5 Kuliner yang Wajib Dinikmati saat Anda Berada di Korea

5 Kuliner yang Wajib Dinikmati saat Anda Berada di Korea

5 Kuliner yang Wajib Dinikmati saat Anda Berada di Korea

5 Kuliner yang Wajib Dinikmati saat Anda Berada di Korea
5 Kuliner yang Wajib Dinikmati saat Anda Berada di Korea

Mencicipi cita rasa masakan setempat adalah aktivitas yang wajib dilakukan ketika bertandang ke Korea. Negeri ginseng memang terkenal dengan kulinernya yang sanggup menggoyang lidah, apalagi bentuknya kerap kita saksikan dalam sejumlah drama atau serial TV. Bikin ngiler!

Dari banyaknya jenis masakan, di bawah ini ada 5 kuliner yang wajib dinikmati saat Anda berada di Korea.

  1. Bibimbap

paket wisata korea halal satutours jakarta
paket wisata korea halal satutours jakarta

Secara hafiah, Bibimbap bermakna nasi campur. Hidangan tradisional ini memang berisi semangkuk nasi putih yang diberi topping lauk berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang. Gochujang sendiri merupakan saos cabai andalan masyarakat Korea. Bahan utamanya beras ketan dan bubuk cabai yang difermentasi, rasanya pedas manis. Sebelum dimakan, nasi dan lauknya diaduk dulu menjadi satu.

Makanan satu ini terbilang sederhana membuatnya, tidak perlu bahan khusus. Peserta travel tour Korea Muslim Jakarta pun tak usah ragu mengenai kehalalannya.

  1. Bulgogi

promo paket wisata halal korea berangkat tahun ini
promo paket wisata halal korea berangkat tahun ini

Ini dia olahan daging favoritnya wisatawan lokal maupun mancanegara. Daging yang digunakan untuk membuat Bulgogi biasanya daging sirlion, semacam daging sapi pilihan yang tertelak di bawah daging iga. Setelah ditumis tipis, daging kemudian diberi bumbu hasil campuran kecap asin, gula, dan sejumlah rempah lainnya. Rasanya manis dan gurih.

Sebelum disantap, Bulgogi dibungkus daun selada bersama kimchi, bawang putih, serta bumbu penyedap lain. Agar lebih nikmat, peserta travel tour Korea Muslim Jakarta dapat menambahkan kuah sup.

  1. Mul-naengmyeon

travel penyedia paket wisata halal korea berangkat dari jakarta
travel penyedia paket wisata halal korea berangkat dari jakarta

Pernah mendengar istilah mie dingin? Kalau belum, berarti Anda mesti menyicipi masakan satu ini.

Aslinya, Mul-naengmyeon berasal dari Korea Utara, tepatnya kota Pyongyang dan Hamhung. Sejak kedua Korea berdamai, kuliner ini menjadi hidangan favorit masyarakat. Biasanya disantap ketika musim panas.

Bahan utama Mul-naengmyeon berupa mie gandum berwarna coklat yang direbus, kemudian didinginkan. Mie tersebut lalu disajikan dalam mangkuk stainless berukuran besar bersama kuah kaldu sapi dingin (pakai es batu) dan mentimun yang dipotong panjang. Jangan lupa tambahkan irisan pir Korea, telur rebus, dan daging sapi sebagai lauk. Peserta tour Korea untuk keluarga bisa menambahkan saus pedas agar semakin yummy.

Menariknya, mie yang digunakan dibiarkan tidak dipotong sebagai lambang doa umur panjang dan kesehatan yang baik. Mul-naengmyeon yang tidak berkuah disebut Bibim Naengmyeon.

  1. Tteokbokki

paket wisata halal korea terbaik satutours jakarta
paket wisata halal korea terbaik satutours jakarta

Tteokbokki merupakan jajanan yang sering banget muncul dalam drama Korea. Penganan ini terbuat dari tepung beras (tteok) yang disiram bumbu gochujang. Warna merahnya begitu menggoda. Usai dilahap, rasa pedas manisnya akan meleleh di lidah.

Umumnya, Tteokbokki dihidangkan dalam bentuk potongan persegi panjang atau silinder. Masyarakat lokal menjadikannya camilan saat kumpul bersama keluarga, baik di musim dingin maupun musim panas. Mau coba?

  1. Samgyetang

 

Bergizi dan berenergi. Itulah ciri khas dari santapan tradisional Samgyetang. Secara garis besar, masakan ini berupa sup ayam ginseng yang dimakan bersama bumbu merica, garam, dan kimchi.

Proses pembuatannya, ayam yang masih utur direbus hingga empuk, dibersihkan perutnya, lalu diberi isian. Isian yang dipakai biasanya beras ketan, bawang putih, jujube kering, dan ginseng. Kadang ditambahkan tanaman herbal sebagai penyedap sekaligus untuk meningkatkan kesehatan.

Masyarakat, termasuk peserta tour Korea untuk keluarga, kerap memakannya ketika Sambok alias tiga hari terpanas di Korea tiba. Yaitu chobok, jungbok, dan malbok. Tubuh yang berkeringat pun tetap bertenaga dan tidak mudah lemas. Kuah sup Samgyetang tidak diminum. Apabila dagingnya habis, nasi kemudian dimasukkan ke dalam sup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *