Inilah Cara Membuat Visa Jepang

Inilah Cara Membuat Visa Jepang

Inilah Cara Membuat Visa Jepang

paspor biasa Republik Indonesia
paspor biasa Republik Indonesia

Berlibur ke luar negeri khususnya Jepang memang harus siap melakukan proses pembuatan visa. Para pemegang paspor biasa tetap harus mengajukan permohonan visa jika ingin berwisata ke Jepang. Berbeda dengan pemegang e-paspor yang hanya perlu mengajukan permohonan visa waiver tanpa harus repot mengurus visa. Meskipun Anda mengikuti paket wisata ke Jepang dengan pengurusan visa oleh pihak agen wisata, berikut inilah cara membuat visa Jepang.

  1. Memiliki paspor yang masih berlaku. Pastikan paspor Anda minimal masih aktif 1 tahun lagi. Jika paspor Anda akan segera habis masa berlakunya sekitar 6 bulan lagi, segera lakukan perpanjangan.
  2. Mencari tahu informasi pengajuan visa di website Kedutaan Besar Jepang. Meskipun Anda mengikuti paket wisata ke Jepang dan permohonan visa diurus agen wisata, Anda tetap harus mengetahuiapa saja yang harus disiapkan untuk membuat visa.
  3. Permohonan visa sementara salah satunya untuk wisata sekarang dilakukan di JVAC atau Japan Visa Application Center yang terletak di Lotte Shopping Avenue. Pemindahan lokasi pengajuan visa ini mulai berlaku tanggal 15 September 2017.
  4. Membawa semua persayaratan lengkap dan disusun sesuai urutannya. Mulai dari paspor, formulir permohonan dan pasfoto, fotokopi KTP, fotokopi kartu mahasiswa atau surat keterangan belajar (bagi mahasiswa), bukti pemesan tiket pulang pergi, jadwal perjalanan dari masuk sampai keluar Jepang, fotokopi dokumen pembuktian hubungan keluarga seperti kartu keluarga dan akta kelahiran (jika pemohon lebih dari satu), dan fotokopi bukti keuangan 3 bulan terakhir.
  5. Menyiapkan uang untuk proses permohonan sebesar 155.000 rupiah (harga sewaktu-waktu bisa berubah). Sedangkan proses permohonan untuk visa waiver e-paspor seharga 115.000 rupiah (harga sewaktu-waktu bisa berubah).
  6. Mengunjungi JVAC di hari kerja Senin-Jumat pada pukul 08.30-12.00. Ajukan permohonan visa Anda, Anda akan menerima kertas atau tanda pengambilan visa sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.
  7. Pengambilan dilakukan di JVAC sesuai jadwal setiap senin-jumat pada jam 13.30-15.00.
  8. Pembayaran visa dilakukan pada saat pengambilan. Biaya yang dikeluarkan sebesar 370.000 rupiah (harga sewaktu-waktu bisa berubah) untuk visa single entry untuk keperluan wisata.
contoh visa jepang
contoh visa jepang

Itulah cara untuk membuat visa Jepang bagi pemegang paspor biasa. Jadi, ketika Anda mengikuti paket wisata ke Jepang, semua syarat yang dibutuhkan untuk visa bisa dengan mudah Anda serahkan kepada agen wisata. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *