Manfaat Kurma Ajwa untuk Manusia

Manfaat Kurma Ajwa untuk Manusia

Manfaat Kurma Ajwa untuk Manusia

Siapa yang tak mengenal kurma ajwa? Dari sekian jenis kurma, kurma ajwa merupakan salah satu yang paling difavoritkan, apalagi ketika bulan Ramadhan tiba. Selain memiliki rasa dan warna yang khas, kurma ajwa juga menyimpan beberapa khasiat yang luar biasa. Berikut ini sejumlah manfaat kurma ajwa untuk manusia.

Buah yang dikenal dengan sebutan Kurma Nabi ini ternyata mengandung banyak sekali vitamin dan zat bergizi lainnya. Vitamin-vitamin tersebut, antara lain vitamin B1, B6, B12, C, E, K, dan vitamin A. Tak hanya itu, kurma ajwa juga mengandung gula, lemak jenuh, karbohidrat, kalsium, fosfor, serat, protein, magnesium, sodium, seng, zat besi, serta kalium.

Dengan berbagai nutrisi di atas, tidak mengherankan apabila kurma ajwa mampu menghambat penuaan dini, menambah enerji, bahkan bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena kandungan kolesterol dalam kurma ajwa berada di level rendah. Kandungan magnesium di dalamnya juga dipercaya mampu mencegah penyakit maag. Selain itu, zat besi dan kalsiumnya dapat menjaga kesehatan tulang kita. Termasuk mencegah terjadinya osteoporosis atau kepadatan tulang.

Manfaat lainnya, kurma ajwa mampu membantu mengatasi masalah pencernaan dalam tubuh. Sebab kandungan potassiumnya berguna untuk melancarkan sistem percernaan, menguatkan sistem otot, hingga mengatasi stres. Hebatnya lagi, kurma ajwa tidak memiliki efek samping sama sekali. Aman dikonsumsi oleh ibu menyusui yang ingin bisa memproduksi banyak ASI serta aman bagi anak-anak untuk membantu perkembangan otaknya.

Rasulullah sendiri dalam hadisnya telah memberikan petunjuk bahwa mengonsumsi kurma ajwa dapat menyelamatkan kita dari gangguan sihir. Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, dari Sa’ad bin Abi Waqqash, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa pun yang mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *