5 Cara Mudah Sebelum Kamu Travelling ke Turki

5 Cara Mudah Sebelum Kamu Travelling ke Turki

5 Cara Mudah Sebelum Kamu Travelling ke Turki

Setiap negara di dunia mempunyai keunikan masing-masing. Budaya, sejarah, kehidupan sosial, aktivitas masyarakatnya, geografi, iklim, hingga cuaca, hampir seluruhnya berbeda. Memahami perbedaan ini tentu akan memudahkan para wisatawan yang hendak berlibur ke luar negeri.

Begitu pula dengan Turki. Negara tulip tersebut mungkin masuk daftar tunggu destinasi wisata kamu selanjutnya. Agar perjalanan kelak kian mudah dan nyaman, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

5 Cara Mudah Sebelum Kamu Travelling ke Turki
5 Cara Mudah Sebelum Kamu Travelling ke Turki

Di bawah ini adalah 5 cara mudah sebelum kamu travelling ke Turki !

  1. Mengurus Visa

Seperti diketahui, untuk masuk ke negara tertentu, kamu membutuhkan visa. Visa sendiri terbagi dalam beberapa jenis, salah satunya visa Turki yang diperuntukkan bagi wisatawan asal Indonesia, yaitu VOA (Visa on Arrival). Proses dan pembayaran visa dilakukan sekaligus ketika kamu tiba di Imigrasi Bandara Turki.

Kalau tidak mau berlama-lama antre, kamu bisa mencoba membuat visa secara online (e-visa). Proses pembuatannya mudah, hanya butuh waktu 5 menit!

Kamu sebagai peserta Travel tour Turki Jakarta cukup membuka situs Kementrian Luar Negeri Turki (Republic of Turkey Ministry of Foreign Affairs), isi data terkait, download, lalu print. Hasil cetak visa tersebut nanti kamu bawa dan tunjukkan pada petugas imigrasi bandara.

paket tour turki murah dari satutours jakarta
paket tour turki murah dari satutours jakarta

Biaya pembuatan visa online sebesar 25 USD, dibayar melalui CC alias Kartu Kredit. Visa berlaku maksimal selama 30 hari.

  1. Tukarkan Mata Uang

Sebagaimana umumnya wisata ke luar negeri, menukarkan mata uang membuat segalanya lebih praktis. Turki memakai mata uang Lira, disingkat TL (Turkish Lira) atau TRY. Untuk 1 Lira setara kisaran 5 ribu rupiah. Kamu sebagai peserta Travel tour Turki Jakarta dapat menukarkannya sejak di Indonesia melalui sejumlah money changer.

Masalahnya, ternyata cukup susah menukarkan Rupiah ke Lira. Kalaupun ada, harganya lebih mahal daripada seharusnya. Alternatif lain, tukarkan uang kamu ke USD atau Euro. Beberapa tempat di Turki menyediakan pembayaran dari kedua mata uang tersebut. Kartu kredit juga bisa menjadi pilihan terbaik.

tips wisata turki dari satutours jakarta
tips wisata turki dari satutours jakarta
  1. Butuh Smartphone?

Fungsi smartphone di era sekarang terbilang cukup penting. Di samping sebagai sarana komunikasi, kameranya bisa kamu pakai untuk hunting foto, lalu upload di media sosial. Untuk internet, kamu dapat memanfaatkan wifi portable.

Bagi kamu yang sekadar membawa smartphone, silakan membeli kartu perdana di Turki. Hanya saja, harganya cukup mahal, sekitar 35-40 TL. Paket data internet pun harus membayar seharga 30 TL. Selain itu, prosedur pendaftaran nomor telepon lumayan sulit, peserta Tour Turki untuk Keluarga wajib menunjukkan paspor dan akan dikenai biaya lagi sebesar 120 TL.

paket tour turki terbaik dari satutours berangkat dari satutours
paket tour turki terbaik dari satutours berangkat dari satutours

Untuk mengatasinya, cobalah memakai provider Indonesia, seperti Telkomsel. Kemudian membeli paket roaming internasional yang sudah termasuk biaya internet, telepon, dan SMS.

  1. Membuat Itinerary

Inilah hal wajib yang mesti kamu susun sebelum berangkat. Dengan membuat itinerary, kamu bisa menentukan lokasi wisata mana yang hendak dituju, hotel yang akan dipakai, transportasi selama berlibur, persiapan yang perlu dibawa, dan budget dana yang dibutuhkan.

Apabila budget membengkak, kamu sebagai peserta Tour Turki untuk Keluarga dapat memperkirakan keperluan yang perlu dihemat serta mencari lagi hotel dan restoran yang murah.

  1. Gabung Travel

paket tour turki murah dari satutours berangkat tahun ini
paket tour turki murah dari satutours berangkat tahun ini

Backpacker-an mungkin punya keuntungan sendiri, tapi dengan bergabung bersama Travel ke Turki, banyak kemudahan yang bisa kamu rasakan. Segala hal telah dipikirkan dan disiapkan. Selama kunjungan, kamu akan didampingi oleh pemandu yang biasanya mahir berbahasa Turki serta tahu banyak hal mengenai destinasi wisata di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: