Bagaimana Cara Pengajuan Visa Jepang?

Bagaimana Cara Pengajuan Visa Jepang?

Bagaimana Cara Pengajuan Visa Jepang?

Bagaimana Cara Pengajuan Visa Jepang?
Bagaimana Cara Pengajuan Visa Jepang?

Salah satu yang perlu dicatat dalam menganggarkan biaya wisata ke Jepang adalah visa. Visa merupakan surat rekomendasi yang diajukan oleh seseorang untuk bisa masuk ke negara lain. Jadi, visa Jepang berarti pengajuan untuk bisa masuk ke Jepang dari warga negara lain. Meskipun diajukan, tetapi keputusan bahwa seseorang diperbolehkan atau tidak memasuki Jepang hanya diberikan oleh pihak imigrasi Jepang.
Kedutaan Besar Jepang memiliki kebijakan untuk menerima pengajuan visa dengan 4 jenis antara lain registrasi bebas visa (visa waiver) e – paspor yang dapat pula dilakukan di JVAC, Visa Diplomatik dan Visa Dinas, Transfer Visa yang berasal dari paspor lama ke paspor baru, serta penerbitan visa yang ada hubungannya dengan suatu tindakan kemanusiaan maupun darurat.
Semantara itu, ada juga jenis-jenis visa jika dikategorikan dari tujuan atau keperluannya. Biaya wisata ke Jepang juga harus meng-include-kan biaya visa ini agar tidak sampai terjadi masalah. Jenis-jenis visa tersebut antara lain visa kunjungan sementara yang berkaitan dengan tujuan kunjungan keluarga jika keluarganya bukan warga negara Jepang, dan visa kunjungan sementara yang berkaitan dengan tujuan kunjungan keluarga jika keluarganya warga negara Jepang.


Ada lagi jenis visa kunjungan sementara dengan tujuan mengunjungi teman, visa kunjungan sementara untuk kunjungan wisata dengan biaya sendiri atau swadaya, serta visa kunjungan sementara atau wisata yang dilakukan berkali-kali. Biasanya visa tersebut dimanfaatkan pekerja tour and travel. Untuk pebisnis, pelajar dan transit juga ada visa jenis khusus.
Cara pengajuan visa Jepang bisa dilakukan dengan melengkapi persyaratan administratif berupa dokumen-dokumen serta melakukan pembayaran. Harga pembayaran Visa Single Entry adalah Rp 330.000,00 sampai Rp 370.000,00. Untuk Visa Multiple Entry, traveler harus mengeluarkan biaya antara Rp 660.000,00 sampai Rp 740.000,00. Sedangkan Visa Transit harganya paling terjangkau yaitu Rp 80.000,00 hingga Rp 90.000,00.
Dengan demikian, selain menabung untuk segala biaya wisata ke Jepang yang sudah diatur oleh travel agent atau pribadi jika tanpa jasa mereka maka biaya pengurusan visa juga harus dipertimbangkan. Jangan sampai semuanya beres tetapi justru visa yang paling penting terlewatkan.

Add Friend

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *