Inilah yang Bisa Anda Lakukan di Shirakawago

Inilah yang Bisa Anda Lakukan di Shirakawago

Inilah yang Bisa Anda Lakukan di Shirakawago

Tour ke Jepang, apalagi pada musim dingin, kurang lengkap rasanya kalau belum bertandang ke Shirakawago. Shirakawago atau Desa Shirakawa merupakan sebuah perkampungan cantik, hasil perpaduan antara keindahan alam dan keunikan rumah penduduknya. Hal ini tidak mengherankan, sebab Shirakawago memang terletak tepat di lembah sungai Shokawa, Prefektur Gifu, Pulau Honshu. Kesan alami yang begitu kental pasti membuat Anda ingin berlama-lama di sana.

desa shirakawa
desa shirakawa

Ketika musim dingin tiba, daerah ini akan sering diguyur hujan salju. Di satu sisi, udaranya akan terasa dingin sekali, jadi siap-siap jaket atau pakaian tebal saat berkunjung, ya. Namun di sisi lain, tumpukan salju yang menutupi rumah-rumah penduduk menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

Yang tak kalah menarik tentu saja bentuk-bentuk rumah tradisionalnya nan unik. Rumah-rumah penduduk di sana berukuran kecil dan sebagian besars masih menggunakan kayu yang diproduksi langsung di Shirakawago. Model rumah tersebut memiliki ciri atap yang miring, melambangkan tangan yang sedang berdoa. Oleh karena itu, model rumah penduduk Shirakawago juga biasa disebut gassho-zukuri atau “konstruksi tangan berdoa”. Selain unik, bentuk konstruksi tersebut memungkinkan rumah bertahan dari salju yang selalu mengguyur setiap tahunnya.

shirakawa winter
shirakawa winter

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di desa yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO sejak 1995 ini. Pertama, pastinya berkeliling desa, sedikit jalan santai di sini dijamin mampu merelaksasikan pikiran yang penat oleh tumpukan pekerjaan. Jangan lewatkan juga hunting foto-foto terbaik. Setidaknya terdapat sejumlah spot ciamik yang bisa Anda pilih, misalnya sungai Shokawa, jembatan yang membelah sungai, atau gerbang masuk menuju Shirakawago.

shirakawago panorama
shirakawago panorama

Tidak hanya itu, Shirakawago juga menyimpan museum yang berisi penjelasan mengenai model rumah gassho-zukuri. Sambil menjelajahi isi museum, Anda juga bisa sekalian belanja oleh-oleh di souvenir shop yang tersedia.

Namun, perlu diingat, desa ini masih berpenghuni. Jadi perhatikanlah baik-baik etika saat berkunjung ke Shirakawago seperti tidak sembarang memetik tanaman atau bunga, menghargai privasi pemilik rumah, tidak berkunjung terlalu pagi atau terlalu malam, serta menjaga ketenangan dan ketertiban sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *