Inilah Persiapan Umroh yang Harus Anda Siapkan

Inilah Persiapan Umroh yang Harus Anda Siapkan

Inilah Persiapan Umroh yang Harus Anda Siapkan

Sebagai ibadah yang menempuh jarak jauh lagi berhari-hari, tentunya mempersiapkan umroh dengan baik adalah hal yang mutlak. Apalagi ibadah ini memakan biaya yang tidak sedikit. Jangan sampai biaya tersebut sia-sia sebab umroh Anda tidak maksimal karena persiapannya pun tidak total. Sebelum berangkat, inilah persiapan umroh yang harus Anda siapkan:

1. Persiapan Mental dan Ruhiyah

Hal utama yang harus Anda siapkan ialah meluruskan niat umroh hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bukan untuk pamer kepada tetangga atau menerima pujian dari kerabat. Setelah itu, hendaknya setiap jamaah bertaubat dan banyak-banyak beristighfar. Ingatlah kesalahan serta maksiat yang selama ini dikerjakan, lalu bertekad untuk memperbaikinya.

Tidak sedikit jamaah umroh yang masih melakukan perbuatan tercela, mengeluarkan kata-kata kasar, dan perilaku buruk lainnya di tanah suci. Mereka seolah tidak sadar sedang berada di rumah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sekembalinya ke tanah air, mereka pun tetap bersikap demikian. Padahal perubaha sikap ke arah yang lebih baik meruakan salah satu indikator keberhasilan atau kegagalan ibadah umroh.

Selain itu, hafalkanlah doa-doa dan zikir yang kelak harus dilafalkan ketika berumroh. Misalnya bacaan talbiyah dan doa-doa selama Tawaf. Kalau pun tidak hafal, siapkanlah buku panduan doa praktis. Jamaah bisa memintanya ke pihak travel umroh Bandung maupun travel umroh bersangkutan.

Biasakanlah pula menunaikan amalan wajib serta sunnah agar nanti terbiasa beribadah ketika di tanah suci. Mudah-mudahan dengan ibadah tersebut, ibadah umroh Anda semakin tambah mabrur.

2. Persiapan Fisik

Tawaf mengeliling Ka’bah dan Sai bolak-balik tujuh kali dari Shafa ke Marwah pasti memerlukan kondisi fisik yang prima. Apalagi jika Anda juga mengambil paket umroh Bandung berupa citytours keliling kota Makkah dan Madinah. Misalnya saja mendaki Jabal Nur untuk menuju Gua Hira atau bertamu ke Jabal Uhud.

Untuk mempersiapkannya, cobalah sering-sering jogging atau latihan berjalan kaki sejak di tanah air. Perbanyaklah minum air putih dan multivitamin bila perlu. Jangan lupa lakukan check-up untuk memperoleh arahan kesehatan yang sesuai kondisi Anda, termasuk obat-obatan yang harus dibawa umroh nanti.

Perhatikan pula pola makan dan istirahat Anda. Terakhir, biasanya Anda akan dibekali vaksin meningitis sebelum berangkat umroh. Vaksin ini biasanya dibayar sendiri di luar biaya paket umroh Bandung dan kota-kota lain.

 

3. Persiapan Dana

Selain biaya paket umroh Bandung dan sekitarnya, biasanya ada keperluan umroh lain yang harus dibayar sendiri oleh jamaah. Di antaranya, dana sedekah kepada cleaning service, dana vaksin meningitis, dana untuk cukur Tahallul, dana cadangan untuk membeli makanan, dana membeli oleh-oleh, dana laundry, dana untuk wakaf Al-Qur’an, dana sedekah untuk pengemis (bila mau), dan sebagainya. Biaya-biaya ini dibayarkan dengan mata uang riyal. Jadi, siapkanlah uang riyal sejak di tanah air. Anda bisa menukarkannya ke money changer atau pihak travel umroh.

4. Persiapan Pribadi

Karena umroh merupakan ibadah dengan perjalanan berhari-hari, hendaknya jamaah menyelesaikan berbagai keperluan pribadinya. Sehingga ibadah umroh pun bisa lebih nyaman tanpa beban atau hal yang masih dipikirkan.

Pertama, sediakanlah biaya untuk keluarga dan kerabat yang menjadi tanggungan kita. Sebab bial kita pergi, bisa jadi pemasukan bagi mereka pun terhenti. Mintalah pula restu dan doa kepada mereka, termasuk kepada para tetangga. Dengan doa tersebut, semoga Anda selamat sampai tujuan dan selamat sampai di tanah air. Selain itu, jangan lupa untuk melunasi hutang-hutang Anda.

Inilah persiapan umroh yang harus Anda siapkan. Tak ketinggalan, persiapkan pula perlengkapan umroh yang nanti Anda butuhkan. Semoga ibadah umroh Anda mabrur karena Anda menyiapkannya dengan optimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *