Tips Yang Harus Disiapkan Sebelum Melaksanakan Haji

Tips Yang Harus Disiapkan Sebelum Melaksanakan Haji

Tips Yang Harus Disiapkan Sebelum Melaksanakan Haji

Berangkat ke tanah suci merupakan keinginan terbesar umat Islam. Bisa bertamu ke rumah Allah adalah cita-cita terbesar seluruh umat Islam. Menunaikan ibadah Haji ialah salah satu rukun Islam. Bagi orang-orang yang ingin melaksanakan Haji perlu menyiapkan banyak persiapan. Agar ibadah yang dijalankan bisa lancar tanpa ada keluhan.

Melakukan persiapan untuk berangkat Haji ialah hal yang wajib untuk dilakukan. Momen ini hanya terjadi 1 tahun sekali disana para jamaah Haji banyak melakukan ibadah dan juga amalan-amalan sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Berikut ini adalah tips yang harus disiapkan sebelum melaksanakan Haji :

Tips Yang Harus Disiapkan Sebelum Melaksanakan Haji
Tips Yang Harus Disiapkan Sebelum Melaksanakan Haji

1. Para jamaah Haji harus membekali diri dengan ilmu Haji.

Yaitu membekali diri mengenai ilmu tentang ibadah haji. Memiliki pengetahuan tentang pelaksanaan ibadah haji,  amalan–amalan yang harus dilakukan saat menjalankan ibadah haji. Setiap amalan harus dilakukan secara tertib dan teratur. Harus bisa menghafal doa-doa para Nabi dan memahami tata cara untuk shalat jenazah. Para jamaah juga perlu mengetahui tentang sejarah islam di sana agar lebih khusyuk.

Haji Plus bersama Satutours
Haji Plus bersama Satutours

2. Luruskan niat

Niat merupakan kunci dalam melaksana kan ibadah, dari niatlah akan dapat ditentukan apakah diterimanya ibadah. Untuk para jamaah perlu meluruskan niat sebelum menunaikan ibadah Haji dan dengan niat  ingin menjalankan ibadah karena perintah Allah ta’ala.

3. Membersihkan Diri sebelum menjalankan ibadah Haji

Sebelum berangkat Haji para jamaah perlu membersihkan diri dan Hati dari dosa. Banyak-banyak memohon ampunan atas kesalahan dan dosa yang pernah dilakukan dari yang disengaja maupun tidak, meminta maaf kepada orang-orang yang disekitar. Agar saat menjalankan ibadah haji hati sedang dalam keadaan bersih dan bisa menjalankan ibadah tanpa halangan sesuatu hal.

4. mempersiapkan kesehatan fisik

Saat melakukan ibadah Haji  kita sangat memerlukan yang namanya kesehatan fisik. Keadaan kurang sehat dapat mengganggu ibadah Haji. Sebaiknya sebelum berangkat haji anda melakukan beberapa hal ini :

travel Haji Plus Jakarta
travel Haji Plus Jakarta
  • Olahraga

Para jamaah perlu banyak jalan kaki karena ini merupakan persiapan disana, biasanya lokasi pemondokan dengan tempat ibadah jaraknya lumayan jauh, sehingga harus jalan kaki.

  • Vaksin

Jamaah akan divaksin ini merupakan agar dapat terhindar dari penularan berbagai penyakit yang dapat membahayakan selama menjalankan ibadah haji.

  • Check Up

Para jamaah perlu memeriksa diri tentang kondisi kesehatannya, pada saat check up semua keluhan yang diderita perlu disampaikan, agar dapat ditangani. Sehingga pada saat melakukan ibadah haji  tidak ada hambatan.

5. Meminta Doa restu dari orang-orang sekitar

Kita perlu memohon doa restu dari masyarakat sekitar dan juga para saudara, meminta maaf atas segala kesalahan yang dilakukan. Karena tidak ada yang dapat memastikan apakah kita dapat kembali ke tanah suci. Jadi sangat perlu meminta maaf kepada semua agar kita tenang dalam menjalankan ibadah Haji.

6. Mengetahui fasilitas dan pelayanan kesehatan di Arab Saudi

Anda harus mengetahui petugas pelayanan kesehatan dan juga Balai pengobatan Haji Indonesia. Agar disana anda mudah untuk mencapainya saat dalam keadaan darurat.

Ini hanyalah beberapa tips yang harus disiapkan sebelum berangkat haji agar sesampai disana para jamaah dapat menjalankan ibadahnya dengan tenang dan tanpa adanya hambatan dan gangguan. Sehingga semua rukun dan syaratnya dapat dijalankan dengan sempurna. Dengan adanya persiapan yang matang maka pasti ibadah dapat berjalan lancar. Semoga info ini dapat bermanfaat untuk anda dan semoga amalan Ibadah Haji anda semua diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *