Inilah Tips untuk Anda yang Baru Pertama Kali Umroh

Inilah Tips untuk Anda yang Baru Pertama Kali Umroh

Inilah Tips untuk Anda yang Baru Pertama Kali Umroh

Berbeda dengan ibadah-ibadah lainnya, umroh memiliki keunikan tersendiri. Karena bagi kebanyakan muslim, menunaikan ibadah umroh sama saja dengan mengunjungi tempat baru, menemukan orang-orang baru dari berbagai belahan dunia, serta melihat banyak kebudayaan baru. Tak heran, jamaah yang baru pertama kali umroh akan sedikit kebingungan dan sulit beradaptasi. Agar Anda pun tidak ikut-ikutan bingung, inilah tips untuk Anda yang baru pertama kali umroh:

1. Pilih Waktu yang Tepat

Sebelum berangkat, tentukanlah dengan cermat kapan Anda akan berumroh. Sebab ini berkaitan dengan kondisi cuaca di Arab Saudi dan tingkat keramaiannya. Misalnya, Anda memilih umroh di bulan Desember untuk sekalian menghabiskan liburan sekolah dan liburan akhir tahun. Kegiatannya pasti mengasyikkan, tapi bersiaplah dengan cuaca dingin yang suhunya mencapai 8 derajat celcius. Saat itu pun tingkat keramaiannya pasti juga tinggi (high season).

Sedangkan umroh di bulan Ramadhan atau liburan sekolah bulan Juli kemungkinan besar Anda akan merasakan musim panas. Suhu pada saat itu bisa mencapai 45 derajat celcius. Kalau Anda ingin memilih waktu yang suhunya tidak jauh dengan di Indonesia, coba pilihlah bulan September-Oktober atau Maret-Mei.

Penentuan bulan ini juga memengaruhi biaya umroh Bandung dan biaya umroh kota-kota lain. Pada high season (Ramadhan dan liburan sekolah) tentu biayanya sedikit meningkat dibandingkan bulan-bulan lain.

2. Travel Umroh Terpercaya

Berangkatlah hanya bersama travel umroh Bandung dan travel umroh kota yang terpercaya. Jangan mudah tergiur dengan tawaran biaya umroh yang sangat umroh. Selain itu, perhatikanlah testimoni dari jamaah yang pernah memakai jasa travel itu, legalitas hukumnya, dan sistem manajemennya. Seperti travel umroh Satutours yang telah berpengalaman dalam mengantar banyak jamaah umroh menuju tanah suci. Di situsnya, satutours.co.id, Anda dapat menemukan bukti legalitas dan beragam testimoni positif dari para jamaahnya.

3. Persiapan Fisik, Mental, dan Pengetahuan

Lakukanlah persiapan sebelum berumroh dengan optimal. Dari segi fisik, cobalah latihan berjalan dan lari-lari kecil. Ditambah banyak mengonsumsi air putih, multivitamin, serta tidur dan makan yang cukup. Periksa kondisi tubuh untuk memperoleh arahan kesehatan yang sesuai dengan keadaan Anda, termasuk obat-obatan yang bisa jadi dibawa saat umroh nanti.

Dari sisi mental, kembalilah meluruskan niat Anda berumroh. Tekadkan hanya untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala, bukan sekadar pamer atau menerima pujian. Bersiaplah pula berada jauh dari keluarga Anda selama beberapa hari.

Adapun dalam hal pengetahuan, pelajarilah dengan baik proses manasik berumroh. Termasuk doa dan zikir-zikir yang harus Anda lafalkan. Tak hanya itu, cobalah menghafal jalan-jalan dan lokasi penting di Makkah maupun Madinah. Hal ini penting agar Anda nantinya tidak mudah tersesat.

4. Bawa Perlengkapan Secukupnya

Jangan memberatkan diri Anda dengan membawa barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Cukuplah menyediakan perlengkapan penting semisal set pakaian ihram, pakaian sehari-hari dan untuk tidur, Al-Quran dan buku doa, keperluan pribadi (peralatan mandi, obat pribadi, charger handphone, dan lain-lain), serta dokumen umroh

Selain itu, bawalah uang cash secukupnya. Biasanya biaya akomodasi serta biaya penting lainnya sudah termasuk dalam biaya umroh Bandung dan kota lain yang Anda bayarkan. Selebihnya, Anda hanya butuh uang untuk keperluan pribadi.

Inilah tips untuk Anda yang baru pertama kali umroh. Info lebih lanjut, tidak perlu sungkan bertanya pada jasa travel umroh yang Anda gunakan. Pastinya mereka akan memberikan tips-tips lain yang berguna bagi perjalanan umroh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *