Visa ke Jepang dan Apa Saja yang harus Disiapkan?

Visa ke Jepang dan Apa Saja yang harus Disiapkan?

Visa ke Jepang dan Apa Saja yang harus Disiapkan?

paspor biasa Republik Indonesia
paspor biasa Republik Indonesia

Jika Anda berencana wisata ke Jepang, maka Anda harus bersiap untuk membuat pengajuan visa. Terkecuali jika Anda adalah pemilik e-paspor. Anda hanya perlu mendaftar untuk mendapatkan stiker visa waiver dari kedutaan. Jika Anda pemilik paspor biasa, Anda harus mengurus pengajuan visa baik oleh sendiri atau oleh agen travel. Sebelum mulai mengurus pengajuan visa, Anda sebaiknya mengetahui dahulu visa ke Jepang dan apa saja yang harus disiapkan? Simak uraian berikut.

1.Memiliki paspor

Syarat utama untuk Anda bepergian ke luar negeri seperti wisata ke Jepang adalah memiliki paspor. Anda bisa membuat paspor di kantor imigrasi wilayah mana saja. Pembuatan paspor biasanya tidak lama, hanya sekitar satu minggu saja.

E-paspor Republik Indonesia
E-paspor Republik Indonesia

2.Mengunduh formulir aplikasi permohonan visa yang diisi dengan lengkap

serta mengunduh jadwal perjalanan yang harus Anda isi mulai dari masuk ke Jepang, apa saja yang dilakuka di sana, tempat menginap, dan kapan keluar Jepang.

3.Membuat pasfoto dengan ukuran 4,5 x 4,5cm tanpa latar. Foto tidak boleh diedit sedikit pun

4.Menyiapkan fotokopi KTP dan fotokopi kartu mahasiswa atau surat tanda belajar jika Anda masih berstatus mahasiswa

5.Jika Anda juga sekaligus menjadi wakil untuk pengajuan visa salah satu anggota keluarga, Anda harus membawa tanda bukti kekerabatan atau keluarga seperti akta kelahiran atau kartu keluarga.

6.Menyiapkan keterangan keuangan 3 bulan terakhir, bisa berupa rekening koran.

7.Urutan persyaratan yang harus dibawa bisa dilihat di website kedutaan atau website JVAC karena semua persyaratan tersebut harus disusun berdasarkan urutannya.

8.Ajukan visa di JVAC (Japan Visa Application Center) yang terletak di Lotte Shopping Avenue di daerah Kuningan, Jakarta.

Siapkan biaya proses pengurusan visa sebesar 1,2 juta rupiah. Sedangkan untuk biaya visanya sebesar 370.000 rupiah (harga sewaktu-waktu bisa berubah) yang dibayarkan pada saat pengambilan visa.

Itulah beberapa syarat yang harus disiapkan saat Anda akan mengurus pengajuan visa Jepang. Setelah Anda mendapatkan visa, Anda bisa melakukan perjalanan wisata ke Jepang dengan tenang. Selamat berwisata!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *