TIPS MEMBAWA BAYI SAAT TOUR DI JEPANG

TIPS MEMBAWA BAYI SAAT TOUR DI JEPANG

TIPS MEMBAWA BAYI SAAT TOUR DI JEPANG

travelling bersama bayi
travelling bersama bayi

Membawa bayi saat travel wisata halal ke Jepang? Pasti butuh banyak perencanaan. Misalnya, soal menyusui, mengganti popok saat perjalanan, atau ketika berkunjung fasilitas yang tidak ramah bayi. Oleh karena itu, Anda butuh info sebanyak mungkin sebelum berangkat.

Nah, untuk membantu Anda, simak deh, tips-tips berikut—khususnya buat Anda yang berniat mengajak bayi dalam wisata halal Jepang keluarga.

Menjaga Jam Makan

waktu makan saat travelling
waktu makan saat travelling

Kesannya sepele, tapi justru hal ini sangat mungkin Anda lupakan. Maklum, selain sibuk menyiapkan berbagai hal sebelum keberangkatan, Anda pun bakal asyik sendiri begitu melihat objek-objek wisata di Jepang. Atau sibuk ngobrol, sibuk selfie, atau mengabadikan keindahan Jepang dengan kamera. Agar jam makan bayi Anda tidak terlewat, set alarm pada smartphone dan beri catatan alarm apakah itu. Dengan begitu, si kecil tidak bakal kelaparan, perutnya tetap terisi selama perjalanan.

Gendongan dan Kereta Dorong

gendongan bayi saat tour
gendongan bayi saat tour

Siapkan gendongan bayi dan sling untuk perjalanan wisata yang mengharuskan Anda menggunakan tangga, eskalator, dan lift. Tapi, jangan hanya mengandalkan pada satu jenis perlengkapan membawa bayi. Kenapa? Karena di beberapa tempat wisata, akan jauh lebih nyaman menggunakan kereta dorong untuk bayi Anda. Maka dari itu, pastikan kereta dorong atau stroller Anda praktis dibawa dan dirapikan. Jaga-jaga siapa tahu daerah wisata yang Anda datangi padat dengan turis-turis lainnya.

Mengganti Popok

popok bayi saat travelling
popok bayi saat travelling

Jangan menggantinya di sembarang tempat, mengingat Jepang adalah negara yang sangat menjaga kebersihan. Gunakan toilet yang bisa Anda jumpai ketika berkunjung ke toko-toko besar, bandara, atau saat di kereta. Jangan pula membuang popok bekas sembarangan. Usahakan selalu membuangnya di tong sampah. Namun, bila Anda sudah mencari ke mana-mana dan tidak ada, jangan putus asa. Siapkan kantong, tas, atau wadah terpisah lainnya dan bawa selama perjalanan.

Selain itu, jika tidak memungkinkan mengganti popok, pastikan Anda menyiapkan alas cadangan dalam kereta dorong. Gunakan tisu, jangan menggunakan sabun atau disinfektan ketika mengganti popok agar tidak membuat orang di sekitar tidak nyaman.

Makanan Bayi

makanan bayi saat travelling
makanan bayi saat travelling

Tidak semua lokasi travel wisata halal ke Jepang memiliki toko tempat membeli makanan bayi. Oleh karena itu, selalu siapkan makanan bayi ekstra dan popok di tas Anda. Selain memastikan bayi Anda tetap kenyang, hal ini dapat menghemat uang sebab rata-rata makanan di sini cukup mahal.

Namun bila sudah terlanjur habis, usahakan mencari makanan bayi di toko atau restoran. Mayoritas toko serba ada, toko obat, dan mall di Jepang menjual popok dan produk bayi lainnya. Cukup mudah ditemukan.

Persediaan Baju & Obat-obatan

obat obatan bayi
obat obatan bayi

Bawa baju dan pakaian lainnya sesuai dengan musim di Jepang. Bagaimanapun, kondisi bayi tidak sekuat orang dewasa. Rajinlah mengganti pakaian bayi Anda. Bawa juga minyak telon untuk menghangatkan tubuh bayi. Jangan lupa persediaan obat-obatan yang lumrah dipakai untuk penyakit-penyakit umum yang menimpa anak dan Anda, seperti obat pusing, demam, flu, atau batuk.

Tisu Pembersih

tissue Bayi
tissue Bayi

Bawa selalu tissue kering dan basah, sehingga Anda bisa langsung bertindak bila bayi buang air. Tisu cukup praktis digunakan karena bisa jadi bayi Anda buang air ketika Anda mengunjungi tempat wisata yang MCK-nya ramai kegunakan turis lain.

Mainan Penghibur

mainan anak saat travelling
mainan anak saat travelling

Selain cemilan, siapkan juga mainan yang anak Anda sukai. Tujuannya ya untuk menghibur bayi sehingga tidak mudah menangis, syukur-syukur tenang selama perjalanan wisata halal Jepang keluarga Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *