Ngantri Haji Terlalu Lama? Umroh Jadi Solusinya!

Ngantri Haji Terlalu Lama? Umroh Jadi Solusinya!

Ngantri Haji Terlalu Lama? Umroh Jadi Solusinya!

 

Sebagai salah satu rukun Islam, hampir seluruh muslim di dunia pasti mendambakan dapat pergi beribadah haji. Memenuhi panggilan-Nya yang hanya ditujukan bagi hamba-hamba-Nya yang beriman. Tidak semua orang dipanggil oleh-Nya, apalagi mampu menjawab panggilan tersebut.

Sayangnya, antusiasme yang besar ini sedikit terhambat karena adanya batasan kuota jamaah. Termasuk di Indonesia. Alhasil, untuk berangkat haji, seseorang bisa menunggu hingga 20 tahun sejak waktu pendaftaran.

Ngantri haji terlalu lama? Umroh jadi solusinya. Umroh merupakan mekanisme ibadah lain yang memberi kesempatan kepada Anda untuk bisa mengunjungi tanah suci. Bertamu ke rumah Allah dan memperbanyak ibadah di hadapan-Nya. Ada beberapa alasan utama mengapa umroh menjadi solusi bagi Anda yang terlalu lama mengantre haji.

1. Waktu Berangkat Lebih Cepat

Salah satu keunggulan umroh adalah jadwal keberangkatannya yang cepat. Biasanya hanya memakan waktu tiga sampai empat sejak pendaftaran. Anda pun tak perlu menunggu lama. Rentang waktu dipakai untuk proses pembuatan visa umroh yang diurus oleh travel umroh Bandung dan kota-kota lain.

2. Bisa Umroh Kapan Saja

Berbeda dengan haji yang hanya dikerjakan di bulan Dzulhijjah, umroh dapat ditunaikan kapan pun. Asalkan pembayaran telah lunas dan perlengkapan sudah siap, Anda pun dapat langsung berangkat ke tanah suci.

Tapi kalau mau lebih spesial, cobalah berumroh di bulan Ramadhan. Sesuai hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, umroh di bulan suci tersebut senilai dengan pahala haji. Jadi, Anda berkesempatan memperoleh pahala haji sebelum benar-benar pergi haji.

Ketika akhir tahun atau liburan sekolah pun tak kalah menarik. Saat itu, Anda bisa mengikut-sertakan anak-anak berumroh. Ciptakan liburan yang bermanfaat dan berpahalan bagi buah hati Anda tersayang.

3. Biaya Lebih Murah

Alasan lain umroh menjadi solusi ialah biayanya yang lebih murah. Untuk paket reguler, biaya umroh Bandung dan kota-kota lain hanya setengah dari biaya haji. Dengan demikian, setengah biaya haji itu bisa Anda manfaatkan untuk biaya lainnya. Termasuk mengajak salah satu anggota keluarga atau kerabat terdekat.

Umroh bersama keluarga biasanya lebih menyenangkan. Keakraban semakin erat dan harmoni dalam keluarga pun tetap terjaga. Sebuah kesempatan berharga yang mungkin tidak bisa datang dua kali.

4. Lebih Leluasa

Sejatinya, ibadah umroh itu hanya memakan waktu sebentar. Rukun umroh tidak sebanyak rukun haji. Cukup mengenakan ihram, Tawaf, Sai, lalu terakhir Tahallul. Tapi terkadang, travel umroh Bandung serta kota-kota lain menawarkan paket umroh yang unik bagi jamaah. Berbanding terbalik dengan haji yang segera pulang ke tanah air, usai seluruh manasiknya dikerjakan.

Dalam paket umroh, biasanya jamaah akan disuguhkan fasilitas lain berupa citytours di sekitar kota Makkah dan Madinah. Jamaah akan diajak berkeliling menjelajahi beragam objek wisata menarik. Tempat-tempat itu bahkan menyisakan kisah sejarah yang panjang.

Di sekitar Makkah, misalnya, kita akan berkunjung ke Padang Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Ketiga lokasi ini adalah destinasi wajib ketika Anda berhaji. Namun dengan umroh, Anda tetap bisa mendatangi lokasi-lokasi itu. Tak lupa pula bertamu ke Gua Hira di Puncak Jabal Nur. Gue berukuran kecil yang menjadi tempat Rasulullah menerima wahyu pertama kali.

Sedangkan di Madinah, pastinya kita akan singgah di Masjid Nabawi. Masjid termulia kedua setelah Masjidil Haram. Anda berkesempatan beribadah dan memperbanyak doa di sana. Selain itu, jamaah juga bisa sekalian berziarah ke makam Rasululllah, makam Abu Bakar, dan makam Umar bin Khattab.

Tempat lain di Madinah yang spesial pula, antara lain: pemakaman Baqi, Jabal Uhud, Masjid Quba, Masjid Qiblatain, dan masih banyak lagi.

Ngantri haji terlalu lama? Umroh jadi solusinya! Banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dan berbagai keunggulan yang dapat Anda peroleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *