Berikut Informasi Lengkap Mengenai Haji dan Umroh

Berikut Informasi Lengkap Mengenai Haji dan Umroh

Berikut Informasi Lengkap Mengenai Haji dan Umroh

Travel haji plus dan umroh Jakarta—Assalamualaikum Sobat Satu? Apakah Sobat Satu adalah satu dari sekian banyak umat Islam di Indonesia yang berencana berangkat umroh atau haji tahun ini? Alhamdulillah, sebab dari keinginan itu, dari doa yang kita panjatkan setiap waktu, satu saat Allah akan mengabulkannya dengan cara diberikan jalan untuk mempercepat terlaksananya ibadah tersebut dari arah yang tidak terduga-duga.

Ibadah haji diwajibkan bagi mereka yang sudah mampu. Setiap tahun jumlah peminat jamaah haji semakin meningkat dengan kuota yang terbatas. Sama halnya dengan umroh, penyedia jasa travel umroh selalu ramai khususnya pada bulan-bulan lebaran sekitar Juni, Juli dan Agustus.

Jika Sobat Satu diberi pertanyaan, apa ya perbedaan haji dan umroh? Kan sama-sama bertamu di rumah Allah?. Sebagian dari Sobat sekalian mungkin sudah paham, dan sebagian yang lain mungkin perlu membaca informasi berikut untuk memberikan gambaran real mengenai apa yang membuat keduanya berbeda. Berikut informasi lengkap mengenai haji dan umroh yang lengkap.

Berikut Informasi Lengkap Mengenai Haji dan Umroh
Berikut Informasi Lengkap Mengenai Haji dan Umroh
  1. Dari Segi Waktu Pelaksanaan

Pemberangkatan ibadah haji biasanya dilakukan pada bulan Dzulhijjah. Bertepatan pada momen Idul Qurban. Seluruh jamaah haji dari seluruh penjuru negeri berkumpul disini, ber thawaf mengitari Ka’bah.

Lain halnya dengan ibadah umroh yang lebih bebas waktunya. Jamaah bisa berangkat sesuai dengan kuota keberangkatan dari travel agent. Entah itu di saat musim lebaran seperti pada bulan Juni, Juli, Agustus dimana peminat umroh sangat tinggi, atau di waktu lain yang lebih sepi untuk lebih menekan biaya keberangkatan.

Selain waktu berangkatnya, lamanya waktu berada di Tanah Haram juga berbeda. Untuk haji reguler biasanya waktu yang diperlukan untuk beribadah di sana adalah 40 hari, sedangkan untuk ibadah umroh, rentang waktunya lebih pendek sesuai dengan ada tidaknya city tour yang diagendakan, biasanya mulai dari kisaran 9 sampai 20 harian.

Biaya Travel Haji Plus Jakarta
Biaya Travel Haji Plus Jakarta
  1. Dari Segi Biaya yang Dikeluarkan

Umumnya, untuk jenis umroh dan haji reguler, perbandingan biaya yang dikeluarkan adalah 1:2. Haji reguler ada pada kisaran harga 45 jutaan, sedangkan untuk  umroh reguler sekitar 20an juta. Perbandingan itu tentu saja berkaitan dengan lamanya waktu saat berada di Tanah Haram. Ini tentu melibatkan biaya akomodasi, biaya konsumsi, dsb.

  1. Dari Segi Rukun yang Dijalankan

Paket Haji Plus Jakarta
Paket Haji Plus Jakarta

Ibadah haji masuk dalam rukun Islam kelima yang diwajibkan kepada umat Islam yang mampu. Berbeda dengan ibadah umrah. Dari segi rukunnya, ibadah umrah dan ibadah haji ada perbedaan, yaitu dari ada tidaknya wukuf di Arafah.

Ibadah haji wajib melaksanakan wukuf di Arofah sebab ini termasuk salah satu dari sekian rukun wajib haji. Jika tidak dijalankan, wajib hukumnya bagi yang bersangkutan untuk wukuf kembali pada kesempatan haji berikutnya.

Apa itu wukuf? Wukuf adalah datang, hadir, baik dalam keadaan duduk, berdiri, tidur, terjaga, suci, maupun nifas di Arafah mulai dari tergelincirnya matahari pada tanggal 9 Dzulhijjah hingga waktu subuh tanggal 10 Dzulhijjah.

Tidak demikian halnya dengan umrah yang tidak melibatkan rukun tersebut, dan inilah yang menjadi pembeda antara haji dan umrah dari segi rukunnya.

Pihak penyelenggara travel dan haji plus umroh Jakarta akan memberikan panduan bagaimana cara menjalankan ibadah umroh dan haji yang sesuai dengan syariat agama. Biaya haji plus 2019 dalam rupiah biasanya lebih mahal dibandingkan dengan biaya haji reguler dimana secara fasilitas yang didapat pun akan berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *