5 Masjid Bersejarah yang Ada di Istanbul

5 Masjid Bersejarah yang Ada di Istanbul

5 Masjid Bersejarah yang Ada di Istanbul

Kota seribu masjid. Itulah julukan bagi Istanbul. Di kota terpadat di Turki itu, terdapat masjid hampir setiap seratus meter. Mulai dari yang kecil sampai yang berukuran besar. Mulai dari yang sekadar dikunjungi jamaah lokal sampai yang populer di mata turis mancanegara.

5 Masjid Bersejarah yang Ada di Istanbul
5 Masjid Bersejarah yang Ada di Istanbul

Sebagian masjid tersebut bahkan telah berusia ratusan tahun. Dibangun berabad lalu dan kokoh berdiri hingga kini, menjadi daya tarik bagi wisatawan. Berikut ini adalah 5 masjid bersejarah yang ada di Istanbul.

  1. Masjid Biru (Blue Mosque)

Masjid ini memiliki nama asli Masjid Sultan Ahmet. Dibangun pada tahun 1609 untuk menyaingi Hagia Sophia yang terletak persis di seberangnya. Berdiri megah di puncak bukit Istanbul sehingga nyaris terlihat dari segala penjuru kota. Ukurannya yang besar mampu menampung hingga sepuluh ribu jamaah, lengkap dengan kubah dan enam menara yang menjulang tinggi.

paket wisata turki murah dari satutours jakarta
paket wisata turki murah dari satutours jakarta

Dinamakan Masjid Biru sebab dinding-dinding masjid ini dihiasi dua puluh ribu keramik iznik menawan berwarna biru, hijau, ungu, dan putih. Uniknya, Masjid Biru didesain agar seluruh jamaah dapat melihat dan mendengar imam, bahkan dalam kondisi penuh sekalipun.

Dari masjid, peserta Travel tour Turki Jakarta bisa menyaksikan pesona sunset di Laut Marmara.

  1. Masjid Sulaiman (Sulaymaniye Mosque)

Masjid terbesar kedua di Istanbul. Didirikan pada tahun 1550 atas perintah Sultan Sulaiman dari Kerajaan Turki Ottoman. Lagi-lagi kehadirannya dirancang untuk menandingi kemegahan Hagia Sophia.

Struktur bangunan masjid ini dipengaruhi oleh corak Islam dan arsitektur Romawi Byzantium. Di bagian tengah terdapat kubah berdiameter 26 meter, sedangkan sisi kiri dan kanannya menjulang empat buah menara setinggi 72 meter.

promo paket tour turki teremurah dari satutours jakarta
promo paket tour turki teremurah dari satutours jakarta

Interiornya tak kalah hebat dari Masjid Biru. Pada bagian kubah, terdapat kaligrafi dan ornamen keramik monolit yang membentuk pola yang indah. Mihrabnya terbuat dari marmer putih. Adapun lantai masjid tersusun atas ubin iznik nan elok, membuat betah peserta Travel tour Turki Jakarta.

  1. Masjid Bayazid II (Bayezid Camii)

Pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 1501 oleh Sultan Bayazid II. Lokasinya sangat strategis, terletak di antara Beyazid Square, Universitas Istanbul, dan Grand Bazaar. Kubahnya memiliki tinggi mencapai 44 meter dan ditemani dua buah menara pada kedua sisi.

satutours travel penyedia paket wisata turki terlengkap dari jakarta
satutours travel penyedia paket wisata turki terlengkap dari jakarta

Bagian interiornya mengambil konsep Hagia Sophia dalam skala lebih kecil. Dinding dan keramiknya terbuat dari bebatuan granit serta marmer, menambah kesan kecantikan. Sedangkan pada bagian belakang, terdapat sebuah taman kecil. Sembari jalan-jalan, peserta Tour Turki untuk Keluarga bisa sekalian berziarah ke makam Sultan Bayazid II.

  1. Masjid Ortakoy (Ortakoy Camii)

Masjid romantis di Istanbul yang berada di tepi Selat Bosphorus. Dibandingkan masjid pada umumnya, hampir seluruh bagian Masjid Ortakoy didominasi warna pink. Baik bangunannya, kubah, maupun interiornya.

berangkat ke turkt dengan paket wisata turki satutours jakarta
berangkat ke turkt dengan paket wisata turki satutours jakarta

Secara resmi, masjid ini mulai dibangun pada abad ke-18 oleh Sultan Abdul Majid. Ruang utamanya berada tepat di bawah kubah dan berdenah segi empat. Interiornya dipercantik oleh ukiran dan karya seni bergaya Neo Baroque. Masjid ini juga memiliki jendela-jendela berukuran besar. Di siang hari, jendela tersebut menjadi sumber penerangan. Ketika malam tiba, kaca jendela akan memantulkan bayangan riak air Selat Bosphorus.

  1. Masjid Dolmabahce (Dolmabahce Camii)

biaya wisata turki dari satutours berangkat dari jakarta
biaya wisata turki dari satutours berangkat dari jakarta

Disebut demikian karena masjid ini berada tepat di pelataran Istana Dolmabahce. Yaitu kediaman resmi pemerintahan Kesultanan Turki Ottoman. Dibangun oleh Bezmi Alem Valide, kemudian diselesaikan pada tahun 1855 oleh putranya yakni Sultan Abdul Masjid. Masjid Dolmabahce memiliki dua buah menara dengan tinggi mencapai 40 meter. Desain arsitekturnya mengambil corak Turki Utsmaniyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *