Bagaimana Cara Membuat Visa Waiver Jepang?

Bagaimana Cara Membuat Visa Waiver Jepang?

Bagaimana Cara Membuat Visa Waiver Jepang?

visa waiver Jepang
visa waiver Jepang

Salah satu keuntungan yang dimiliki pemegang e-paspor adalah bisa berwisata ke Jepang tanpa harus apply visa. Kebijakan ini mulai berlaku sejak tahun 2014. Anda bisa mendapatkan visa waiver atau bebas visa Jepang dengan mendaftarkan e-paspor Anda ke Kedutaan Besar Jepang. E-paspor yang tidak ditempeli dengan stiker visa waiver Jepang tidak akan bisa digunakan langsung saat akan ke Jepang.

Untuk Anda yang menggunakan e-paspor bagaimana cara membuat Visa Waiver Jepang? berikut beberapa langkah mudah membuat visa waiver Jepang.

1. Anda terlebih dahulu harus mengunduh formulir pendaftaran visa waiver dari situs Keduataan Besar Jepang, kemudian mengisinya dan membawanya ke keduataan bersamaan engan e-paspor. Mendapatkan visa waiver akan memudahkan rencana wisata ke Jepang Anda.

2. Datang ke keduataan antara hari senin-jumat pada jam 08.00-12.00 untuk mengajukan pendaftaran visa waiver. Jadwal pendaftaran sama dengan jadwal pengajuan visa biasa.

3. Sebelum masuk ke Kedutaan Besar Jepang, Anda harus menyerahkan KTP atau ID Anda lainnya di pos awal yang akan ditukar dengan kartu masuk ayng diberi angka. Sebelum benar-benar masuk ke dalam kedutaan, Anda harus melewati mesin scan dan tas Anda akan diperiksa. Setelah itu, Anda tinggal masuk ke dalam gedung kedutaan dan ruangan untuk pengajuan visa persis di sebelah kiri setelah melewati pintu masuk.

4. Ambil nomor antrian terlebih dahulu dengan menekan tombol A pada mesin nomor antrian. Nomor Anda akan tertera pada layar di atas loket jika giliran Anda sudah tiba.

5. Anda akan mendapatkan tanda bukti penyerahan e-paspor setelah proses pendaftaran selesai.

6. Umumnya pengurusan visa waiver ini cukup cepat, hanya 2 hari saja dan tidak perlu membayar biaya apa pun.

7. Jika sudah selesai, bagian halaman dalam e-paspor Anda akan ditempeli stiker visa waiver yang akan berlaku untuk perjalanan selama 15 hari dengan masa berkalu visa waiver 3 tahun atau sesuai masa berlaku e-paspor yang kurang dari 3 tahun.Itulah beberapa langkah untuk membuat visa waiver bagi pemilik e-paspor. Visa waiver ini mempermudah langkah Anda untuk berwisata ke Jepang dengan maksimal kunjungan 15 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *