Memilih Travel Umroh di Wilayah Bandung

Memilih Travel Umroh di Wilayah Bandung

Memilih Travel Umroh di Wilayah Bandung


Demi menikmati umroh yang nyaman serta menyenangkan, pastikanlah biro perjalanan atau travel umroh yang Anda pilih terpercaya. Termasuk Anda yang pertama kali berumroh dan merupakan jamaah dari Bandung. Tentu Anda tidak mau biaya yang telah dikeluarkan menjadi sia-sia, kan? Apalagi jika Anda sampai gagal berangkat umroh. Duh, semoga tidak. Agar kejadian tersebut tidak menimpa Anda, perhatikanlah beberapa tips memilih travel umroh di wilayah Bandung berikut.
1. Izin Resmi Travel
Salah satu hal utama yang perlu dicermati adalah apakah travel umroh Bandung tersebut memiliki izin resmi atau tidak. Anda dapat mengeceknya di situs kemenag haji.kemenag.go.id/v3/basisdata/daftar-ppiu. Bila nama travel umroh itu tidak terdaftar, lebih baik carilah travel yang lain.
Selain itu, periksa pula kelengkapan dokumen legalitasnya. Di antaranya: Tanda Daftar Perusahaan, NPWP Perusahaan, SK Menkeh, SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI, dan berkas-berkas lainnya.
Bila perlu, berkunjunglah langsung ke kantor travel umroh bersangkutan. Pastikan bahwa alamat travel tidak fiktif. Tanyakan pula apakah bangunannya permanen atau sekadar kantor sewaan. Apabila kantor sewaan, legalitas travel itu patut Anda curigai.
2. Jadwal Keberangkatan
Pastikanlah jadwal keberangkatan dan kepulangan jamaah telah jelas. Jika sebuah travel umroh tidak memberikan kepastian jadwal keberangkatan, menandakan bahwa travel tersebut bermasalah. Lebih baik hindari travel umroh Bandung yang menawarkan jadwal keberangkatan terlampau jauh jaraknya dari waktu pelunasan pembayaran, apalagi sampai 1 atau 2 tahun.
3. Rekam Jejak
Travel umroh Bandung yang terbaik dan terpercaya pasti memiliki banyak testimoni positif dari para jamaahnya. Bahkan tidak ada sama sekali laporan pengaduan yang dilayangkan kepada travel umroh bersangkutan. Pengalaman dan sistem manajemen menjadi salah satu poin penting dalam menentukan tingkat kredibilitas sebuah travel umroh.
4. Berapa Biayanya dan Bagaimana Cara Pembayarannya?
Untuk biaya umroh Bandung yang normal biasanya sekitar 20 hingga 30 juta rupiah. Biaya tersebut termasuk biaya reguler. Bukan biaya umroh plus wisata ke negara lain atau umroh kelas VIP. Biaya-biaya ini sudah termasuk: tiket pesawat ekonomi PP, penginapan/hotel, bus full AC selama di tanah suci, makan tiga kali sehari, air zamzam sebanyak lima liter, visa umroh, serta biaya untuk pembimbing dan pendamping umroh.
Adapun biaya pembuatan paspor, transportasi dari dan menuju bandara, airport tax, airport handling, biaya kelebihan bagasi, vaksin meningitis, serta keperluan pribadi lainnya biasanya dibayarkan oleh jamaah sendiri.
Jangan mudah tergiur dengan biaya umroh yang sangat murah. Contohnya di bawah 15 juta rupiah. Periksa kembali fasilitas dan rincian paket yang akan Anda terima dengan biaya tersebut. Bukan hanya itu, pahami pula sistem pembayaran umrohnya. Jangan sampai memakai sistem pembayaran yang tidak sesuai sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Praktik MLM dan Money Game saat ini kerap digunakan oleh sebagian travel umroh tak bertanggung jawab. Pembayaran MLM contohnya dipraktikkan dengan cara Anda ditawari biaya umroh murah. Namun, Anda diminta juga mencari calon jamaah lain. Apabila berhasil, maka Anda akan mendapatkan bonus dari pendaftaran jamaah tersebut serta pendaftaran jamaah baru lainnya untuk menambal kekurangan biaya umroh Anda.
Adapun Money Game adalah nama lain dari praktik memutar uang jamaah yang masuk. Sejatinya, biaya umroh Anda bukan murah, tetapi kekurangannya ditutupi dari uang jamaah lain. Lalu biaya umroh jamaah tersebut ditutupi lagi oleh uang dari jamaah lainnya, begitu seterusnya.
Kedua sistem pembayaran tersebut jelas tidak sesuai syariat Islam dan beresiko besar terhadap jadi atau tidaknya jamaah berangkat ke tanah suci.
Dengan memerhatikan beberapa poin di atas, semoga Anda lebih dapat lebih bijak dalam memilih travel umroh di wilayah Bandung. Semoga travel yang Anda pilih dapat menuntun Anda meraih umroh yang mabrur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *