Inilah landmark Istanbul yang akan Anda kunjungi dalam program umroh plus turki

Inilah landmark Istanbul yang akan Anda kunjungi dalam program umroh plus turki

Inilah landmark Istanbul yang akan Anda kunjungi dalam program umroh plus turki

masjid biru Turki
masjid biru Turki

inilah landmark Istanbul yang akan Anda kunjungi dalam program umroh plus turki salah satunya adalah Masjid Biru atau Masjid Sultan Ahmad (Ahmed). Masjid ini dikenal dengan nama masjid biru karena dulu hampir seluruh interiornya berwarna biru. Masjid biru ini merupakan masjid pemerintah yang pertama dibangun selama 40 tahun. Sultan Ahmad I membangun masjid ini tujuannya untuk meredakan kemarahan para ulama atas ketidakmampuannya memenangkan satu pun peperangan. Oleh sebab itu, bila para pendahulunya mendanai pembangunan masjid dengan hasil rampasan perang, maka Sultan Ahmad I harus mengucurkan dana dari kas pemerintah. Selain itu masjid biru ini dibangun untuk manandingi bangunan Hagia Sophia. Masjid Biru dibangun antara 1809-1616 pemerintah Sultan Ahmad I yang kemudian menjadi nama masjid ini. Satu tahun setelah masjid ini dibangun, Sultan Ahmad meninggal dunia dan di makamkan di halaman masjid ini. Masjid biru terletak di kawasan paling tua di kota Istanbul yang sebelumnya menjadi pusat kota Konstatinopel, ibu kota kekaisaran Byzantium. Lokasinya berada di seberang Museum Hagia Sophia. Pada lantai masjid ini, interiornya didominasi oleh cat biru. Pada tiap semi dome (kubang setengah lingkaran) dilengkapi dengan 14 jendela dan 28 jendela pada kubah tengahnya. Kaca berwarna yang dipakai pada jendela-jendela ini adalah hadiah persembahan dari Ratu Venice kepada Sang Sultan. Hanya saja sebagian besar dari kaca-kaca ini sudah diresortasi agar tampak bagus. Lokasinya yang tidak jauh dari pantai Bosphorus menyebabkan kubah dan menara masjid terlihat jelas seakan-akan memancarkan cahaya warna biru ketika ditimpa cahaya matahari yang masuk lewat 260 jendela kaca patri. Selain itu, di masjid biru juga terdapat pilar-pilar marmer.

umroh plus turki dari bersama satutours
umroh plus turki dari bersama satutours

Dekorasi lainnya yang dihiasi masjid biru adalah kaligrafi ayat-ayat Al-Qur’an yang sebagian besar dibuat oleh Seyyid Kasim Gubari, salah satu kaligrafi pada masa itu. Bagian terpenting dalam masjid biru yang membedakannya dengan masjid-masjid lainnya adlah mihrab yang terbuat dari marmer yang dipahat dengan hiasan stalaktit dan panel double-incritive diatasnya. Tembok mihrab ini dipenuhi dengan keramik. Mihrab masjid biru sengaja disesain seperti ini agar semua yang ada di masjid tetap dapat melihat dan mendengar imam walaupun masjid sedang dalam keadaan penuh. Masjid ini juga dilengkapi dengan ruangan bawah tanah yang digunakan untuk menyimpan barang-barang yang berharga.

Umroh plus turki bersama satutours
Umroh plus turki bersama satutours

Terjadi perubahan antara masjid biru yang dulu dan sekarang, perubahan sekarang bisa dilihat dari segi warna masjid biru itu sendiri. Tadinya berwarna biru, tetapi karena inti dari pembangunan itu bukan unutk menunjukkan keindahan warna birunya lalu kemudian dihapus dan sekarang nampak berwarna putih abu-abu. Selain sari itu, perubahan yang bisa kita lihat sekarang yakni adanya taman di sekeliling masjid yang dilengkapi dengan air mancur. Masih tidak percaya?, kita langsung kesana saja untuk menikmati pemandangan indah dari kota Istanbul yang memiliki pesona Masjid Biru ini, segera bergabung dalam paket umroh plus turki bersama satuours dengan menghubungi kami di 081223452545 atau anda juga bisa mengunjungi kantor kami yang berlamat di jl. Amil no.28C warung buncit jakarta selatan. Kita bisa melihat inilah landmark Istanbul yang akan Anda kunjungi dalam program umroh plus turki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *