Cara Mengisi Customs Declaration Jepang

Cara Mengisi Customs Declaration Jepang

Cara Mengisi Customs Declaration Jepang

Saat hendak berkunjung ke suatu negara, termasuk Jepang, Anda pasti akan diminta untuk mengisi sebuah dokumen yang disebut Customs Declaration (CD). Customs Declaration merupakan dokumen pabean yang digunakan oleh pihak imgrasi untuk memonitor barang apa saha yang Anda bawa ketika memasuki Jepang. Dokumen ini biasanya akan diberikan oleh pramugari pesawat.

Cara mengisi Customs Declaration Jepang cukup mudah. Satu lembar Customs Declaration berisi sejumlah pertanyaan yang mesti dijawab pada kolom isian, sebagian mesti diberi jawaban “yes” atau “no”. Pertanyaan-pertanyaan tersebut yaitu Nama Lengkap, Tangal Lahir, Jabatan/Pekerjaan, Kebangsaan, Nomor Paspor, Alamat di Indonesia, Nomor Pesawat, Tanggal Kedatangan, Nomor Jumlah Anggota Keluarga yang Terbang Bersama Anda, serta Jumlah Bagasi dalam satuan kilogram.

Sisanya, dijawab dengan memberi tanda ceklis pada kolom “yes” atau “no” pada poin jenis barang yang Anda bawa selama tour ke Jepang. Adapun jenis-jenis barang bawaan yang sangat ketat pengontrolannya, antara lain binatang, tanaman, narkotika, obat terlarang, senjata api, benda tajam, material pornografi, bahan peledak, uang dalam mata uang asing senilai 100 juta rupiah atau lebih, rokok lebih dari 200 batang, minuman alkohol lebih dari satu liter, barang komersial, serta barang-barang yang dibeli di luar negeri dan akan digunakan di Indonesia senilai lebih dari 50 dolar US per orang untuk penumpang.

Apabila Anda berangkat bersama keluarga, cukup satu orang saja yang mengisi. Jangan lupa untuk menuliskan tanda tangan disertai keterangan tanggal, bulan, dan tahun pengisian formulis Customs Declaration. Sesuai petunjuk yang ada di kertas tersebut, jika Anda membawa barang yang termasuk dilarang, silakan mendatangi Jalur Merah untuk memberikan klarifikasi kepada petugas pabean Jepang. Sebaliknya, jika Anda tidak membawa satu pun jenis barang yang dilarang, silakan mengikuti Jalur Hijau.

Nah, jadi sebelum berangkat tour ke Jepang, perhatikan baik-baik perlengkapan yang Anda bawa, ya. Imigrasi Jepang dikenal sangat ketat dan hati-hati, loh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *