Inilah Panduan Umroh untuk Anda dan Keluarga

Inilah Panduan Umroh untuk Anda dan Keluarga

Inilah Panduan Umroh untuk Anda dan Keluarga

Dapat pergi menunaikan umroh bersama keluarga pastinya merupakan hal yang menyenangkan. Di satu sisi Anda beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan di sisi lain Anda bisa sekalian berwisata mengunjungi sejumlah lokasi menarik. Demi menciptakan perjalanan yang berpahala sekaligus bermanfaat, inilah panduan umroh untuk Anda dan keluarga.

1. Syarat dan Rukun

Syarat umroh terdiri dari lima hal: (1) Beragama Islam; (2) Baligh (dewasa), jadi anak Anda yang masih kecil sebetulnya tidak memenuhi syarat ini, namun tetap Anda bisa ajak untuk mengajari dan menambah wawasannya mengenai ibadah umroh; (3) Berakal sehat atau tidak terganggu pikirannya; (4) Merdeka atau bukan budak; (5) Istatha’ah atau mampu secara fisik dan finansial.

Adapun rukun-rukun umroh juga ada lima, yakni: (1) niat berihram, (2) melakukan Tawaf atau mengeliling Ka’bah sebanyak tujuh putaran, (3) Sai bolak-bolak sebanyak tujuh kali dari bukit Shafa ke bukit Marwah, (4) Tahallul atau mencukur rambut, serta (5) tertib mengerjakan urutan rukunnya.

2. Wajib Umroh

Di dalam wajib umroh, terdapat dua hal yang harus Anda dan keluarga penuhi. Pertama, niat umroh dari miqat. Miqat untuk jamaah Indonesia biasanya di Bir Ali. Tempat ini merupakan miqat untuk penduduk Madinah dan mereka yang melewatinya saat hendak ke Makkah. Kita melewati kota itu sebab biasanya paket umroh Bandung dan kota lainnya menawarkan citytours ke kota Madinah sebelum jamaah menuju Makkah untuk berumroh.

Kedua, menghindari hal-hal yang dilarang selama berihram. Larangan-larangan tersebut sebagai berikut:

a. Khusus pria: memakai pakaian yang dijahit, mengenakan alas kaki yang menutup mata kaki, dan sengaja menutup kepala sampai menyentuh rambut (kecuali darurat).

b. Khusus wanita: menutup telapak tangan dan wajah.

c. Menggunakan wangi-wangian.

d. Memotong kuku dan mencukur atau mencabut bulu/rambut.

e. Memburu atau membunuh binatang.

f. Menikah atau menikahkan.

g. Bercumbu atau bersetubuh.

h. Bertengkar, marah, atau mengucapkan kata-kata kotor.
i. Memotong atau mencabut tanaman di tanah haram.

Apabila ada larangan yang dilanggar, maka jamaah harus membayar denda (dam). Denda dapat berupa memberi makan fakir miskin atau menyembelih kambing. Pembayaran denda ini biasanya di luar biaya umroh Bandung yang telah Anda bayarkan sebelumnya. Lebih lanjutnya, silakan bertanya pada pembimbing umroh Anda.

3. Persiapan Sebelum Berangkat Umroh

Ada beberapa sunnah yang hendaknya dikerjakan sebelum Anda dan keluarga berangkat dari penginapan menuju Masjidil Haram, yakni: mandi sunnah dengan niat untuk berihram, wudhu, mengenakan kain ihram, shalat sunnah ihram dua rakaat di tempat miqat, niat berumroh, kemudian membaca kalimat talbiyah sampai di Masjidil Haram.

Niat umroh boleh dilafalkan dan boleh di dalam hati saja. Adapun bacaan talbiyah yang mesti dilafalkan ialah: Labbaik allahumma labbaik, labbaik la syarikalak labbaik, innal hamda wan ni’mata laka wal mulka la syarikalak.

4. Tata Cara Umroh

a. Saat memasuki Masjidil Haram, dahulukanlah kaki kanan dan panjatkan doa masuk masjid.

b. Memulai Tawaf dari sudut Hajar Aswad, kemudian mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh putaran.

c. Meski bukan bagian dari rukun umroh, Anda dapat berdoa di Multazam (tempat dikabulkannya doa) sehabis menyelesaikan Tawaf. Lalu dilanjutkan dengan shalat sunnah dua rakaat di Maqam Ibrahim. Selanjutnya, sedikit beristirahat sembari meminum air zam-zam.

d. Pergi ke bukit Shafa untuk memulai Sai menuju bukit Marwah. Lakukan bolak-balik sebanyak tujuh kali.

e. Tahallul atau mencukur rambut sebagai tanda selesainya prosesi umroh Anda sekeluarga. Bagi jamaah laki-laki, lebih utama dicukur sampai gundul. Sedangkan bagi jamaah perempuan, cukup dicukur sebagian kecil saja.

Selesai sudah seluruh manasik ibadah umroh. Inilah panduan umroh untuk Anda dan keluarga. Semoga dengan menyelesaikan secara baik dan sesuai sunnah, umroh Anda pun bernilai mabrur. Apabila masih banyak hal yang ingin Anda tanyakan, cari tahulah pada travel umroh Bandung dan travel umroh kota lain yang Anda gunakan jasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *