Inilah Destinasi Tour yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Anda Berada di Makkah

Inilah Destinasi Tour yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Anda Berada di Makkah

Inilah Destinasi Tour yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Anda Berada di Makkah

Makkah memang sangat identik dengan Masjidil Haram dan Ka’bah. Namun apabila Anda mengikuti program citytours selama umroh, niscaya Anda akan menemukan banyak sekali objek wisata menarik. Untuk lebih jelas, inilah destinasi tour yang wajib Anda kunjungi ketika Anda berada di Makkah:

1. Hajar Aswad (Batu Hitam)


Sebelum jauh-jauh berkeliling, di Masjidil Haram tersimpan banyak objek terkenal sekaligus sarat nilai sejarah yang tentu sayang dilewatkan. Salah satu yang paling ternama ialah Hajar Aswad. Saking istimewanya batu ini, jutaan jamaah haji dan umroh akan berebut untuk menciumnya. Sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasululllah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Konon, dulu batu ini berwarna putih. Sampai akhirnya menjadi hitam karena dosa-dosa manusia.

Selain Hajar Aswad, terdapat beberapa objek menarik lain di Masjidil Haram. Ada Maqam Ibrahim (jejak tapakan kaki Nabi Ibrahim saat membangun Ka’bah), Hijr Ismail (lokasi rumah Nabi Ismail), sumur zamzam yang tak pernah kering, serta Multazam (tempat dikabulkannya doa).

2. Gua Hira


Gua yang terletak di puncak Jabal Nur ini merupakan lokasi diturunkannya wahyu pertama kali kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Untuk mencapainya, jamaah harus mendaki selama kurang lebih 2 jam serta melalui jalanan yang licin lagi berbatu. Siapkan fisik yang prima sebelum memasukkannya dalam paket umroh Bandung Anda, ya.

3. Jannatul Mualla


Kalau di Madinah ada pemakaman Baqi, maka di Makkah ada pemakaman Mualla atau dikenal pula dengan nama Al-Hajun. Di sini terdapat sejumlah makam keluarga Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, seperti Abdul Muthalib, Sayyidati Aminah, Abu Thalib, Khadijah, dan putra beliau, Qasim.

4. Jam Raksasa


Travel umroh Bandung tak lengkap rasanya tanpa menyaksikan kemegahan jam raksasa setinggi 600 meter. Tertinggi kedua setelah Burj Khalifa di Dubai. Bahkan diameter lingkaran jamnya saja mencapai 40 meter. Saking tinggi dan besarnya jam berwajah empat sisi ini, jamaah sudah dapat melihatnya dari jarak 25 kilometer. Tak heran, pembangunan jam ini menelan dana hingga 800 juta dollar Amerika.

5. Bukit Shafa dan Marwah


Sebagai bagian dari rukun umroh, Sai bolak-balik dari bukit Shafa dan Marwah merupakan kegiatan yang tidak boleh ditinggalkan. Meski begitu, keduanya juga merupakan salah satu destinasi tour paling penting selama Anda berada di Makkah. Nilai sejarah yang dimiliki keduanya begitu tinggi. Kita belajar dari perjuangan Ibunda Hajar mencari air bagi anaknya, Nabi Ismail, yang tengah kehausan. Walau hasilnya tampak nihil, beliau tak pernah putus asa. Sampai akhirnya keluarlah air zamzam dari kaki Nabi Ismail.

6. Padang Arafah


Apabila musim haji tiba, tempat yang satu ini dipastikan akan ramai sekali. Jamaah haji dari berbagai belahan dunia melaksanakan wukuf di Arafah. Namun di luar musim tersebut, tanah datar yang dikelilingi bukit berbatu ini tampak lengang. Biasanya hanya diramaikan para wisatawan dan jamaah umroh. Selain mengenang sejarahnya, mereka pun ingin mendatangi Jabal Rahmah yang menjadi tempat pertemuan antara Nabi Adam dan Hawa setelah keduanya diusir dari surga. Sangat layak disertakan dalam paket umroh Bandung Anda.

7. Muzdalifah dan Mina


Sebetulnya Padang Arafah, Muzdalifah, dan Mina merupakan tiga tempat yang tak dapat dipisahkan. Sebab ketiganya berposisi penting dalam rangkaian ibadah haji. Jamaah haji biasanya akan mabit (bermalam) di Muzdalifah pada tanggal 10 Dzulhijjah. Lalu bertolak ke Mina untuk melakukan lempar jumroh.
Sebab itu, Muzdalifah dan Mina dipastikan sepi pula apabila jamaah mengunjungi bukan di musim haji. Namun, setidaknya jamaah berkesempatan menengok lokasi-lokasi yang kelak disinggahinya tatkala berhaji.
Inilah destinasi tour yang wajib Anda kunjungi ketika Anda berada di Makkah. Di antara kota Makkah dan Madinah sebetulnya terdapat objek menarik lainnya, semisal sumur Badr, Gua Tsur, dan Masjid Terapung. Masukkanlah tempat-tempat tersebut dalam program tur Anda demi menciptakan umroh yang berkesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *