Review Itinerary Umroh Plus Aqsa: Church of Holy Sepulchre, Masjid Umar bin Khattab, dan Umar bin Khattab Square

Review Itinerary Umroh Plus Aqsa: Church of Holy Sepulchre, Masjid Umar bin Khattab, dan Umar bin Khattab Square

Review Itinerary Umroh Plus Aqsa : Church of Holy Sepulchre, Masjid Umar bin Khattab, dan Umar bin Khattab Square

Di Jerusalem, terdapat sebuah bangunan suci milik umat Kristen yang menjadi destinasi wisata kita di dalam paket umroh plus Aqsa nanti. Ialah Church of Holy Sepulchre atau Gereja Makam Kudus. Hal ini tentu tidak mengherankan, mengingat Jerusalem memang merupakan lokasi diturunkannya tiga agama samawi. Ketika Islam menguasai Palestina, tidak ada satu pun bangunan atau tempat ibadah umat Kristen dan Yahudi yang dihancurkan.

Church of Holy Sepulchre pertama kali dibangun pada abad keempat oleh Raja Konstantin. Pembangunannya merupakan bagian dari rencana umat Kristen untuk mengusir orang-orang Yahudi dari Jerusalem. Mereka mendirikan tempat-tempat yang berhubungan dengan Isa Al-Masih, dan gereja ini adalah yang termegah dibandingkan bangunan lainnya.

Umat Kristen sangat mengagungkan dan menyucikan situs ini. Karena mereka percaya di sinilah lokasi Yesus disalib. Sejak selesai dibangun, orang-orang Kristen berbondong-bondong berziarah ke Church of Seculphre sebagai tempat wafat dan kebangkitan Yesus.

Tepat di samping Church of Holy Seculphre, terdapat sebuah masjid yang cukup terkenal pula. Masjid yang dibangun pada abad ke-12 ini diberi nama Masjid Umar bin Khattab atau disingkat Masjid Umar. Dinamakan demikian untuk mengenang pengambilalihan kepemimpinan Jerusalem pada masa Khalifah Umar bin Khattab.

Umat Islam pertama kali merebut Jerusalem pada tahun 638 Masehi. Setelah pengepungan berhari-hari, umat Kristen menyerah. Sophronius, Patriark Church of Holy Sepulchre, kemudian menyerahkan kunci Jerusalem langsung kepada Umar bin Khattab. Uniknya, sebagai bukti toleransi Islam, tidak ada sedikit pun pertumpahan darah saat kota ini ditaklukkan. Umar bin Khattab memasuki Jerusalem dengan berjalan santai. Siapa pun yang ingin meninggalkan kota ini, dipersilakan pergi dan bawa seluruh harta bendanya. Sedangkan yang ingin tinggal, tetap dijamin keselamatan nyawa, harta, maupun tempat ibadah mereka.

Ketika memasuki Church of Sepulchre, Sophronius menawarkan Umar untuk shalat di dalamnya. Namun beliau menolak, sebab khawatir nanti gereja tersebut akan dibuah menjadi masjid oleh umat Islam. Lantas beliau keluar, lalu shalat di luar. Tepatnya pada sebelah timur gereja.

Hanya saja, sebenarnya Masjid Umar bin Khattab tidak terletak persis di tempat Umar shalat tersebut. Masjid yang dibangun oleh Sultan Al-Afdal ini berada di sebelah selatan gereja. Di atas tempat Umar shalat itu sekarang menjadi Masjid Al-Qibli, masjid yang termasuk dalam kompleks Masjid Al-Aqsa bagian selatan.

Selain berkunjung ke kedua situs bersejarah tersebut, kita juga dapat berkeliling di sekitarnya. Lokasi ini dikenal dengan nama Umar bin Khattab Square karena lokasinya yang berdekatan dengan Masjid Umar bin Khattab.

Anda bisa berjalan santai menikmati panorama khas kota tua Jerusalem. Berfoto ria dengan keluarga dan anak-anak. Bahkan jika beruntung, Anda berkesempatan menyaksikan indahnya dekorasi lampu-lampu berbentuk bunga yang berjejer di sepanjang Umar bin Khattab Square. Cahayanya yang terang dan berwarna-warni semakin menyemarakkan suasana malam di Jerusalem. Tapi pemandangan ini hanya bisa Anda saksikan jika Anda mengambil paket umroh plus Aqsa bertepatan dengan diadakannya Festival of Lights Israel.

Begitulah kira-kira review itinerary umroh plus Aqsa mengenai Church of Holy Spulchre (Gereja Makam Kudus), Masjid Umar bin Khattab, dan Umar bin Khattab Square. Ini baru beberapa lokasi di sekitar Masjid Al-Aqsa. Kita belum masuk ke Baitul Maqdis serta menjelajahi destinasi wisata menarik lainnya di Jordania. Meski begitu, sudah terasa sekali keseruannya.

Paket umroh plus Aqsa benar-benar merupakan pilihan tepat bagi Anda yang mendambakan perjalanan umroh yang mabrur, menyenangkan, serta mampu memperluas wawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *