5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Kamu ke Korea

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Kamu ke Korea

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Kamu ke Korea

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Kamu ke Korea
5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Kamu ke Korea

Mau berangkat ke Korea dalam waktu dekat ini? Pastikan seluruh kegiatan telah direncanakan secara matang, ya. Catat dan bawa semua perlengkapan perjalanan yang kelak kamu butuhkan, meski mungkin terlihat sepela. Sebagai gambaran, di bawah ini ada contoh 5 hal yang harus disiapkan sebelum kamu ke Korea.

  1. Dokumen Penting

Sebagaimana liburan ke luar negeri lainnya, beberapa dokumen mutlak harus selalu kamu bawa. Yang paling utama tentu saja paspor aktif yang sudah ditempeli stiker visa di dalamnya. Uruslah kedua dokumen ini jauh-jauh hari, paling lambat satu bulan sebelum keberangkatan. Setelah dibuat, sebaiknya fotokopi atau scan paspor kamu sebagai persiapan jika sewaktu-waktu ada masalah.

paket wisata halal korea berangkat dari jakarta
paket wisata halal korea berangkat dari jakarta

Selain itu, simpan terus tiket pesawat, baik pergi maupun pulang. Jaga baik-baik bukti booking hotel atau penginapan kamu di Korea. Begitu pula dengan dokumen-dokumen lain yang berkaitan dengan tour Korea untuk keluarga.

Letakkan semua dokumen di atas di tempat khusus, misalnya tas kecil. Jangan diletakkan sembarangan di dalam tas atau koper. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah mengambilnya dan tidak terselip saat diperlukan.

  1. Itinerary

Biasanya itinerary berisi daftar tujuan wisata kamu selama berada di Korea, hotel tempat menginap, restoran, dan transportasi yang akan digunakan. Itinerary sangat berguna agar kamu tidak kebingungan setibanya di sana, apalagi jika harus mem-booking hotel beberapa hari sebelumnya.

tips wisata halal korea dari satutours jakarta
tips wisata halal korea dari satutours jakarta

Untuk membuat itinerary ada banyak faktor yang mesti diperhatikan. Jika berangkat sendiri, kamu bisa membuat jadwal perjalanan yang padat. Tetapi bila ikut tour Korea untuk keluarga, tentu itinerary disusun lebih fleksibel. Pelajari musim dan tanggal-tanggal penting di negeri ginseng untuk menentukan destinasi wisata. Carilah hotel yang dekat dengan akses transportasi. Memilih restoran pun harus selektif, terutama buat wisatawan yang butuh masakan halal. Di Seoul, pusat tempat makan halal biasanya berada di Masjid Itaewon.

  1. Mata Uang

Kamu tidak bisa bertransaksi memakai rupiah di Korea. Sebelum bertolak dari tanah air, tukarlah rupiahmu ke dalam mata uang Won di Money Changer terdekat. Menyediakan mata uang USD pun tak ada salahnya. Apabila kehabisan Won, kamu tetap bisa mengambil uang di Korea melalui ATM berlogo Indonesia, seperti mastercard, visa, atau cirrus.

paket wisata halal korea murah dari satutours
paket wisata halal korea murah dari satutours

Kalau kamu memiliki kembalian uang receh (koin), habiskan saja dengan berbelanja di Korea. Sebab koin tersebut tidak dapat ditukarkan di Money Changer setibanya peserta travel tour Korea Muslim Jakarta di Indonesia.

Untuk urusan transportasi, kereta dan bus di Korea umumnya menggunakan pembayaran T-Money. Kamu dapat membeli dan mengisinya di sejumlah kios di Bandara Incheon. Wajib punya sebelum kamu keluar bandara, ya.

  1. Barang Pribadi

Perlengkapan keseharian selama berada di Korea ada banyak macamnya. Mulai dari pakaian. Pastikan kamu membawanya dalam jumlah yang cukup dan sesuai musim di sana. Bila musim gugur atau dingin datang, lebih baik bawa juga penghangat telinga, jaket tebal, dan sarung tangan. Begitu pula dengan sepatu dan aksesoris lainnya.

travel terpercaya penyedia paket tour halal korea terbaik satutours
travel terpercaya penyedia paket tour halal korea terbaik satutours

Jangan remehkan pula obat-obatan pribadi. Meski ukurannya kecil, biasanya wisatawan justru malas membawanya. Minimal sediakan obat flu, tolak angin, dan minyak kayu putih untuk berjaga-jaga.

Buat kamu yang suka upload foto di media sosial, siapkanlah gadget dan koneksi wifi. Bila perlu, aktifkan paket roaming internasional yang disediakan beberapa provider tanah air. Adapun colokan listriknya, Indonesia dan Korea mempunya tipe dan voltase yang sama.

  1. Jaga Kondisi Fisik

paket wisata halal termurah dari satutours jakarta
paket wisata halal termurah dari satutours jakarta

Cuaca di negeri ginseng pastinya berbeda dengan negara yang terletak di garis khatulistiwa, bahkan cenderung ekstrem. Agar liburan travel tour Korea Muslim Jakarta tidak terganggu, pastikan tubuh dalam keadaan prima. Jagalah pola makan dan banyak beristirahat. Seringlah latihan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit sebelum kamu berangkat ke Korea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *