Tata Cara Umroh dari A Sampai Z

Tata Cara Umroh dari A Sampai Z

Tata Cara Umroh dari A Sampai Z

Tata Cara Umroh dari A Sampai Z
Tata Cara Umroh dari A Sampai Z

Mau berangkat umroh nih, tapi bagaimana ya tata caranya? Secara umum, sebenarnya manasik umroh itu mudah. Hanya dimulai dari Tawaf, dilanjutkan Sai, kemudian diakhiri dengan Tahallul. Sebab itu, sebenarnya menunaikan ibadah umroh tidak memakan waktu lama. Perjalanan jadi lebih lama karena biasanya travel umroh menambahkan program citytours. Untuk memudahkan Anda, berikut ini tata cara umroh dari A sampai Z

  1. Persiapan Sebelum Berangkat Umroh

Ada beberapa sunnah yang hendaknya dikerjakan sebelum Anda berangkat dari penginapan menuju Masjidil Haram, yakni: mandi sunnah dengan niat untuk berihram, wudhu, mengenakan kain ihram, shalat sunnah ihram dua rakaat di tempat miqat, niat berumroh, kemudian membaca kalimat talbiyah sampai di Masjidil Haram. Niat umroh boleh dilafalkan dan boleh di dalam hati saja. Adapun bacaan talbiyah yang mesti dilafalkan yakni: Labbaik allahumma labbaik, labbaik la syarikalak labbaik, innal hamda wan ni’mata laka wal mulka la syarikalak.

Tata Cara Umroh dari A Sampai Z
Tata Cara Umroh dari A Sampai Z
  1. Tata Cara Umroh dari A sampai Z
  2. Saat memasuki Masjidil Haram, dahulukanlah kaki kanan dan panjatkan doa masuk masjid.
  3. Memulai Tawaf dari sudut Hajar Aswad dan kembali ke Hajar Aswad, kemudian mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh putaran.
  4. Meski bukan bagian dari rukun umroh, Anda dapat berdoa di Multazam (tempat dikabulkannya doa) sehabis menyelesaikan Tawaf. Lalu dilanjutkan dengan shalat sunnah dua rakaat di Maqam Ibrahim. Selanjutnya, sedikit beristirahat sembari meminum air zam-zam.
  5. Pergi ke bukit Shafa untuk memulai Sai menuju bukit Marwah. Lakukan bolak-balik sebanyak tujuh kali.
  6. Tahallul atau mencukur rambut sebagai tanda selesainya prosesi umroh Anda sekeluarga. Bagi jamaah laki-laki, lebih utama dicukur sampai gundul. Sedangkan bagi jamaah perempuan, cukup dicukur sebagian kecil saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *