Ini Dia Tips untuk Anda Sebelum Melaksanakan Umroh

Ini Dia Tips untuk Anda Sebelum Melaksanakan Umroh

Ini Dia Tips untuk Anda Sebelum Melaksanakan Umroh

Siapa yang tak mau meraih ibadah umroh nan mabrur? Sebagian besar muslim tentu mendambakannya. Tapi hasil yang besar pastinya membutuhkan perjuangan yang besar pula. Termasuk memenuhi segala persiapan yang dibutuhkan sebelum Anda terbang ke tanah suci.

Ini dia tips untuk Anda sebelum melaksanakan umroh. Semoga menjadi bekal untuk mencapai kekhusyuan ibadah Anda.

Tips #1 Persiapkan Mental dan Ruhiyah

Niat yang tulus hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala merupakan hal utama yang mesti Anda siapkan. Umroh bukan ajang untuk pamer kepada tetangga atau kerabat. Setelah meluruskan niat, hendaknya setiap jamaah bertaubat dan banyak-banyak beristighfar.

Biasanya tidak sedikit jamaah umroh yang masih melakukan perbuatan tercela, mengeluarkan kata-kata kasar, dan perilaku buruk lainnya di tanah suci. Mereka seolah tidak sadar sedang berada di rumah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Saat kembali ke tanah air, mereka pun tetap bersikap demikian. Umroh atau tidak umroh, sama saja.

Langkah selanjutnya ialah menghafalkan doa-doa dan zikir yang kelak harus dilafalkan ketika berumroh. Misalnya bacaan talbiyah dan doa-doa selama Tawaf. Apabila jamaah tidak hafal, boleh membawa buku panduan doa praktis. Jamaah bisa memintanya ke pihak travel umroh Bandung, travel umroh Lembang, Cimahi, Soreang, maupun travel umroh kota lainnya.

Sejak masih di tanah air, biasakanlah pula memperbanyak amalan sunnah. Sehingga nanti Anda terbiasa melakukannya ketika di tanah suci. Mudah-mudahan dengan ibadah tersebut, ibadah umroh Anda semakin tambah mabrur.

Tips #2 Jaga Fisik Tetap Bugar

Tawaf mengeliling Ka’bah dan Sai bolak-balik tujuh kali dari Shafa ke Marwah pasti menyita banyak tenaga. Apalagi jika Anda juga mengambil paket umroh Bandung berupa tur keliling kota Makkah dan Madinah.

Sebagai latihan, cobalah merajinkan jogging atau jalan kaki. Perbanyaklah minum air putih dan multivitamin bila perlu. Jangan lupa berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda, termasuk obat-obatan khusus yang harus dibawa umroh nanti. Tak ketinggalan, atur juga pola makan dan istirahat Anda.

Tips #3 Sediakan Dana Cadangan yang Cukup

Selain biaya paket umroh, biasanya ada keperluan umroh lain yang harus dibayar sendiri oleh jamaah selama di tanah suci. Misalnya, dana sedekah kepada cleaning service, dana vaksin meningitis, dana untuk cukur Tahallul, dana cadangan untuk membeli makanan, dana membeli oleh-oleh, dana laundry, dana untuk wakaf Al-Qur’an, dana sedekah untuk pengemis (bila mau), dan sebagainya. Biaya-biaya ini dibayarkan dengan mata uang riyal. Jadi, siapkanlah uang riyal sejak di tanah air. Anda bisa menukarkannya ke money changer atau pihak travel umroh.

Bahkan sebelum berangkat, ada pula dana keperluan lain yang tidak termasuk biaya paket umroh. Di antaranya airport tax, airport handling, perlengkapan umroh (batik seragam, kain ihram, mukena), biaya mahram, pembuatan paspor, dan sebagainya.

Tips #4 Selesaikan Masalah Pribadi

Umroh merupakan jenis ibadah yang memakan masa berhari-hari. Anda akan meninggalkan orang-orang di sekeliling Anda mungkin dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyelesaikan berbagai keperluan pribadi sebelum berangkat umroh. Sehingga ibadah umroh pun bisa lebih nyaman tanpa beban atau hal yang masih dipikirkan.

Pertama, sediakanlah biaya untuk keluarga dan kerabat yang menjadi tanggungan Anda. Saat Anda pergi, bisa jadi pemasukan bagi mereka pun terhenti. Jangan segan pula meminta restu dan doa dari mereka, termasuk dari para tetangga. Dengan doa tersebut, semoga Anda selamat sampai tujuan dan selamat sampai di tanah air. Kedua, jangan lupa untuk melunasi hutang-hutang Anda.

Ini dia tips untuk Anda sebelum melaksanakan umroh. Semoga ibadah umroh Anda mabrur karena Anda menyiapkannya dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *