Masjid Biru Turki Indah Dipandang Nyaman Disinggahi

Masjid Biru Turki Indah Dipandang Nyaman Disinggahi

Masjid Biru Turki Indah Dipandang Nyaman Disinggahi

masjid biru Turki
masjid biru Turki

Banyak tempat menarik yang akan kita kunjungi dalam paket umroh plus Turki. Salah satu yang menjadi favorit para wisatawan ialah Masjid Biru Turki indah dipandang nyaman disinggahi. Bangunan yang memiliki nama asli Masjid Sultan Ahmet (Sultanahmet Camii) ini dibangun antara tahun 1609 sampai 1616 Masehi atas perintah Sultan Ahmed I. Kemudian dikenal dengan sebutan Blue Mosque sebab dahulu bagian interiornya didominasi oleh warna biru.

Blue Mosque merupakan destinasi yang wajib disinggahi kala Anda pergi ke Istanbul. Siapapun akan dibuat takjub oleh kubahnya yang berukuran besar. Total diamater kubah ialah 23,5 meter dengan tinggi mencapai 43 meter. Kubah tersebut dikeliling oleh enam menara yang menjulang kokoh. Diameternya saja hingga 5 meter. Hal ini tak mengherankan, sebab Masjid Biru yang indah dipandang dan nyaman disinggahi ini memang dibangun untuk menyaingi Hagia Sophia.

Keindahannya kian bertambah karena masjid ini dihias oleh keramik-keramik Iznik berwarna biru untuk menutupi dinding dan kubahnya. Warna yang membawa keteduhan hanya dengan melihatnya saja. Lebih dari 200 jendela kaca patri memancarkan cahaya matahari dari luar. Membuat ornamen bunga dan tanaman bersulur di dalam masjid berpendar indah.

bagian dalam masjid biru turki
bagian dalam masjid biru turki

Dekorasi kaligrafinya pun tak kalah memanjakan mata, sebab dibuat oleh Seyyid Kasim Gubari, seorang kaligrafer terbaik di masa Ottoman. Bahkan mihrabnya pun terbuat dari marmer yang dipahat dengan hiasan stalaktit dan panel double incritive di atasnya. Uniknya lagi, interior masjid ini didesain agar semua jamaah dapat melihat dan mendengar suara imam meski dalam keadaan penuh sekalipun.

Setidaknya 10 ribu jamaah dapat ditampun oleh Masjid Biru. Jangan lupa untuk berpakaian sopan saat memasuki ruangan masjid. Kemudian shalat sunnah untuk menghormatinya. Masjid Biru Turki yang indah dipandang dan nyaman disinggahi ini juga dekat dengan lokasi wisata lainnya. Dalam satu hari perjalanan, Anda dapat mengunjungi banyak tempat sebelum akhirnya terbang ke tanah suci untuk menunaikan umroh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *