Haji Furoda 2019-2020

Haji Furoda 2019-2020

Haji Furoda 2019-2020

Haji Furoda 2019-2020
Haji Furoda 2019-2020

Sahabat satu yang telah lama mengantri untuk menunaikan ibadah Haji selama kurun waktu yang cukup lama, kini ada sebuah program baru dari Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia yakni program Haji Furoda 2019-2020. Masih cukup asing sekali terdengar di telinga para pendaftar calon haji yang telah ada selama ini. Haji Furoda adalah sebuah program non kuota untuk pendaftar haji yang telah mendapat sertifikat dan resmi dari Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia. Pada umumnya, para calon jamaah haji yang akan menunaikan menggunakan visa haji akan tetapi untuk Haji Furoda menggunakan visa khusus bernama visa furoda. Sekilas hampir mirip dengan Haji Plus tetapi bukan, Haji Furoda lebih condong ke jalur undangan khusus dari Pemerintah Arab kepada calon jamaah yang ingin menunaikan ibadah haji.

Pemerintah Arab sudah menyediakan kuota ini namun hanya beberapa saja tidak bermaksud untuk mengambil jatah haji Pemerintah Indonesia. Selain itu, kuota untuk Haji Furoda ini tidak melemparkan tanggungjawab jamaah ke negara asalnya namun ditanggung oleh negara penyelenggara yakni Arab Saudi, mulai dari awal pelaksanaan hingga akhir. Haji Furoda ini tidak mengantri sedikitpun seperti pada Haji Plus atau Haji Reguler. Salah satu kelebihannya adalah disini, ditambah ada lagi kelebihannya yaitu Haji Furoda tidak menekankan biaya yang mahal sekali.

Bagaimana cara mendapatkan Haji Furoda?

Paket Haji Furoda 2020
Paket Haji Furoda 2020

Sahabat satu tentunya sudah tak sabar lagi jika ada yang menawarkan haji tanpa antrian bertahun-tahun lamanya dan dengan segala resiko ditanggung oleh negara Arab. Namun, tidak semudah yang sahabat satu bayangkan, ada dua macam kuota Haji Furoda yang bisa masuk ke sana. Yang pertama, Haji Furoda untuk tamu negara lain yang memiliki prestasi dalam bidang menghafal Al-Qur’an dan yang kedua adalah tamu khusus yang dibuka dari pemerintah bagi mereka yang mendapat santunan. Haji Furoda ini tentunya lain daripada Haji Plus dan Reguler karena mengutamakan dua hal tersebut. Dalam pelaksanaannya, Haji Furoda ini tetap dijalurkan dari agen resmi yang telah mendapat sertifikasi dari Negara Arab Saudi.

Jenis Haji Furoda apa saja ya?

Haji Furoda 2020
Haji Furoda 2020

Pada dasarnya tidak ada yang membedakan Haji Reguler, Haji Plus dan Haji Furoda secara intens tetap bisa melakukan ibadah yang seharusnya seperti thawaf, sai, lempar jumrah, tahalul dan sebagainya. Namun, di sini ada 3 kelas yang dibuka untuk Haji Furoda antara lain kelas VVIP, VIP dan non VIP. Untuk kelas utama VVIP adalah diperuntukkan bagi tamu spesial raja seperti presiden yang akan menunaikan ibadah haji dengan kelebihan keamanan yang super ketat dan selektif. Raja Saudi Arabia sangat menghormati sekali seorang tamu terutama yang ingin melaksanakan ibadah haji. Untuk kelas VIP dan non VIP dari segi keamanan tidak seketat tamu VVIP tersebut.

Berapakah Tarif untuk Haji Furoda itu sendiri?

Biaya Paket Haji Furoda 2020
Biaya Paket Haji Furoda 2020

Pada Haji Reguler biasanya akan mengantri selama kira-kira 10 tahun lamanya, untuk Haji Plus kira-kira perlu mengantri selama 5 tahun lamanya sedangkan untuk Haji Furoda maksimal hanya menunggu waktu 3 tahun lamanya. Harga Haji Furoda sendiri tidak dibandrol mahal, kisaran Rp. 90.000.000 – Rp. 200.000.000 untuk kisaran waktu dari yang terlama hingga tercepat yakni 17 bulan. Ada pula waktu super cepat tetapi harga juga mengikuti sekitar Rp. 245.000.000 selama 2 hingga 5 bulan saja.

Haji Furoda 2019-2020 ini sekali lagi adalah sebuah program eksklusif dari Pemerintah Arab bagi tamu spesial dan ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Arab tetapi dengan pengawasan tour dan travel yang bersedia bekerja sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *