Umroh Aqsa

Umroh Aqsa

Umroh Aqsa

Umroh adalah kegiatan ibadah yang dapat membuat umat muslim lebih dekat dengan Allah SWT. Apabila Sahabat Satutours ingin melakukan kegiatan umroh plus Aqsa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

1. Persyaratan

Hal pertama yang perlu Sahabat Satutours perhatikan adalah persyaratan yang digunakan untuk berangkat umroh. Selain paspor, bagi peserta umroh yang sudah berusia diatas 45 tahun dan dalam kondisi beresiko tinggi saat berangkat, harus didampingi oleh keluarga. Tidak hanya itu, peserta umroh perlu menyertakan surat nikah, kartu keluarga, KTP, serta mempersiapkan biaya mahram.

2. Akomodasi

Dengan akomodasi yang tepat, kegiatan umroh jadi lebih nyaman dan tenang
Dengan akomodasi yang tepat, kegiatan umroh jadi lebih nyaman dan tenang

Hal berikutnya, Sahabat Satutours perlu memilih akomodasi yang tepat untuk menjalankan umroh bersama dengan keluarga. Dengan akomodasi yang tepat, kegiatan umroh jadi lebih nyaman dan tenang. Sekarang ini Satutours menawarkan penginapan di beberapa hotel berbintang, seperti hotel Mukhtara International, hotel Al Masaa, hotel Sanrock, dan hotel Holyland.

3. Waktu pemberangkatan

Waktu yang Fleksibel
Waktu yang Fleksibel

Ketika Sahabat Satutours ingin melakukan umroh sekaligus berwisata di kawasan sekitar Masjidil Aqsa, ada waktu-waktu tertentu yang memungkinkan kegiatan ibadah sekaligus wisata terasa lebih nyaman. Oleh karena itu, tanyakan terlebih dahulu daftar jadwal waktu keberangkatan dari kegiatan umroh agar segala jenis perlengkapan yang diperlukan bisa terorganisir dengan baik. Sebelum Sahabat Satutours ingin pergi ke umroh Aqsa, jangan lupa untuk menyesuaikan terlebih dahulu kegiatan Sahabat Satutours dengan agenda pekerjaan atau kegiatan yang ada di rumah.

4. Fasilitas

Fasilitas yang disediakan
Fasilitas yang disediakan

Apabila Sahabat Satutours mendaftar kegiatan umroh yang dilaksanakan oleh Satutours, ada banyak fasilitas yang dapat dinikmati, seperti tiket pesawat dari kelas ekonomi, visa umroh, visa untuk masuk ke Negara tambahan, hotel bintang 4, air zam zam, dan bus berAC.

5. Ketentuan yang tidak masuk dalam paket perjalanan

Selama melaksanakan kegiatan umroh sekaligus wisata, umumnya ada beberapa hal yang tidak akan ditanggung oleh pihak penyedia umroh, seperti biaya ekstra bagasi, manasik, airport tax, airport handling, dan kartu kuning vaksin. Oleh karena itu, siapkan biaya tersendiri untuk mengurus perlengkapan yang tidak ditanggung oleh pihak travel, agar ibadah umroh bisa berlangsung lancar dan tertib.

6. Sistem pemesanan dan pembayaran

Kemudahan pemesanan dan pembayaran
Kemudahan pemesanan dan pembayaran

Ketika Sahabat Satutours ingin melakukan kegiatan umroh Aqsa, pastikan terlebih dahulu sistem pemesanan dan pembayaran yang berlaku. Untuk pemesanan bisa dilakukan via email atau datang langsung ke kantor. Untuk pembayaran bisa dilakukan via transfer dan maksimal pembayaran 40 bulan sebelum tanggal keberangkatan.

7. Sistem pembatalan

Tersedia opsi Refund dan Cancel Booking
Tersedia opsi Refund dan Cancel Booking

Terkadang pada saat akan berangkat umroh, ada banyak calon peserta umroh yang terpaksa harus membatalkan kegiatan umroh karena permasalahan keluarga atau pekerjaan. Oleh karena itu, pada saat akan memesan umroh, tanyakan terlebih dahulu sistem pembatalan dan total prosentase biaya yang bisa di refund dari tempat penyedia paket umroh.

8. Jadwal acara umroh  

Ø Hari ke-1

Pada hari pertama, Sahabat Satutours yang ingin ikut serta dalam kegiatan travel umroh plus Aqsa langsung berkumpul di Bandara Soekarno Hatta dan terbang menuju Amman. Sesampainya disana, Sahabat Satutours langsung masuk ke bagian imigrasi untuk pengurusan visa sebelum melanjutkan perjalanan menuju penginapan.

Ø Hari ke-2

Setelah beristirahat, pagi harinya rombongan akan langsung berangkat menuju ke Jerusalem. Sepanjang perjalanan menuju Jerusalem, Sahabat Satutours bisa langsung mengunjungi makam Nabi Musa AS, makam Salman Al Farisi, makam Rabi’ah Al Adawiyah, dan mengunjungi masjid Al Aqsa. Selain masjid Al Aqsa, Sahabat Satutours juga bisa melakukan ibadah di Masjid Umar dan Masjid Syaqr

Ø Hari ke-3

Keesokan harinya, pada hari ketiga, Sahabat Satutours akan dibawa untuk berziarah ke makam Nabi Ibrahim AS, Nabi Ishaq AS, Nabi Ya’qub, Nabi Yusuf, dan Nabi Yunus.  Selain makam dari Nabi-Nabi tersebut, Sahabat Satutours juga bisa mengunjungi Tel Aviv, sebelum kembali ke Jerusalem.

Ø Hari ke-4

Pada hari keempat, Sahabat Satutours harus menyiapkan fisik dengan baik, mengingat kunjungan ke Gunung Nebo untuk masuk ke Gua Ashabul Kahfi. Selain mengunjungi gua ini, Sahabat Satutours akan dibawa berziarah ke makam Nabi yang tidak ditemui di hari ketiga, seperti Nabi Ayyub dan Yusa bin Nun.

Ø Hari ke-5

Pada hari kelima, Sahabat Satutours akan dibawa mengunjungi kota Petra. Disini ada banyak situs bersejarah yang dilindungi oleh UNESCO. Di Petra, Sahabat Satutours bisa berbelanja sekaligus menikmati keindahan Laut Mati dan Teluk Aqaba. Pada hari kelima, Sahabat Satutours juga harus bersiap untuk terbang ke Madinah dari Bandara di Jeddah, Saudi Arabia.

Ø Hari ke-6

Sesampainya di Madinah, Sahabat Satutours akan langsung dibawa ke Masjid Nabawi. Disini, Sahabat Satutours bisa beribadah di Raudhah dan mengunjungi makam Nabi Muhammad SAW serta kedua sahabat khalifahnya, yaitu Umar bin Khattab dan Abu Bakar Ash Shiddiq. Karena perubahan suhu dan iklim di kota ini cukup signifikan jika dibandingkan dengan Indonesia, Sahabat Satutours harus mempersiapkan pakaian mahram dan beragam perlengkapan ibadah dengan baik.

Ø Hari ke-7

Pada hari ketujuh, semua orang yang masuk dalam kegiatan umroh Aqsa akan melaksanakan shalat subuh berjemaah di Masjid Nabawi. Selesai ibadah, Sahabat Satutours akan dibawa untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah pada masa perkembangan agama Islam, seperti Masjid Quba, Masjid Qiblatain, dan Jabal Uhud.

Ø Hari ke-8

Pada hari kedelapan, sejak pagi Sahabat Satutours akan langsung berangkat untuk mengambil Miqat di Bir Ali dan mengenakan pakaian ihram. Setelah sampai di Masjidil Haram di Mekah, Sahabat Satutours akan langsung menjalankan kegiatan umroh, seperti tawaf, sa’I, tahallul, dan lainnya, sebelum kemudian kembali beristirahat di penginapan.

Ø Hari ke-9

Pada hari kesembilan, para Sahabat Satutours diperbolehkan untuk menjalankan kegiatan ibadah yang dikerjakan bersama dengan panduan guide atau sendiri. Sahabat Satutours bisa membaca Al Qur’an, mengerjakan tawaf sunnah, atau kegiatan agamis lainnya.

Ø Hari ke-10

Pada hari kesepuluh, Sahabat Satutours dapat mengunjungi beragam tempat wisata yang bersejarah di Mekkah, seperti Jabal Tsur, Jabal Rahmah, Mina, padang Arafah, hingga Gua Hira yang terletak di Jabal Nur. Sahabat Satutours bisa mengerjakan ibadah di Masjid Jiranah, sebelum kembali melakukan kegiatan umroh dan ibadah lainnya di Masjidil Haram.

Ø Hari ke-11

Sahabat Satutours akan merasa semakin dekat dengan Allah SWT ketika di hari kesebelas, Sahabat Satutours memperbanyak ibadah, baik membaca Al Qur’an, thawaf, zikir, dan shalat sunnah. Jika sedang dalam kondisi yang tidak tenang, Sahabat Satutours juga bisa memanjatkan doa dan memohon agar dikabulkan oleh Allah SWT.

Ø Hari ke-12

Pada hari keduabelas, Sahabat Satutours akan diminta untuk melakukan ibadah Tawaf Wada secara bersamaan dan membeli oleh-oleh di beragam tempat di Mekkah, seperti Balade atau Corniche. Selama perjalanan menuju bandara Jeddah, Sahabat Satutours akan dibawa untuk berziarah ke makam Siti Hawa dan beribadah di Masjid Qisas serta Masjid Terapung.

Ø Hari ke-13

Hari ketigabelas adalah hari berakhirnya kegiatan umroh plus Aqsa yang ditandai dengan penerbangan kembali dari Jeddah ke Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *