5 Tempat Wisata di Sekitar Masjidil Aqsa

5 Tempat Wisata di Sekitar Masjidil Aqsa

5 Tempat Wisata di Sekitar Masjidil Aqsa

Paket tour Aqsa Satutours
Paket tour Aqsa Satutours

Pada bulan Juli 2018, tersiar kabar bahwa wisatawan asal tanah air dilarang berlibur ke Masjidil Aqsa. Menyusul ketidaksukaan otoritas Israel atas beberapa kebijakan pemerintah Indonesia. Namun, selang dua minggu ke depan, pernyataan tersebut dicabut. Tentu ini merupakan kabar baik bagi masyarakat yang hendak berziarah ke tanah para anbiya itu.

Sebagai destinasi favorit turis mancanegara, sekeliling Masjidil Aqsa memang menyimpan banyak tempat menakjubkan. Spot-spot rekreasi terbaik yang wajib dimasukkan dalam itinerary paket tour Aqsa, Jordan, dan Mesir. Dan di bawah ini ada rekomendasi 5 tempat wisata di sekitar Masjidil Aqsa. Yuk, tengok!

  1. Bukit Zaitun (Mount Olive)

Bukit Zaitun
Bukit Zaitun

Berada tak jauh dari kawasan Masjidil Aqsa, Bukit Zaitun menawarkan panorama Kota Tua Jerusalem yang menakjubkan. Bukit ini juga memiliki tiga puncak yang dapat pengunjung daki. Di bagian utara, terdapat puncak At-Tur setinggi 818 meter. Area ini biasa disebut Viri Galilaei oleh penganut agama Kristen. Sedangkan di bagian selatan, ada puncak setinggi 734 meter yang dianggap sebagai Gunung Skandal. Adapun pada bagian tengah, terdapat puncak setinggi 808 meter yang konon dipercaya menjadi lokasi kenaikan Yesus Kristus.

Meski jumlahnya kini tidak banyak, peserta paket tour Aqsa, Jordan, dan Mesir masih bisa melihat perkebunan zaitun di bagian lereng bukit.

  1. Kota Tua Akka

Kota Tua Akka
Kota Tua Akka

Kota yang sangat memesona. Terletak tepat di perbatasan antara Palestina dan Israel. Di bagian baratnya, peserta travel tour Aqsa Jakarta dapat menyaksikan pemandangan Laut Mediterania nan eksotis. Menariknya lagi, masyarakat Palestina yang bermukim di sini masih banyak yang mempertahankan kultur mereka. Jika beruntung, Anda bisa menyicipi lezatnya masakan lokal ala negeri para syuhada tersebut.

  1. Kota Deir Ghassana

Satu lagi kota tua cantik yang ada di sekitar Masjidil Aqsa, tepatnya dua puluh kilometer sebelah utara kota Ramallah. Hingga sekarang, Deir Ghassana masih dipenuhi rumah-rumah kuno abad kedelapan belas yang tersusun dari bebatuan. Masyarakat juga membangun sumur-sumur tua yang kerap dijadikan lokasi penyimpanan air, bijian-bijian, dan minyak zaitun sebagai persiapan menghadapi musim paceklik.

Deir Ghassana pun merupakan rumah bagi sejumlah pejabat populer, penulis, dan aktivis di Palestina. Kehidupan di sini begitu aktif. Ditandari dengan berdirinya beberapa institusi atau lembaga, seperti rumah sakit dan asosiasi wanita. Sebagaimana Kota Tua Akka, kota ini juga menawarkan kuliner-kuliner tradisional yang siap menggoyang lidah Anda.

  1. Kota Kuno Sebastian

Kota Kuno Sebastian, salah satu destinasi yang mesti hadir dalam travel tour Aqsa Jakarta. Perkebunan Zaitun di sini begitu padat, membuat takjub siapapun yang memandangnya. Kota yang berjarak dua belas kilometer dari Nablus ini juga pas bagi Anda yang haus wisata sejarah. Puaskan dahaga Anda saat berkunjung ke dua menara Hellenic, sisa reruntuhan Istana Samaria dan Gereja Byzantium.

  1. Kota Tua Jenin

Palestina memang kaya kota-kota kuno menarik. Termasuk kota Jenin yang ada di kawasan Tepi Barat, tidak jauh dari Masjidil Aqsa. Jenin merupakan pusat pertanian di Palestina.  Wilayahnya terdiri dari perbukitan sehingga udara di sini begitu sejuk, segar, dan nyaman. Sayangnya, kota Jenin agak sulit dikunjungi. Sebab daerah ini sering menjadi pusat konflik antara rakyat Palestina dan militer Israel.

Itu tadi sejumlah destinasi wisata di sekitar Masjidil Aqsa yang layak disambangi. Jika punya waktu lebih, bolehlah mampir ke tempat lain, seperti Pantai Gaza, berziarah ke Makam Nabi Daud, atau menikmati pertunjukan seru di sekitar Tower of David.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *