental dan sejarah yang panjang.

Mengenal Lebih Dekat Masjid al-Aqso

Bukan tanpa sebab, Masjid al-Aqso dimasukkan kedalam paket umroh plus yang ditawarkan travel umroh. Ada banyak hal yang bisa dijadikan alasan kenapa Sahabat Satutours harus mengunjungi masjid ini.

Masjid al-Aqso diketahui sebagai masjid tertua kedua setelah Masjidil Haram dan kiblat pertama sebelum dipindah ke Ka’bah. Selain itu, tempat ini menjadi saksi bisu atas perjalanan Isra Miraj yang pernah dilakukan Nabi Muhammad SAW. Tiga keutamaan ini menjadikan masjid Aqso memiliki nilai tersendiri di kalangan umat muslim seluruh dunia.

Disamping itu semua, masjid yang juga dikenal dengan nama “Baitul Maqdis” ini juga menjadi saksi bisu lahirnya karya magnum opus, berjudul Ihya Ulumuddin, yang ditulis oleh cendekiawan muslim Arab Al-Ghazali. Karya ini merupakan salah satu karya paling terkenal dan berpengaruh dalam literatur umat Islam. Ruangan tempat al-Ghazali menulis karya ini pun masih ada. Tidak hanya itu, sejak Dewan Legislatif Muslim Tertinggi mendirikan perpustakaan Aqsa tahun 1923, maka masjid ini menjadi pusat penyimpanan berbagai manuskrip yang menjadi karya para cendekiawan.

Masjid al-Aqso juga memiliki hubungan dengan Indonesia. Bagaimana bisa? Tahun 1969, mimbar Salahuddin (Nurudin Zanki) terbakar. Raja Yordania Abdullah bin Husein II memilih lima orang untuk membuat replikanya – tiga orang dari lima orang tersebut berasal dari Indonesia. Hubungan ini tambah erat karena penamaan kota Kudus dan Gunung Muria juga terinspirasi dari kota al-Quds (tempat Masjid al-Aqsa berada) dan Gunung Moria.

Bagian-bagian Masjid Aqsa

Apakah Sahabat Satutours bertanya-tanya tentang hal-hal menarik yang akan ditemukan di Masjid al-Aqso? Jika demikian, kami akan memberikan gambaran ringkasnya dimana tentunya Sahabat Satutours harus melihatnya sendiri.

  1. Kubah

    Kubah yang bisa dilihat oleh Sahabat Satutours adalah kubah Khalifah VII Fatimiyah Ali Azh-Zhahir dengan beberapa pengembangan setelahnya
    Kubah yang bisa dilihat oleh Sahabat Satutours adalah kubah Khalifah VII Fatimiyah Ali Azh-Zhahir dengan beberapa pengembangan setelahnya

Masjid al-Aqsa memiliki kubah yang menampilkan identitas arsitektur bercorak Islam. Sayangnya, kubah ini yang dibuat semasa Khalifah V Umayyah Abdul Malik bin Marwan telah rusak. Kubah yang bisa dilihat oleh Sahabat Satutours adalah kubah Khalifah VII Fatimiyah Ali Azh-Zhahir dengan beberapa pengembangan setelahnya. Pada 1969, dilakukan pembangunan kubah beton berlapis alumunium. Pada 1983, aluminium penutup bagian luar diganti dengan timah. Pengembangan ini sedikit mengubah wajah kubah sebelumnya.

  1. Menara

    al-Fakhariyyah, al-Ghawanimah, Bab al-Silsilah, dan Bab al-Asbat. Keempat menara ini memiliki fungsi yang berbeda-beda, karena tidak dibangun secara bersamaan
    al-Fakhariyyah, al-Ghawanimah, Bab al-Silsilah, dan Bab al-Asbat. Keempat menara ini memiliki fungsi yang berbeda-beda, karena tidak dibangun secara bersamaan

Ada empat menara di Masjid al-Aqsa dengan nama masing-masing, yaitu: al-Fakhariyyah, al-Ghawanimah, Bab al-Silsilah, dan Bab al-Asbat. Keempat menara ini memiliki fungsi yang berbeda-beda, karena tidak dibangun secara bersamaan. Hal unik soal menara ini adalah bagian sisi timurnya tidak memiliki menara. Kenapa bisa begitu? Untuk mendapatkan jawabannya, ada baiknya Sahabat Satutours temukan sendiri saat datang berkunjung kesana.

  1. Fasad

Bagian fasad (bagian depan dan serambi) Masjid al-Aqsa baru muncul setelah Khalifah Fatimiyah al-Mustanshir memerintahkan pembuatannya tahun 1065. Bagian ini terdiri dari lorong beratap yang disangga tiang-tiang kecil. Jika dilihat dari luar, Sahabat Satutours akan melihat empat belas lengkungan setengah lingkaran bergaya romantik.

  1. Interior

    Interior khas Timur Tengah lainnya yang tidak kalah indah wajib Sahabat Satutours lihat sendiri.
    Interior khas Timur Tengah lainnya yang tidak kalah indah wajib Sahabat Satutours lihat sendiri.

Ada tujuh lorong membentuk ruang di bagian dalam masjid (dibatasi tiang-tiang melengkung). Juga ada beberapa ruang tambahan yang berada di barat dan timur bagian selatan. Hal paling menarik adalah 121 jendela kaca patri yang sudah ada sejak era kekhalifan Abassiyah dan Fatimiyah. Tentu terdapat beberapa interior khas Timur Tengah lainnya yang tidak kalah indah wajib Sahabat Satutours lihat sendiri.

  1. Air Mancur

    Masjid al-Aqso juga memiliki air mancur bernama al-Kas (mangkuk) yang difungsikan untuk tempat berwudhu
    Masjid al-Aqso juga memiliki air mancur bernama al-Kas (mangkuk) yang difungsikan untuk tempat berwudhu

Masjid al-Aqso juga memiliki air mancur bernama al-Kas (mangkuk) yang difungsikan untuk tempat berwudhu. Air mancur ini cukup tua usianya – dibangun tahun 709 Masehi oleh orang-orang Umayyah dan dikembangkan lagi oleh Gubernur Tankiz tahun 1327-1328.

  1. Bukit

    Bagian dalam Masjid al-Aqso terdapat bukit yang menjadi tempat Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan miraj.
    Bagian dalam Masjid al-Aqso terdapat bukit yang menjadi tempat Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan miraj.

Bagian dalam Masjid al-Aqso terdapat bukit yang menjadi tempat Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan miraj.

Kenapa Umroh Plus Masjid Aqsa?

Kenapa sebaiknya memilih paket umroh plus Aqso? Seperti disebutkan di bagian awal tadi, ketika memutuskan mengambil paket umroh ini, Sahabat Satutours akan mendapatkan dua manfaat sekaligus. Sahabat Satutours bisa beribadah umroh secara khusyuk sambil diselingi mengunjungi tempat wisata religi, yang dalam ini Masjid Aqsa dan tempat-tempat wisata lainnya di beberapa negara (Jerusalem, Mesir dan Yordania).

Dengan pergi mengunjungi tempat-tempat tersebut, Sahabat Satutours bisa menyegarkan tubuh dan pikiran sembari menambah tebal keimanan. Jika selama ini hanya ini hanya bisa mendengar cerita-cerita saja, maka ketika datang mengunjungi Sahabat Satutours secara langsung melihat. Sehingga terbukti jika cerita-cerita yang diceritakan para guru itu bukanlah dongeng melainkan fakta sejarah yang masih ada sampai kini.

Hal ini ditambah dengan tiga kelebihan yang hanya dimiliki oleh Satutours dan tidak dimiliki travel umroh aqso lainnya. Tiga kelebihan ini antara lain: melakukan ibadah shalat di tiga masjid yang berada di kompleks Masjid al-Aqso, lalu program SEMNATIS (Sedekah Makan Gratis), dan terakhir donasi.

Tidak hanya Aqsa, Sahabat Satutours juga akan diajak jalan-jalan menikmati Petra, sebuah kota kuno yang terletak di antara Teluk Aqaba dengan Laut Mati. Di mana kota kuno ini dulu pernah berjaya di masanya. Sahabat Satutours juga akan diajak ke tempat-tempat wisata yang ada di Jordan, seperti Goa Al-Kahfi di Gunung Nebo, Laut Mati, berziarah ke makam Nabi Ayyub, Nabi Syu’aib dan Yusa bin Nun.

Paket Umroh Plus Masjid Aqso

Demi menjalankan kegiatan umroh plus secara lancar membutuhkan jasa travel tour yang akan memberikan Sahabat Satutours rasa aman dan nyaman. Itulah kenapa sebaiknya jasa umroh yang dipilih jangan sembarangan. Pastikan Sahabat Satutours memilih jasa travel umroh plus Aqsa terpercaya dan terbaik yang sudah berpengalaman dan mampu menjadi penyelenggara umroh plus, khususnya paket umroh plus Aqsa ini.

Sebagai salah satu travel umroh terbaik dan terpercaya, Satutours menawarkan semua kebaikan tersebut dalam satu paket yang disebut paket umroh plus Aqso. Sahabat Satutours juga tinggal mengikuti jadwal selama 13 hari di wilayah ini. Karena Satutours telah mengisi semua jadwal dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Dengan harga yang relatif terjangkau, Sahabat Satutours akan mendapatkan ibadah umroh yang dilengkapi dengan perjalanan ke kompleks Masjid Aqsa, Petra, dan berziarah ke makam para nabi Allah. Paket ini hanya dibanderol dengan harga 3100 dolar US per orang untuk perjalanan berempat. Sedangkan untuk perjalanan tiga orang diberi harga 3200 dolar US per orang dan perjalanan dua orang dibanderol dengan harga 3300 dolar US per orang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *