3 Perbedaan Haji dan Umroh

3 Perbedaan Haji dan Umroh

3 Perbedaan Haji dan Umroh

Hampir seluruh muslim di dunia pasti bermimpi dapat menunaikan ibadah haji dan umroh di tanah suci. Tapi apa sih sebenarnya perbedaan mendasar antara haji dan umroh? Banyak orang tahu bahwa keduanya berbeda, tetapi mendadak bingung bila harus menjabarkannya. Nah, berikut ini adalah 3 perbedaan haji dan umroh:

1. Dari Segi Hukum Pelaksanaan

Secara istilah, haji dan umroh memiliki pengertian yang berbeda. Haji, menurut syariat, adalah perjalanan menuju ke Baitullah dan tempat-tempat tertentu untuk melaksanakan amalan-amalan ibadah tertentu. Adapun umroh atau sering disebut pula dengan haji kecil ialah kegiatan melaksanakan Tawaf di Ka’bah serta Sai antara Shafa dan Marwah setelah memakai ihram dari tempat miqat.

Perbedaan definisi tersebut tentu berpengaruh pula pada hukum keduanya. Haji sebagai salah satu rukun Islam hukumnya wajib dilaksanakan setiap Muslim minimal satu kali seumur hidup. Namun, khusus bagi mereka yang mampu secara fisik dan finansial.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Menunaikan haji adalah kewajiban terhadap Allah, yakni bagi mereka yang mampu mengadakan perjalanan ke Baitullah. Siapa yang mengingkari kewajiban ini, maka sesungguhnya Allah adalah Tuhan Yang Mahakaya, yang tidak memerlukan sesuatu apa pun dari semesta alam.” (Qs. Ali Imran: 97)

Sedangkan umroh hukumnya sunnah muakkad (sunnah yang diutamakan). Hal ini berdasarkan hadis Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu: Rasulullah ditanya mengenai wajib ataukah sunnah bagi umat Islam untuk menunaikan umroh. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu menjawab, “Tidak. Jika kau berumroh, maka itu lebih baik.” (Hr. Tirmidzi)

2. Dari Segi Waktu Pelaksanaan

Pelaksanaan ibadah haji terikat dengan waktu tertentu. Lebih tepatnya di bulan haji, yaitu tanggal 9 sampai 13 Dzulhijjah. Apabila dikerjakan di luar waktu tersebut, maka hajinya tidak sah.

Karena waktunya yang khusus, ibadah haji biasanya lebih ramai oleh jamaah dari berbagai belahan dunia dibandingkan ibadah umroh. Tak jarang, kita menyaksikan berita meninggalkan jamaah haji di tanah suci akibat berdesak-desakan saat menunaikan rukunnya.

Sementara itu ibadah umroh dapat dilaksanakan kapan pun. Bahkan jamaah bisa mengerjakannya dua kali atau tiga kali dalam setahun. Tidak sedikit jamaah yang mengambil paket umroh Bandung sekaligus tur wisata halal demi mendapatkan pengalaman menarik. Meski begitu, umroh tidak dapat ditunaikan ketika hari Arafah (9 Dzulhijjah), hari Nahar (10 Dzulhijjah), dan hari Tasyrik (11, 12, 13 Dzulhijjah).

3. Dari Segi Teknis Pelaksanaan

Manasik atau tata cara pelaksanaan haji dan umroh pun berbeda. Rukun haji terdiri dari memakai ihram dari tempat miqat, Tawaf mengelilingi Ka’bah, Sai antara Shafa dan Marwah, Tahallul, Wukuf di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, bermalam (mabit) di Muzdalifah, serta lempar jumroh (batu kecil) di Mina.

Sebab itu, ibadah haji tidak hanya dikerjakan di Mekkah. Melainkan juga di luar kota yang jaraknya kurang lebih 5 sampai 25 km. Selain itu, ibadah haji memakan waktu relatif lebih lama. Bisa 4 hari apabila jamaah mengambil Nafar Awal, bisa pula menjadi 5 hari jika jamaah mengambil Nafar Tsani.

Adapun rukun ibadah umroh cukup memakai ihram dari tempat miqat, Tawaf, Sai, kemudian Tahallul. Semua kegiatan terpusat di Masjidil Haram. Dengan demikian, durasi pelaksanaannya pun singkat, sekitar 2 – 3 hari.

Meski begitu, pelaksanaan umroh sering menjadi berhari-hari karena travel umroh Bandung menawarkan paket umroh Bandung tambahan. Misalnya dengan mengadakan citytours ke sekeliling kota Mekkah dan ke kota Madinah. Ada pula umroh plus jalan-jalan ke negara lain, seperti Turki, Dubai, Mesir, Eropa, serta Masjid Al-Aqsha di Palestina. Hal tersebut tentu bertujuan menarik lebih banyak jamaah.

Begitulah kiranya perbedaan haji dan umroh. Mudah-mudahan bermanfaat bagi jamaah dan semoga kita diperkenankan Allah beribadah di tanah suci. Aamiin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *