5 Masjid di Aqsa yang Wajib Kamu Ketahui

5 Masjid di Aqsa yang Wajib Kamu Ketahui

5 Masjid di Aqsa yang Wajib Kamu Ketahui

Wisata religi kini tengah booming. Tidak hanya Mekah dan Madinah saja yang ramai dikunjungi para wisatawan muslim, namun Al-Aqsa juga menjadi destinasi yang banyak dikunjungi. Berbagai Travel Tour Aqsa pun banyak bermunculan. Tour Muslim Halal ke Aqsa pun banyak disematkan pada paket Umroh.

Terlepas dari konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina, Kota Yerusalem memiliki pesona wisata yang menarik. Tentunya, kompleks Masjid Al-Aqsa menjadi daya tarik utama dalam wisata religi ke kota ini. Pemerintah telah melakukan beberapa pemugaran dan pelebaran di area kompleks Masjid Al-Aqsa sehingga sangat mendukung sebagai destinasi wisata unggulan di Yerusalem.

Namun, tahukah Sahabat Satutours bahwa ternyata di wilayah ini tidak hanya terdapat satu atau dua masjid saja yang dijadikan wisata religi. Terdapat juga beberapa Masjid yang bisa Sahabat Satutours kunjungi. Nah, berikut ini adalah 5 Masjid di Aqsa yang wajib kamu ketahui.

  1. Masjid Al-Aqsa

    5 Masjid di Aqsa yang Wajib Kamu Ketahui
    5 Masjid di Aqsa yang Wajib Kamu Ketahui

Masjid Al-Aqsa dibangun sekitar 20 tahun setelah Dome of the Rock berdiri dan kini menjadi masjid terbesar di Yarusalem. Masjid Al-Aqsa memiliki arti “Masjid Terjauh”. Keberadaan masjid ini sangat erat dengan peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw. Masjid yang sering disebut juga sebagai Haram Al Sharif ini mmeiliki interior yang luas dan terdiri dari tujuh lorong. Masjid ini dapat menampung 4.000-5.000 jamaah di dalamnya.

Sejarah mencatat bahwa pada masa Perang Salib, Masjid Al-Aqsa sempat berada di bawah kekuasaan Romawi. Bangunan Masjid pun digunakan sebagai Istana dan markas Ksatria Templar. Namun setelah Yerusalem bebas dari kependudukan Romawi, Masjid ini pun kembali difungsikan sebagai tempat ibadah umat Islam.

  1. Dome of the Rock

    Dome of the Rock yang berada dekat Masjidil Aqsa
    Dome of the Rock yang berada dekat Masjidil Aqsa

Dome of the Rock merupakan sebuah bangunan suci yang terletak tepat di tengah-tengah halaman depan Masjid Al-Aqsa. Bangunan ini memiliki kubah berwarna emas. Bentuk bangunan Dome of the Rock berbentuk segi delapan atau octagonal. Pembangunan situs ini memakan waktu sekitar 4 tahun lamanya dan dibangun oleh para arsitek dan ahli konstruksi yang profesional dan handal.

Beberapa fakta menarik tentang bangunan ini adalah diyakini sebagai pijakan pada saat Nabi Muhammad Saw. melakukan perjalanan ke surga dalam menerima perintah shalat pada malam Isra Mi’raj. Beberapa meyakini juga bahwa batu pada batu ini merupakan tempat Nabi Ibrahim menyembelih anaknya, yaitu Nabi Ishak. Bahkan beberapa sumber menyebutkan di sinilah tempat lahirnya Nabi Daud.

  1. Masjid Qibly

    Tour Halal ke Aqsa
    Tour Halal ke Aqsa

Di sebelah selatan Masjid Al-Aqsa terdapat bangunan yang dikenal sebagai Masjid Qibly. Masjid ini disebut demikian karena masjid ini merupakan situs yang paling dekat dengan arah kiblat, pada Ka’bah di Mekah. Struktur bangunan Masjid Qibly memiliki kubah berwarna perak keabu-abuan. Pada masjid ini terdapat sebuah ruangan kecil di sudut paling kiri Masjid yang dikenal sebagai Masjid Umar dan dibangun untuk menghormati khalifah Umar Ra. yang membantu pembebasan Yerusalem pada tahun 638 Masehi.

  1. Masjid Buraq

    Travel Wisata Muslim Aqsa
    Travel Wisata Muslim Aqsa

Masjid Buraq terletak di sudut barat daya kopleks Masjid Al-Aqsa. Tempat ini diyakini sebagai tempat dimana Nabi Muhammad Saw. mengikat Buraq, yaitu binatang berkuda yang Rasulullah tumpangi pada saat perjalanan Isra Mi’raj. Oleh karena itu, Masjid ini dinamakan dengan Masjid Buraq.

Masjid Buraq memiliki ukuran yang kecil dan sempit, letaknya berada di bawah permukaan tanah dan terdapat beberapa tangga menuju sana. Masjid ini dibuka pada hari Jum’at dan beberapa kesempatan tertentu saja mengingat bangunan Masjid yang mengalami retakan-retakan akibat dari kelembapan ekstrim.

  1. Masjid Marwan

    Wisata Halal Keluarga ke Masjidil Aqsa
    Wisata Halal Keluarga ke Masjidil Aqsa

Masjid Marwan terletak di bawah tanah pada sisi tenggara kompleks Masjid Al-Aqsa. Pada masa Perang Salib Masjid ini merupakan bekas kandang kuda. Pada dinding masjid masih terlihat lubang-lubang bekas mengikat tali kuda. Setelah Yarusalem bebas, seorang Khalifah bernama Marwan mengubah area ini menjadi tempat ibadah. Oleh karena itu, Masjid ini dinamakan Masjid Marwan.

Demikian pemaparan singkat mengenai 5 Masjid di Aqsa yang wajib kamu ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: