Inilah 5 Alasan Kenapa Harus ke Masjidil Aqsa Palestina

Inilah 5 Alasan Kenapa Harus ke Masjidil Aqsa Palestina

Inilah 5 Alasan Kenapa Harus ke Masjidil Aqsa Palestina

5 Alasan Kenapa Harus ke Masjidil Aqsa Palestina
5 Alasan Kenapa Harus ke Masjidil Aqsa Palestina

Berkunjung ke berbagai situs bersejarah Islam merupakan dambaan setiap muslim. Termasuk bertamu ke Masjidil Aqsa yang hingga kini terus dijajah oleh bangsa Israel. Tapi tahukah Anda? Mengunjungi Masjidil Aqsa ternyata memiliki keutamannya sendiri. Setidaknya inilah 5 alasan kenapa harus ke Masjidil Aqsa Palestina.

Pertama, Masjidil Aqsa dipromosikan langsung oleh Allah dan Rasul-Nya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Surat Al-Isra’ ayat 1:

Mahasuci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari ke Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya, agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.”

Rasulullah pun bersabda dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, “Tidak diperkenankan melakukan suatu perjalanan kecuali menuju tiga masjid, yaitu Masjidil Haram (di Makkah), Masjidku (Masjid Nabawi di Madinah), dan Masjidil Aqsa (di Palestina).

Kedua, masih dari ayat pertama dalam Surat Al-Isra’, kita mengetahui bahwa Masjidil Aqsa merupakan tempat singgah Rasulullah dalam peristiwa Isra’ Mi’raj. Bahkan tempat tersebut diberkahi oleh Allah, “… yang telah Kami berkahi sekelilingnya…”

Tidakkah kita ingin memperoleh keberkahan dengan mengunjunginya?

Ketiga, pahala shalat berlipat ganda. Satu kali shalat di Masjidil Aqsa, pahalanya beratus kali lipat!

Dalam hadis riwayat Ahmad, Rasulullah bersabda, “Shalat di Masjidil Haram lebih utama 100.000 kali lipat daripada shalat di masjid lainnya. Shalat di Masjid Nabawi lebih utama 1.000 kali lipat. Dan shalat di Masjidil Aqsa lebih utama 500 kali lipat.”

dome of the rock yang berada di dalam komplek masjid
dome of the rock yang berada di dalam komplek masjid

Keeempat, Masjidil Aqsa merupakan kiblat pertama umat Islam. Selama 16 bulan, Rasulullah dan para sahabat shalat menghadapnya. Lebih penting lagi, Masjidil Aqsa adalah tanah wakaf umat Islam. Mulai dari Umar bin Khattab, Shalahuddin Al-Ayyubi, hingga Sultan Abdul Hamid II berjuang keras mempertahankan masjid ini. Tidak boleh sejengkal pun tanah Palestina diberikan kepada selain umat Islam.

Kelima, terakhir inilah 5 alasan kenapa harus ke Masjidil Aqsa Palestina, yaitu karena hampir semua nabi pernah menginjakkan kakinya di masjid tersebut. Banyak utusan Allah diturunkan di kawasan Masjidil Aqsa dan sekitarnya.

Tidakkah kita ingin pergi ke sana, ke tempat para nabi mulia meninggalkan jejaknya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *