Jalaluddin Rumi Kisah Sejarah dalam Turki Utsmani

Jalaluddin Rumi Kisah Sejarah dalam Turki Utsmani

Jalaluddin Rumi Kisah Sejarah dalam Turki Utsmani

jalaluddin rumi
jalaluddin rumi

Bicara tentang Turki, tentu kita tidak bisa lepas dengan sejarah yang ada di dalamnya. Termasuk bangunan-bangunan dan tokoh-tokoh ternamanya. Salah satu tokoh terkenal di masa Kekhalifahan Turki Utsmani yang kelak akan kita ketahui dalam paket umroh plus Turki ialah Jalaluddin Rumi kisah sejarah dalam Turki Utsmani.

Pemilik nama asli Jalaluddin Muhammad bin Muhammad Al-Balkhi Al-Qunuwi ini lahir di Balkh, sebuah daerah di Afghanistan. Tepatnya pada 30 September 1207 Masehi atau 6 Rabiul Awwal 604 Hijriyah. Sebutan Rumi diperolehnya sebab beliau menghabiskan sebagian besar hidupnya di Konya (Turki bagian Asia) yang dahulu dikenal sebagai daerah Rum (Roma). Beliau wafat pada tanggal 5 Jumadil Akhir 672 Hijriyah dalam usia 68 tahun.

Banyak orang bersedih ketika ajal beliau tiba. Sebab Jalaluddin Rumi telah melahirkan banyak karya serta ajaran yang dipegang oleh banyak jamaahnya. Apalagi beliau juga merupakan seorang penyair tersohor sekaligus guru dari sebuah tarekat sufi terkenal di Turki. Tarekat tersebut bahkan berpengaruh besasr dalam lingkungan Kekhilafahan Turki Utsmani sekitar tahun 648 Hijriyah.

Umroh Plus Turki Bersama Satutours
Umroh Plus Turki Bersama Satutours

Ketika bergabung dalam paket umroh plus Turki, Anda dapat menapaktilas kehidupan Jalaluddin Rumi dengan berkunjung ke kota Konya. Aksesnya sangat mudah, cukup naik bus dari Istanbul. Sesampainya di sana, kita akan bertamu ke tempat tinggal dan makam yang berada di dalam kompleks Mevlana Muzesi (Museum Jalaluddin Rumi). Hingga kini makam tersebut rutin dikunjungi peziarah lokal maupun mancanegara. Tak kurang satu setengah jua orang mengunjunginya setiap tahun. Tak pelak, destinasi wisata inilah yang membuat nama Konya menjadi terkenal.

Sebagai orang yang amat berjasa, nama Jalaluddin Rumi akan sulit hilang khususnya dari ingatan masyarakat Turki. Mari bersama mengenang kehidupannya dalam paket umroh plus Turki!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: