Cara Membuat Visa Jepang

Cara Membuat Visa Jepang

Cara Membuat Visa Jepang

cara pengurusan visa jepang
contoh visa jepang

Visa merupakan salah satu syarat atau rekomendasi untuk warga negara asing yang ingin masuk ke Jepang. Akan tetapi, sebenarnya keputusan apakah seseorang bisa masuk ke Jepang atau tidak berada di tangan imigrasi Jepang. Saat mengikuti paket wisata ke Jepang, Anda tetap harus mengurus visa baik itu visa biasa atau visa waiver (bebas visa untuk pemegang E-paspor).

Pembuatan beberapa jenis visa termasuk visa untuk wisata saat ini tidak lagi dilakukan di Kedutaan Besar Jepang. Mulai 15 September 2017, pengajuan visa sementara, visa masuk berkali-kali, visa transit, visa khusus, dan visa single entry untuk tujuan group tour oleh agen travel yang ditunjuk kedutaan dilakukan di Japan Visa Application Center (JVAC) yang terletak di Lotte Shopping Avenue lantai 4, samping Studio XXI.

Untuk cara pengajuan visanya sendiri (untuk paspor biasa) bisa dilihat dari uraian di bawah ini.

  1. Mengunjungi JVAC di hari kerja Senin-Jumat pukul 08.30 sampai 12.00 dengan membawa semua persyaratan pengajuan visa. Jika Anda mengikuti paket wisata ke Jepang, pengajuan visa bisa diwakilkan oleh pihak agen travel.
  2. Syarat pengajuan visa wisata dengan biaya sendiri di antaranya sebagai berikut (harus disusun sesuai urutan):
  • paspor;
  • formulir permohonan visa dan pas foto terbaru (4,5×4,5 cm tanpa latar);
  • fotokopi KTP;
  • fotokopi kartu mahasiswa atau surat keterangan belajar (bila masih mahasiswa);
  • bukti pemesanan tiket pulang pergi;
  • jadwal perjalanan dari masuk sampai keluar Jepang;
  • fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon (kartu keluarga atau akta lahir), bila pemohon lebih dari satu; dan
  • fotokopi bukti keuangan 3 bulan terakhir;
  1. Anda akan menerima kertas untuk pengambilan visa denga jadwal yang sudah ditentukan.
  2. Pembayaran visa untuk single entry adalah 370.000 rupiah (harga sewaktu-waktu bisa berubah) dan dibayar pada saat pengambilan visa.
  3. Umumnya pembuatan visa tidak lama, hanya sekitar 3 hari. Akan tetapi, bila ternyata terdapat hal yang dipertanyakan oleh pihak kedutaan, Anda akan menerima telepon untuk kembali melengkapi berkas atau data yang kurang akurat.

Itulah cara membuat visa Jepang untuk perjalanan dengan biaya sendiri. Untuk Anda yang mengikuti paket wisata ke Jepang dengan agen travel yang sudah ditunjuk kedutaan, syarat pengajuan visa mendapatkan keringanan tertentu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: