Biaya Haji ONH plus 2019 dan 2020 dalam Rupiah

Biaya Haji ONH plus 2019 dan 2020 dalam Rupiah

Biaya Haji ONH plus 2019 dan 2020 dalam Rupiah

Biaya Haji Plus 2019 dalam Rupiah meningkat dari tahun 2017 ke tahun 2018. Lalu apakah biaya ini akan meningkat lagi nanti di tahun 2019? Mari kita simak ulasannya.

Penyebab meningkatnya biaya haji pada tahun 2018

Untuk menjalankan ibadah haji ada 2 jalur yang bisa ditempuh, yaitu haji reguler dan juga haji plus. Pada tahun 2018 ini, baik itu ibadah haji reguler maupun ibadah haji ONH plus mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Apa penyebabnya.

Biaya Haji ONH plus 2019 dan 2020 dalam Rupiah
Biaya Haji ONH plus 2019 dan 2020 dalam Rupiah
  • Penyebab kenaikan biaya Haji reguler

Kenaikan biaya haji reguler memang sangat disesali oleh banyak pihak. Akan tetapi apapun yang terjadi biaya haji bukan merupakan masalah lagi asalkan dapat berangkat ke Tanah Suci tersebut. Sesungguhnya apa yang menyebabkan kenaikan biaya haji reguler? Berdasarkan pernyataan yang dikeluarkan oleh pihak kementerian agama, kenaikan biaya haji reguler ini disebabkan karena beberapa hal, mulai dari kenaikan harga bahan bakar pesawat hingga kenaikan biaya untuk konsumsi. Yang dulu hanya mendapatkan tambahan makanan sebanyak 25 kali pada tahun ini disebut jamaah haji akan mendapatkan makan sebanyak 50 kali. Dengan kenaikan ini apakah hal yang sama terjadi untuk jamaah haji tahun 2019?

  • Penyebab kenaikan biaya haji ONH

paket haji plus satutours jakarta
paket haji plus satutours jakarta

Biaya Haji ONH plus 2019 dan 2020 dalam rupiah pada tahun 2018 juga meningkat seperti yang disebutkan sebelumnya. Untuk masalah ini ternyata kenaikan biaya haji disebabkan karena kebijaksanaan pemerintah Arab sendiri. Pemerintah Arab yang dahulu hanya memusatkan pemasukan dari minyak kini sudah mulai memperbaiki sistem perekonomiannya yang menyebabkan jamaah haji yang masuk ke negaranya harus menggunakan pajak. Hal ini juga merupakan salah satu penyebab kenaikan biaya haji untuk program reguler.

Akankah biaya haji tahun 2019 naik lagi?

Jika pada tahun 2018 penyebab kenaikan didasarkan pada biaya bahan bakar, konsumsi dan juga pajak masuk negara, banyak orang yang merasa khawatir bahwa tahun 2019 akan terjadi kenaikan biaya lagi untuk mereka yang akan berangkat haji. Mengapa? Hal ini disebabkan karena peningkatan nilai dollar yang memang cukup meresahkan belakangan ini. Akan tetapi apakah hal ini memiliki dampak?

paket haji plus satutours berangkat tahun ini
paket haji plus satutours berangkat tahun ini

Ternyata kabar baik datang dari Kepala BPKH atau badan Pengelola Keuangan haji. Menurut Kepala Pengelolaan Keuangan haji tersebut, biaya untuk berangkat haji pada tahun 2019 ini diperkirakan akan menurun. Mengapa? Hal ini disebabkan karena BPKH mengeluarkan kebijakan dalam rangka investasi uang jamaah haji yang sudah masuk supaya dapat meringankan Biaya Haji ONH plus 2019 dan 2020 dalam rupiah dan juga biaya Haji reguler yang harus dibayarkan oleh calon jamaah haji.

Berapa banyak penurunannya?

Untuk berapa banyak jumlah penurunan biaya pelaksanaan haji ini pihak BPKH sendiri belum dapat memberikan informasi secara mendetail. Yang jelas, jika kebijakan ini sudah dibuat oleh menteri, maka akan lebih mudah bagi BPKH untuk melakukan upaya investasi. Ada cukup banyak bidang yang bisa diinvestasikan untuk keperluan haji mulai dari hotel, konsumsi dan juga transportasi. Dengan adanya ide investasi tersebut, pihak BPKH dapat melakukan pengolahan dengan baik dengan melakukan kerjasama jangka panjang dengan sektor-sektor yang penting dalam pelaksanaannya.

satutours travel penyedia paket haji plus berangkat dari jakarta
satutours travel penyedia paket haji plus berangkat dari jakarta

Hingga saat ini pelaksanaan haji memang masih dibantu oleh pemerintah sebanyak 45% dari biaya total dengan adanya investasi yang dilakukan oleh pemerintah, maka biaya haji mungkin dapat menurun hingga 47% dari biaya total Travel Haji Plus dan Umroh Jakarta yang harus dibayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *