Ini Dia 5 Alasan Kenapa Harus Umroh Bersama Keluarga

Ini Dia 5 Alasan Kenapa Harus Umroh Bersama Keluarga

Ini Dia 5 Alasan Kenapa Harus Umroh Bersama Keluarga

Selain berhaji, hampir seluruh umat muslim di dunia pasti menginginkan dapat pergi beribadah umroh. Berangkat ke tanah suci lalu mengunjungi rumah Allah merupakan sesuatu yang luar biasa. Pengalaman sangat berharga yang tak mampu diucapkan dengan kata-kata. Apalagi umroh bisa Anda kerjakan di bulan apa pun.

Tapi berangkat umroh sendirian pun rasanya ada yang kurang. Bagaimana kalau Anda umroh bersama keluarga. Anda bisa memilih waktu ketika liburan sekolah tiba atau umroh di bulan Desember, tepat pada momen pergantian tahun. Wah, pasti seru, ya?

Kalau nggak percaya, setidaknya ini dia 5 alasan kenapa harus umroh bersama keluarga!

1. Menambah Pengetahuan Agama

Manfaat pertama yang bisa Anda sekeluarga rasakan saat umroh adalah bertambahnya wawasan agama. Pengetahuan ini bukan lagi teori semata, tetapi Anda sekeluarga mempraktikkanya langsung. Dan tentu saja, pengetahuan yang dipraktikkan insya Allah lebih meresap ke dalam hati dibandingkan teori saja.

Anda dan keluarga perlahan mulai memahami manasik umroh. Mulai dari mengenakan kain ihram sejak di miqat, Tawaf mengelilingi Ka’bah, Sai dari Shafa ke Marwah bolak-balik sebanyak tujuh kali, serta Tahallul (mencukur rambut). Termasuk juga larangan-larangan selama berihram dan hikmah di balik prosesi umroh tersebut.

2. Memperdalam Sejarah Islam

Tak hanya manasik umroh, pengetahuan lain yang bisa Anda sekeluarga peroleh ialah mengenai sejarah Islam. Terutama yang berkaitan dengan umroh itu sendiri dan kejadian-kejadian penting dalam berbagai episode dakwah Rasulullah.

Misalnya, mengenai sejarah disyariatkannya Sai yang berkaitan erat dengan kisah Ibunda Hajar dan Nabi Ismail. Belum lagi mengenai pembangunan Ka’bah, munculnya air zamzam, serta kisah bayi Rasulullah yang digendong mengitari Ka’bah oleh kakeknya.

Masih banyak kisah lagi yang bisa Anda sekeluarga dapatkan. Dengan semakin memperdalam sejarah-sejarah tersebut, tentu kita berharap agar keimanan dan ketakwaan kita pun kian meningkat.

3. Momentum Mendidik Anak

Pengetahuan yang dipelajari ketika umroh bisa Anda manfaatkan pula untuk mendidik anak. Mengajari mereka tentang arti pengorbanan dalam beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Pun bagaimana dahulu Rasulullah dan para shahabat berjuang membela agama-Nya.

Sama seperti Anda, anak-anak juga dapat memperoleh pengetahuan dengan berkunjung langsung ke pusatnya. Kenalkan mereka pada Hajar Aswad, Hijir Ismail, sumur zamzam, serta objek menarik lainnya. Buat mereka berdecak kagum dan ingin berlama-lama di Masjidil Haram.

Saat itulah, Anda dapat menanamkan nilai-nilai keislaman pada anak. Agar semakin menguatkan keimanan dan memperbanyak ibadah kepada Allah di mana pun berada. Bukan hanya ketika berada di Masjidil Haram.

4. Wisata Edukasi

Sejumlah travel umroh Bandung, travel umroh Cimahi, Lembang, dan Soreang, serta travel umroh kota lainnya kerap memasukkan program citytours ke dalam paket umroh mereka. Dengan program ini, Anda sekeluarga tak sekadar umroh, namun juga dapat menjelajahi indahnya kota Makkah dan Madinah.

Jadikan hal ini momentum wisata keluarga yang penuh dengan nilai-nilai edukasi. Bersenang-senang, tapi tetap berisi. Selama di Makkah, Anda bisa menyambangi eloknya Padang Arafah, Muzdalifah, Mina, maupun Gua Hira yang berada di puncak Jabal Nur.

Sementara di Madinah, Anda sekeluarga tentu akan mampir ke Masjid Nabawi. Silakan perbanyak ibadah, zikir, dan doa di sana. Berbarengan dengan itu, Anda berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah, makam Abu Bakar, dan makam Umar bin Khattab. Tak jauh dari Masjid Nabawi, berziarahlah pula ke kuburan sejumlah shahabat di pemakaman Baqi.

Tak ketinggalan, Anda sekeluarga bisa bertamu ke lokasi istimewa lainnya. Sebut saja Masjid Quba, Masjid Qiblatain, komplek Masjid Sab’ah, dan Jabal Uhud. Dijamin paket umroh Bandung ini akan memberikan umroh yang berkesan.

5. Perkuat Iman, Perkuat Hubungan Keluarga

Di antara itu semua, yang paling penting adalah iman Anda dan keluarga semakin kokoh. Karena dengan umroh, kita dipaksa untuk menanggalkan kesombongan. Hanya mengenakan sehelai kain menghadap kepada-Nya, kemudian meresapi bahwa sejatinya kita bukanlah apa-apa bila dibandingkan dengan-Nya.

Iman yang kuat, insya Allah akan melahirkan amal shalih yang kuat pula. Maka kita berharap, keshalihan ini menular ke seluruh anggota keluarga. Melalui keshalihan tersebut, terciptalah hubungan keluarga yang harmonis. Sebab masing-masing anggota keluarga memahami hak dan kewajibannya dengan baik, dalam rangka memenuhi kewajiban kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ini dia 5 alasan kenapa harus umroh bersama keluarga. Bagaimana? Tertarik, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *