Bagaimana Cara Apply Visa ke Jepang?

Bagaimana Cara Apply Visa ke Jepang?

Bagaimana Cara Apply Visa ke Jepang?

contoh visa jepang
contoh visa jepang

Bagaimana cara apply visa ke Jepang? Untuk Anda yang akan mengunjungi Jepang khususnya untuk keperluan wisata baik secara mandiri ataupun mengikuti paket wisata ke Jepang, tetap harus mengetaui cara-cara pengajuan visa ke Jepang. Untuk informasi, saat ini pengajuan beberapa jenis visa tidak dilakukan di kedutaan lagi, tetapi di Japan Visa Application Center (JVAC) yang terletak di Lotte Shopping Avenue. Kebijakan ini berlaku sejak tanggal 15 September 2017. Lalu bagaimana cara apply Visa ke Jepang? Simak caranya di bawah ini.

Untuk Pemegang Paspor Biasa

paspor biasa Republik Indonesia
paspor biasa Republik Indonesia

Berikut cara pengajuan visa sementara untuk wisata bagi pemegang paspor biasa.

  1. Melengkapi semua persyaratan pengajuan visa yang bisa dilihat di website JVAC atau Kedutaan Besar Jepang. Semua persyaratan disusun berdasarkan urutan karena pihak kedutaa tidak akan menerima persyaratan yang tidak berurutan.
  2. Mengunjungi JVAC di hari kerja Senin-Jumat pada pukul 08.30 sampai 12.00. Ambil nomor antrian dan tunggu sampai nomor Anda dipanggil.
  3. Anda akan menerima kertas atau tanda pengambilan paspor dan visa yang sudah diberi tanggal pengambilan.
  4. Pengambilan visa dilakukan di tempat yang sama pada hari kerja Senin-Jumat dari pukul 13.30 sampai 15.00.
  5. Biaya visa kunjungan sementara adalah 370.000 rupiah (harga sewaktu-waktu bisa berubah) dan dibayar pada hari pengambilan visa.

Untuk Pemegang E-Paspor

E-paspor Republik Indonesia
E-paspor Republik Indonesia

Meskipun pemegang E-Paspor berhak mendapatkan bebas visa, tetapi tetap harus mengurus dan mengajukan permohonan visa waiver. Jadi, saat Anda mengikuti paket wisata ke Jepang, Anda hanya tinggal mengurus keberangkatan karena Anda sudah mendapatkan visa waiver. Berikut cara dan syarat permohonan visa waiver.

  1. Membawa e-paspor.
  2. Membawa formulir aplikasi yang bisa diunduh di website kedutaan atau ada juga aplikasi formulir yang langsung diisi di kedutaan.
  3. Mengajukan permohonan visa waiver secara gratis.
  4. E-paspor yang sudah ditempeli stiker visa waiver bisa diambil keesokan harinya (selama hari kerja).
  5. Keuntungan dari visa waiver: bebas biaya visa, berlaku selama 3 tahun atau selama masa aktif e-paspor yang kurang dari 3 tahun, dan bisa berkunjung ke Jepang berkali-kali selama 3 tahun tersebut dengan maksimal satu kali kunjungan 15 hari.

Itulah cara mengajukan permohonan visa sementara wisata dan pembuatan visa waiver untuk pemegang e-paspor. Bagi Anda yang mengikuti paket wisata ke Jepang, informasi pengajuan permohonan visa ini juga penting untuk diketahui. Jadi, semua syarat pengajuan visa bisa Anda persiapkan sebelum diurus oleh pihak agen travel. Akan tetapi ada sedikit tambahan biaya yang harus dipersiapakan pemohon saat mengajukan visa di JVAC yaitu biaya proses aplikasi sebesar 155.000 rupiah (harga sewaktu-waktu bisa berubah) untuk aplikasi visa dan 115.000 rupiah (harga sewaktu-waktu bisa berubah) untuk pra-pendaftaran bebas visa para pemgenag e-paspor.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *