Cara Menikmati Hitsumabushi

Cara Menikmati Hitsumabushi

Cara Menikmati Hitsumabushi

Hitsumabushi
Hitsumabushi

Jalan-jalan ke Jepang belum lengkap rasanya kalau nggak berwisata kuliner. Selain ramen, sushi, atau tempura, Jepang masih punya makanan asli andalan lainnya yang wajib anda coba saat wisata tour di jepang, yaitu hitsumabushi. Hampir mirip dengan unadon, hitsumabushi merupakan hidangan belut panggang yang dicincang halus, bisa disantap bersama setangkup nasi atau lebih enak ditambah wasabi. Hanya saja, hitsumabushi atau dikenal pula dengan Nagoya meshi punya cara unik untuk memakannya, loh. Memang bagaimana sih cara menikmati hitsumabushi?

Setidaknya ada tiga tahap berbeda untuk menikmati hitsumabushi. Tahap pertama, bagilah nasi di dalam mangkuk menjadi empat bagian menggunakan sendok biasa atau sendok khusus nasi. Daging belut dan bahan-bahan lainnya dibagi rata pula. Kemudian pindahkan salah satu dari empat bagian tadi ke dalam mangkuk kecil yang telah disediakan, lalu santaplah. Tahap ini cocok buat Anda yang ingin menikmati rasa original dari hitsumabushi.

Hitsumabushi
Hitsumabushi

Tahap kedua, pindahkan satu lagi bagian dari empat bagian tadi ke dalam mangkuk kecil. Kali ini tambahkan pula bumbu-bumbu seperti wasabi, daun bawang, nori, dan bumbu lainnya. Campur seluruhnya hingga merata. Aroma yang khas akan segera menyebar ke seluruh bagian. Anda bisa menikmati rasa yang lebih segar dan taste berbeda dibandingkan rasa original pertama.

Tahap ketiga, ambil lagi satu bagian nasi dan daging belut, lalu pindahkan ke dalam mangkuk kecil. Tapi semua sajian tersebut kini dicampur dengan semangkuk sup o-chazuke. Sup ini berupa kuah kaldu bening yang terbuat dari rebusan ikan dan daging. Bahkan terkadang ada restoran yang menggantinya dengan teh. Seruput kuahnya perlahan sambil menyantap hitsumabushi nan nikmat, pasti rasanya bikin ketagihan!

Wah, tinggal satu bagian terakhir nih belum dimakan. Nah, untuk satu bagian tersebut, Anda boleh menyantapnya dengan cara apa pun. Bisa mengikuti tahap pertama untuk rasa yang original atau mengambil tahap kedua dan tahap ketiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *