Apa Saja Syarat Visa Jepang?

Apa Saja Syarat Visa Jepang?

Berwisata ke Jepang? Anda harus siap-siap untuk mengurus permohonan visa ke Jepang. Pembuatan visa Jepang termasuk mudah dan biayanya pun tidak terlalu tinggi, hanya 370.000 rupiah untuk visa sementara single entry. Bahkan, jika Anda pemilik e-paspor maka Anda tidak perlu membuat visa lagi, hanya perlu mengurus permohonan visa waiver saja. Syarat dokumen untuk membuat visa jika Anda mengikuti paket wisata ke Jepang juga tidak rumit. Lalu apa saja syarat visa Jepang untuk warga negara Indonesia?

  1. Memiliki Paspor

Paspor adalah tanda pengenal wajib yang harus dimiliki oleh seseorang jika ingin berkunjung ke luar negeri seperti Jepang. Anda bisa segera membuat paspor di kantor-kantor imigrasi terdekat. Proses pembuatannya hanya sekitar satu minggu saja dengan biaya yang berbeda antara paspor biaya dengan e-paspor.

Paspor biasa (kiri) E-paspor (kanan)
Paspor biasa (kiri) E-paspor (kanan)
  1. Mengisi Formulir Permohonan Visa

Formulir ini bisa didapatkan di website Kedutaan Besar Jepang. Siapkan juga pasfoto ukuran 4,5 x 4,5 cm yang minimal pengambilan foto 6 bulan terakhir. Foto tidak boleh memiliki latar (latar warna putih), tidak buram, dan tidak boleh diedit.

  1. Menyiapkan Fotokopi KTP

Meskipun paspor adalah tanda pengenal kita juga, tetapi fotokopi KTP tetap wajib disertakan.

  1. Menyiapkan Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar

Syarat satu ini hanya perlu disiapkan oleh pemohon yang masih bertatus mahasiswa.

  1. Menyiapkan Bukti Pemesanan Tiket

Bukti pemesanan tiket ini menunjukkan tanggal masuk keluar Jepang. Anda bisa meminta atau mengunduh bukti pemesanan tiket dari pihak agen travel jika Anda mengikuti paket wisata ke Jepang.

  1. Mengisi Jadwal Perjalanan

Formulir jadwal perjalanan bisa diunduh di website Kedutaan Besar Jepang. Anda harus mengisi kapan Anda masuk ke Jepang, kegiatan apa saja yang dilakukan di sana, tempat-tempat yang dikunjungi, tempat Anda menginap, dan kapan Anda keluar dari Jepang.

  1. Menyiapkan Kartu Keluarga atau Akta Kelahiran

Dokumen ini disiapkan jika Anda membuat visa lebih dari satu untuk mewakili pemohon lain yang merupakan anggota keluarga untuk pengajuan visa.

  1. Menyiapkan Fotokopi Bukti Keuangan

Dokumen yang diminta adalah bukti keuangan bisa berupa rekening koran 3 bula terakhir jika biaya untuk ke Jepang Anda tanggung sendiri.

Semua dokumen atau syarat pembuatan visa ke Jepang di atas harus disusun berdasarkan urutan, tidak boleh acak. Jika Anda mengikuti paket wisata ke Jepang, Anda hanya perlu menyiapkan semua dokumen yang disyaratkan kemudian diserahkan pada pihak agen travel.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *